Materi Ajar Kelas 1, 3, dan 6
Hari / tanggal : Selasa 25 Agustus 2025
Kelas : 1a
Materi : : Gerak Dasar Non Lokomotor
📘 Materi Teori PJOK Kelas 1 SD
Pertemuan Pertama: Gerak Dasar Non Lokomotor
A. Capaian Pembelajaran (CP)
Peserta didik mampu mengenal dan mempraktikkan berbagai gerak dasar non lokomotor (membungkuk, mengayun, memutar, meregang, menekuk, menarik, mendorong, dll) dengan benar, serta menunjukkan sikap disiplin, percaya diri, dan senang dalam melakukan aktivitas jasmani.
B. Tujuan Pembelajaran (TP)
Siswa dapat menyebutkan contoh gerak dasar non lokomotor.
Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri gerak non lokomotor.
Siswa dapat menirukan gerakan non lokomotor dengan benar.
Siswa dapat berlatih gerakan dengan percaya diri dan semangat.
Siswa dapat menunjukkan sikap disiplin saat mengikuti pembelajaran.
C. Alat yang Digunakan
Peluit guru
Musik sederhana (bisa dari HP/rekaman)
Matras atau alas lantai (jika ada)
Gambar ilustrasi gerakan
D. Materi Pembelajaran
1. Pengertian Gerak Dasar Non Lokomotor
Gerak dasar non lokomotor adalah gerakan tubuh tanpa berpindah tempat. Tubuh hanya bergerak di tempat, tidak melangkah atau berjalan ke arah lain.
Contoh sederhana: berdiri lalu menunduk, mengayun tangan, memutar badan, dan mengangkat tangan ke atas.
2. Ciri-ciri Gerak Non Lokomotor
Tidak berpindah tempat.
Dilakukan di posisi berdiri, duduk, atau berbaring.
Menggunakan bagian tubuh seperti kepala, tangan, pinggang, dan kaki.
Gerakannya dapat berupa menekuk, memutar, mengayun, membungkuk, meregang, menarik, atau mendorong.
3. Macam-macam Gerak Non Lokomotor
Membungkuk → contohnya saat mengambil benda di lantai.
Mengayun → tangan diayun ke depan-belakang.
Memutar → memutar kepala ke kanan-kiri atau pinggang.
Meregang → tangan direntangkan ke samping.
Menekuk → menekuk lutut seperti saat jongkok.
Menarik → menarik tangan teman (secara hati-hati).
Mendorong → mendorong tembok atau benda.
4. Manfaat Melakukan Gerak Non Lokomotor
Melatih kelenturan tubuh.
Menguatkan otot dan sendi.
Membuat tubuh lebih sehat.
Membantu menjaga keseimbangan tubuh.
E. Latihan Pertanyaan
1. Soal Pilihan Ganda (10 soal)
Gerak non lokomotor adalah gerakan yang dilakukan tanpa …
a. Kaki
b. Tangan
c. Berpindah tempat
d. KepalaMengayun tangan termasuk gerakan …
a. Lokomotor
b. Non lokomotor
c. Manipulatif
d. MelompatSaat berdiri lalu menunduk disebut gerakan …
a. Memutar
b. Membungkuk
c. Meloncat
d. BerlariGerakan memutar pinggang termasuk contoh gerakan …
a. Non lokomotor
b. Lokomotor
c. Manipulatif
d. BerpindahManfaat gerak non lokomotor adalah …
a. Membuat cepat berlari
b. Membuat tubuh sehat dan lentur
c. Membuat pandai bermain bola
d. Membuat bisa berenangGerakan tangan ke depan dan ke belakang disebut …
a. Meregang
b. Mengayun
c. Menekuk
d. MelompatMenekuk lutut berarti …
a. Berdiri tegak
b. Jongkok
c. Duduk kursi
d. BerlariGerak non lokomotor tidak dilakukan dengan cara …
a. Melompat
b. Membungkuk
c. Memutar
d. MengayunGerakan tangan direntangkan ke samping disebut …
a. Meregang
b. Menekuk
c. Mendorong
d. MemutarMendorong tembok termasuk gerak dasar …
a. Lokomotor
b. Non lokomotor
c. Manipulatif
d. Lari
2. Soal Esai (5 soal)
Apa yang dimaksud dengan gerak non lokomotor?
Sebutkan 3 contoh gerakan non lokomotor!
Mengapa gerak non lokomotor bermanfaat bagi tubuh kita?
