Rabu, 24 September 2025

Materi ajar kelas 1 dan 2

 Hari / tanggal : Kamis 25 Sepetember 2025

Kelas :   1a

Materi : Gerak Dasar Manipulatif



📘 Materi Gerak Dasar Manipulatif – Kelas 1 SD

A. Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik mampu melakukan berbagai pola gerak dasar manipulatif sederhana (melempar, menangkap, menendang, menggiring, dan memukul bola) melalui permainan yang menyenangkan, dengan memperhatikan aspek koordinasi, ketepatan, dan kerjasama.

B. Tujuan Pembelajaran (TP)

  1. Siswa dapat memahami arti gerak dasar manipulatif.

  2. Siswa mampu mempraktikkan melempar dan menangkap bola dengan benar.

  3. Siswa mampu menendang dan menggiring bola ke arah tertentu.

  4. Siswa dapat bekerja sama dalam permainan sederhana yang menggunakan bola.

  5. Siswa berani mencoba dan menunjukkan sikap percaya diri dalam praktik gerak dasar manipulatif.

C. Metode Pembelajaran

Project Based Learning (PJBL) – siswa melakukan aktivitas praktik gerak manipulatif melalui proyek permainan sederhana di lapangan, misalnya lomba lempar tangkap berpasangan, permainan menendang bola ke gawang kecil, dan menggiring bola melewati rintangan.

D. Alat yang Digunakan

  • Bola plastik (ringan dan ukuran kecil-sedang)

  • Kerucut kecil atau botol bekas untuk rintangan

  • Gawang kecil (bisa diganti dengan dua botol sebagai pembatas)

  • Tali atau garis kapur untuk batas lemparan/area permainan


📌 Materi Gerak Dasar Manipulatif (Praktik)

  1. Melempar Bola

    • Cara memegang bola dengan benar.

    • Melempar bola ke atas lalu menangkap kembali.

    • Melempar bola ke dinding lalu menangkap.

    • Melempar bola ke teman dengan jarak 2–3 meter.

  2. Menangkap Bola

    • Menangkap bola yang dilempar ke atas.

    • Menangkap bola yang memantul dari lantai.

    • Menangkap bola lemparan teman.

    • Menangkap bola dengan dua tangan agar tidak jatuh.

  3. Menendang Bola

    • Menendang bola dengan kaki bagian dalam.

    • Menendang bola ke arah gawang kecil.

    • Menendang bola secara bergantian dengan teman.

  4. Menggiring Bola

    • Menggiring bola dengan kaki kanan atau kiri.

    • Menggiring bola melewati rintangan sederhana (kerucut).

    • Menggiring bola menuju garis finish bersama kelompok.

  5. Memukul Bola dengan Alat (opsional untuk variasi)

    • Menggunakan tongkat kecil atau raket mainan untuk memukul bola plastik.

    • Memukul bola ke sasaran tertentu.

👉 Semua aktivitas dilakukan dengan pola bermain sambil belajar, sehingga anak-anak merasa senang, tidak terbebani, dan terbiasa melakukan gerakan secara alami.


📑 Evaluasi Pembelajaran

1. Soal Pilihan Ganda (10 Soal)

  1. Gerakan memegang, melempar, menangkap, dan menendang bola disebut gerak dasar ….
    a. Lokomotor
    b. Nonlokomotor
    c. Manipulatif
    d. Keseimbangan

  2. Bola sebaiknya dilempar dengan ….
    a. Kepala
    b. Kaki
    c. Tangan
    d. Punggung

  3. Menangkap bola sebaiknya dilakukan dengan ….
    a. Satu tangan saja
    b. Dua tangan
    c. Kaki
    d. Bahu

  4. Gerakan menendang bola dilakukan dengan bagian ….
    a. Kepala
    b. Kaki
    c. Punggung
    d. Pinggang

  5. Gerakan menggiring bola dilakukan dengan ….
    a. Kepala
    b. Lutut
    c. Kaki
    d. Perut

  6. Agar bola tidak jatuh saat ditangkap, tangan harus ….
    a. Kaku
    b. Lurus
    c. Lentur dan siap menerima bola
    d. Menutup wajah