Apa yang dimaksud dengan gerakan memutar?
Sebutkan ciri-ciri gerakan non lokomotor!
3. Soal Uraian (5 soal)
Jelaskan perbedaan gerak lokomotor dan non lokomotor!
Bagaimana cara melakukan gerakan membungkuk dengan benar?
Mengapa saat mengayun tangan kita harus menjaga keseimbangan tubuh?
Ceritakan pengalamanmu ketika melakukan gerakan non lokomotor di rumah!
Jelaskan manfaat gerak meregang untuk tubuhmu!
F. Jawaban
Pilihan Ganda
c
b
b
a
b
b
b
a
a
b
Esai
Gerak non lokomotor adalah gerakan tubuh yang dilakukan tanpa berpindah tempat.
Contohnya: mengayun tangan, membungkuk, memutar pinggang.
Karena melatih kelenturan, menguatkan otot, dan membuat tubuh sehat.
Gerakan memutar adalah menggerakkan bagian tubuh berputar, misalnya kepala atau pinggang.
Ciri-cirinya: tidak berpindah tempat, dilakukan di tempat, menggunakan anggota tubuh tertentu.
Uraian
Gerak lokomotor adalah gerakan berpindah tempat (misalnya berjalan, berlari), sedangkan gerak non lokomotor adalah gerakan tanpa berpindah tempat (misalnya mengayun, membungkuk).
Caranya: berdiri tegak, kaki rapat, lalu bungkukkan badan ke depan sampai tangan menyentuh lutut atau lantai.
Karena jika tidak menjaga keseimbangan, tubuh bisa jatuh atau kehilangan posisi.
Misalnya di rumah saya mengayun tangan saat pemanasan, membungkuk saat mengambil mainan, dan memutar pinggang saat senam pagi.
Gerak meregang bermanfaat untuk melatih kelenturan otot, membuat tubuh tidak kaku, dan memperlancar peredaran darah.
Kesimpulan Pembelajaran Teori – Kelas 1
Materi: Gerak Dasar Nonlokomotor
Tanggal: 19 Agustus 2025
Pada pembelajaran teori PJOK hari ini, siswa kelas 1 mempelajari materi tentang gerak dasar nonlokomotor seperti menekuk, meregang, membungkuk, memutar, dan mengayun. Dari hasil pengamatan, sekitar 82% siswa sudah memahami materi yang disampaikan dengan baik, sedangkan 18% siswa masih memerlukan bimbingan lebih lanjut agar dapat menguasai gerakan dengan benar. Secara keseluruhan, pembelajaran berjalan lancar, siswa tampak antusias, dan sebagian besar mampu menjelaskan serta mencontohkan bentuk gerakan nonlokomotor dengan sederhana.
Kesimpulan Pembelajaran Teori – Kelas 1
Materi: Gerak Dasar Nonlokomotor
Tanggal: 26 Agustus 2025
Dalam pembelajaran teori PJOK hari ini, siswa kelas 1 mempelajari berbagai gerakan dasar nonlokomotor, seperti menekuk, meregang, membungkuk, memutar, dan mengayun. Berdasarkan hasil pengamatan, sekitar 82% siswa sudah mampu memahami dan mengikuti materi dengan baik, sedangkan 18% lainnya masih membutuhkan pendampingan lebih agar gerakan yang dilakukan lebih tepat. Secara umum, kegiatan belajar berlangsung tertib, anak-anak terlihat bersemangat, serta sebagian besar dapat menjelaskan dan memperagakan contoh gerakan nonlokomotor secara sederhana.
Hari / tanggal : Selasa 25 Agustus 2025
Kelas : 3a
Materi : : Gerak Dasar Non Lokomotor
📘 Materi Teori PJOK Kelas 3 SD
Pertemuan Pertama: Gerak Dasar Non Lokomotor
A. Capaian Pembelajaran (CP)
Peserta didik mampu memahami dan mempraktikkan gerak dasar non lokomotor (membungkuk, meregang, mengayun, menekuk, memutar, menarik, dan mendorong) dengan benar, serta menunjukkan sikap disiplin, percaya diri, dan kerjasama dalam aktivitas jasmani.
B. Tujuan Pembelajaran (TP)
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
Menjelaskan pengertian gerak dasar non lokomotor.
Menyebutkan macam-macam gerak dasar non lokomotor.
Memahami ciri-ciri gerak non lokomotor.
Menyebutkan manfaat gerakan non lokomotor bagi tubuh.