  7. Melempar bola ke teman harus dilakukan dengan ….
    a. Sembarangan
    b. Lembut dan tepat sasaran
    c. Keras agar cepat sampai
    d. Ke arah lain

  8. Saat menggiring bola, pandangan sebaiknya ….
    a. Ke atas
    b. Ke depan arah tujuan
    c. Ke bawah terus
    d. Ke belakang

  9. Jika bola jatuh, maka kita harus ….
    a. Menangis
    b. Membiarkannya
    c. Mengambil lagi dan melanjutkan permainan
    d. Marah

  10. Permainan dengan bola melatih ….
    a. Koordinasi tubuh dan kerjasama
    b. Menulis indah
    c. Menggambar
    d. Membaca


2. Soal Isian (5 Soal)

  1. Gerakan mengendalikan benda disebut gerak dasar ….

  2. Menendang bola dilakukan dengan anggota tubuh yaitu ….

  3. Menangkap bola dilakukan dengan menggunakan ….

  4. Menggiring bola artinya bola digerakkan dengan cara ….

  5. Gerakan manipulatif dapat dilakukan dengan alat bantu berupa ….


3. Soal Essay (5 Soal)

  1. Jelaskan dengan contoh apa yang dimaksud gerak dasar manipulatif!

  2. Bagaimana cara melempar dan menangkap bola yang benar?

  3. Mengapa saat menendang bola harus menggunakan kaki bagian dalam?

  4. Apa manfaat bermain bola dalam melatih gerak manipulatif?

  5. Sebutkan tiga jenis aktivitas manipulatif yang dapat dilakukan siswa kelas 1!


🔑 Kunci Jawaban

Pilihan Ganda

  1. c

  2. c

  3. b

  4. b

  5. c

  6. c

  7. b

  8. b

  9. c

  10. a

Isian

  1. Manipulatif

  2. Kaki

  3. Dua tangan

  4. Ditendang/di dorong dengan kaki

  5. Bola / tongkat / raket

Essay

  1. Gerak dasar manipulatif adalah gerakan mengendalikan benda, contohnya melempar, menangkap, dan menendang bola.

  2. Bola dilempar dengan tangan ke arah teman atau ke atas, lalu ditangkap dengan dua tangan yang lentur.

  3. Karena kaki bagian dalam lebih mudah mengarahkan bola dan lebih stabil.

  4. Melatih koordinasi, kekuatan, keberanian, dan kerjasama.

  5. Melempar, menangkap, menendang, menggiring, memukul.

Kesimpulan Pembelajaran Pertemuan Pertama – Kelas 1
Tanggal: 18 September 2025

Pada pertemuan pertama yang berfokus pada praktik gerak dasar manipulatif, siswa kelas 1 telah melakukan kegiatan sederhana seperti melempar bola ke atas, menangkap dengan dua tangan, menendang bola ke arah sasaran, serta menggiring bola secara perlahan. Aktivitas ini bertujuan untuk melatih koordinasi gerakan, ketepatan, serta keberanian anak dalam mengendalikan benda.

Dari hasil kegiatan, 74% siswa mampu mempraktikkan gerakan dengan baik, terlihat dari keberhasilan mereka melempar dan menangkap bola sesuai instruksi. Sementara itu, 26% siswa masih mengalami kesulitan, terutama saat menangkap bola dengan tepat dan menjaga konsentrasi, sehingga diperlukan latihan tambahan secara bertahap dengan pendampingan guru.

Hari / tanggal : Kamis 25 Sepetember 2025

Kelas :   2a

Materi : Gerak Dasar Manipulatif




📘 Materi Gerak Dasar Manipulatif – Kelas 2 SD


A. Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik mampu melakukan gerak dasar manipulatif seperti melempar, menangkap, menendang, menggiring, memukul, dan memantulkan bola dengan koordinasi, keseimbangan, serta ketepatan arah melalui berbagai aktivitas permainan sederhana di lapangan.


B. Tujuan Pembelajaran (TP)

  1. Siswa dapat memahami arti gerak dasar manipulatif.

  2. Siswa mampu mempraktikkan gerakan melempar, menangkap, menendang, menggiring, memukul, dan memantulkan bola dengan teknik sederhana.

  3. Siswa dapat bekerja sama dalam permainan manipulatif secara kelompok.

  4. Siswa menunjukkan sikap percaya diri, disiplin, dan sportivitas dalam setiap aktivitas.

  5. Siswa mampu mengembangkan kreativitas melalui variasi permainan dengan bola.


C. Metode Pembelajaran

Project Based Learning (PJBL) – siswa berlatih gerak manipulatif melalui proyek permainan lapangan seperti lomba lempar-tangkap, menendang bola ke gawang kecil, menggiring bola melewati rintangan, serta permainan beregu sederhana.


D. Alat yang Digunakan

  • Bola plastik ukuran sedang

  • Bola kecil (bola tenis atau bola karet)

  • Kerucut kecil / botol bekas sebagai rintangan

  • Gawang mini / tanda pembatas dengan botol

  • Tali atau kapur untuk garis batas

  • Raket mainan atau stik pemukul (opsional)


📌 Materi Gerak Dasar Manipulatif (Praktik)

  1. Melempar Bola

    • Melempar bola ke atas lalu menangkap kembali.

    • Melempar bola ke teman berpasangan.

    • Melempar bola ke sasaran (keranjang atau kotak).

  2. Menangkap Bola

    • Menangkap bola pantulan dari lantai.

    • Menangkap bola yang dilempar teman dengan dua tangan.

    • Menangkap bola sambil bergerak maju atau mundur.

  3. Menendang Bola

    • Menendang bola dengan kaki bagian dalam ke arah gawang kecil.

    • Menendang bola secara bergantian dengan teman.

    • Menendang bola untuk mengoper ke rekan dalam kelompok.

  4. Menggiring Bola

    • Menggiring bola lurus ke depan hingga garis finish.

    • Menggiring bola melewati rintangan.

    • Menggiring bola sambil menjaga keseimbangan.

  5. Memantulkan Bola (Dribbling tangan)

    • Memantulkan bola ke lantai dengan satu tangan.

    • Memantulkan bola sambil berjalan.

    • Memantulkan bola secara bergantian kanan–kiri.

  6. Memukul Bola dengan Alat (opsional)

    • Memukul bola dengan raket mainan ke arah sasaran.

    • Memukul bola ke dinding lalu menangkap pantulannya.

👉 Semua gerakan dilakukan dengan pola permainan sederhana agar siswa termotivasi, misalnya lomba “lempar tangkap berantai”, “menendang bola masuk gawang”, atau “dribbling zig-zag”.


📑 Evaluasi Pembelajaran

1. Soal Pilihan Ganda (10 soal)

  1. Gerakan mengendalikan bola dengan tangan atau kaki disebut gerak dasar ….
    a. Lokomotor
    b. Nonlokomotor
    c. Manipulatif
    d. Seimbang

  2. Saat melempar bola ke teman, sebaiknya dilakukan dengan ….
    a. Asal-asalan
    b. Tepat sasaran
    c. Keras sekali
    d. Menutup mata

  3. Menangkap bola yang benar menggunakan ….
    a. Dua tangan
    b. Satu kaki
    c. Kepala
    d. Pinggang

  4. Menendang bola ke gawang kecil adalah contoh gerakan ….
    a. Lokomotor
    b. Manipulatif
    c. Nonlokomotor
    d. Keseimbangan