Memberikan contoh penerapan gerak non lokomotor dalam kehidupan sehari-hari.
C. Alat yang Digunakan
Peluit guru
Musik pemanasan (HP atau speaker)
Matras / tikar (jika tersedia)
Gambar ilustrasi gerakan (poster)
D. Materi Pembelajaran
1. Pengertian Gerak Dasar Non Lokomotor
Gerak dasar non lokomotor adalah gerakan tubuh yang dilakukan tanpa berpindah tempat. Gerakan ini hanya menggerakkan bagian tubuh tertentu, sedangkan posisi tubuh tetap di tempat.
2. Ciri-ciri Gerak Non Lokomotor
Dilakukan di tempat tanpa melangkah atau berpindah.
Bisa dilakukan sambil berdiri, duduk, atau berbaring.
Menggunakan anggota tubuh seperti tangan, kaki, kepala, pinggang, dan badan.
Gerakannya sederhana dan bisa dipadukan dengan gerak lain.
3. Macam-macam Gerak Non Lokomotor
Membungkuk – contoh: mengambil barang di lantai.
Meregang – contoh: merentangkan tangan ke samping.
Mengayun – contoh: mengayun tangan ke depan-belakang.
Menekuk – contoh: menekuk lutut seperti jongkok.
Memutar – contoh: memutar kepala atau pinggang.
Menarik – contoh: menarik tangan ke belakang.
Mendorong – contoh: mendorong tembok atau benda.
4. Manfaat Gerak Non Lokomotor
Melatih kelenturan tubuh.
Menjaga kekuatan otot dan sendi.
Membantu tubuh tetap sehat dan segar.
Membantu menjaga keseimbangan tubuh.
Dapat digunakan sebagai pemanasan sebelum olahraga.
5. Contoh Gerak Non Lokomotor dalam Kehidupan Sehari-hari
Membungkuk saat mengambil buku di lantai.
Meregangkan tangan setelah duduk lama.
Mengayun lengan saat senam pagi.
Menekuk lutut ketika duduk jongkok.
Mendorong meja ke samping.
Memutar badan ketika menoleh ke arah belakang.
E. Latihan Soal
1. Pilihan Ganda (10 soal)
Gerakan non lokomotor dilakukan tanpa …
a. Tangan
b. Kaki
c. Berpindah tempat
d. KepalaMengayun tangan termasuk gerakan …
a. Lokomotor
b. Non lokomotor
c. Manipulatif
d. MelompatMembungkuk ke depan adalah contoh gerakan …
a. Lokomotor
b. Non lokomotor
c. Manipulatif
d. Lompat jauhMemutar kepala termasuk contoh gerakan …
a. Berpindah
b. Non lokomotor
c. Lokomotor
d. MelompatGerakan non lokomotor dilakukan dengan posisi …
a. Berpindah tempat
b. Berjalan cepat
c. Tetap di tempat
d. BerlariGerakan menekuk lutut berarti …
a. Melompat
b. Jongkok
c. Berjalan
d. Duduk kursiMendorong tembok adalah contoh gerakan …
a. Non lokomotor
b. Lokomotor
c. Manipulatif
d. LariManfaat gerak non lokomotor adalah …
a. Membuat tubuh sehat
b. Membuat cepat berlari
c. Membuat pandai bermain bola
d. Membuat pandai renangGerakan meregangkan tangan ke samping disebut …
a. Mengayun
b. Meregang
c. Menekuk
d. MelompatMenarik tali dengan kedua tangan termasuk gerakan …
a. Lokomotor
b. Non lokomotor
c. Melompat
d. Menendang
2. Soal Esai (5 soal)
Jelaskan apa yang dimaksud gerak non lokomotor!
Sebutkan 4 contoh gerak non lokomotor!
Mengapa gerakan non lokomotor penting untuk kesehatan?
Apa perbedaan gerak lokomotor dan non lokomotor?
Bagaimana cara melakukan gerakan meregang dengan benar?
3. Soal Uraian (5 soal)
Jelaskan secara rinci langkah-langkah melakukan gerakan membungkuk dengan benar.
Mengapa kita perlu melakukan gerak non lokomotor sebelum berolahraga?
Ceritakan contoh pengalamanmu saat menggunakan gerakan non lokomotor dalam kehidupan sehari-hari.
Apa manfaat gerakan memutar pinggang bagi tubuh?
Bandingkan gerakan mengayun tangan dengan menekuk lutut dari segi cara melakukannya!
F. Kunci Jawaban
Pilihan Ganda
c