  5. Menggiring bola dengan kaki sebaiknya dilakukan sambil ….
    a. Duduk
    b. Berjalan atau berlari pelan
    c. Diam di tempat
    d. Tiduran

  6. Agar bola tidak mudah lepas saat ditangkap, tangan harus ….
    a. Kaku
    b. Kendur
    c. Lentur dan siap menerima bola
    d. Lurus ke samping

  7. Permainan bola membantu melatih ….
    a. Menulis
    b. Membaca
    c. Koordinasi tubuh
    d. Bernyanyi

  8. Memantulkan bola ke lantai menggunakan ….
    a. Kaki
    b. Tangan
    c. Kepala
    d. Lutut

  9. Mengoper bola ke teman dengan menendang termasuk gerakan ….
    a. Manipulatif
    b. Nonlokomotor
    c. Keseimbangan
    d. Lokomotor

  10. Gerakan memukul bola dengan alat termasuk contoh gerakan ….
    a. Lokomotor
    b. Nonlokomotor
    c. Manipulatif
    d. Relaksasi


2. Soal Isian (5 soal)

  1. Gerak dasar yang menggunakan bola disebut gerak dasar ….

  2. Menangkap bola dilakukan dengan anggota tubuh yaitu ….

  3. Gerakan menendang bola menggunakan anggota tubuh ….

  4. Memantulkan bola ke lantai dilakukan dengan ….

  5. Permainan bola melatih kerjasama dan ….


3. Soal Essay (5 soal)

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan gerak dasar manipulatif!

  2. Bagaimana cara melempar dan menangkap bola dengan benar?

  3. Sebutkan tiga contoh aktivitas menggiring bola!

  4. Mengapa saat memantulkan bola harus menggunakan kekuatan yang pas?

  5. Apa manfaat berlatih gerak dasar manipulatif bagi anak-anak?


🔑 Kunci Jawaban

Pilihan Ganda

  1. c

  2. b

  3. a

  4. b

  5. b

  6. c

  7. c

  8. b

  9. a

  10. c

Isian

  1. Manipulatif

  2. Dua tangan

  3. Kaki

  4. Tangan

  5. Koordinasi / kerjasama tim

Essay

  1. Gerak dasar manipulatif adalah gerakan yang menggunakan atau mengendalikan benda, misalnya bola, dengan cara melempar, menangkap, menendang, memantulkan, atau memukul.

  2. Melempar bola dengan tangan ke arah teman, lalu menangkap bola dengan dua tangan yang lentur agar tidak jatuh.

  3. Menggiring bola lurus ke depan, menggiring melewati rintangan, menggiring bola menuju gawang.

  4. Karena jika terlalu keras bola akan sulit dikendalikan, jika terlalu lemah bola tidak memantul dengan baik.

  5. Melatih koordinasi tubuh, melatih kerjasama, meningkatkan percaya diri, melatih konsentrasi, serta membuat tubuh sehat.

Kesimpulan Pembelajaran Pertemuan Pertama – Kelas 2
Tanggal: 18 September 2025

Pada pertemuan pertama, siswa kelas 2 mempraktikkan berbagai bentuk gerak dasar manipulatif, seperti melempar dan menangkap bola dengan teman, menendang bola menuju gawang kecil, serta menggiring bola melewati jalur sederhana. Kegiatan ini dilaksanakan melalui permainan berpasangan dan kelompok kecil yang bertujuan melatih ketepatan, koordinasi, serta kerja sama.

Hasil pembelajaran menunjukkan bahwa 79% siswa sudah mampu melakukan gerakan dengan cukup baik, ditandai dengan keberhasilan mereka mengarahkan bola sesuai instruksi. Sedangkan 21% siswa masih mengalami hambatan, terutama karena kurang konsentrasi dan kesulitan menjaga kontrol bola saat bergerak, sehingga membutuhkan bimbingan lebih lanjut serta latihan yang berulang.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda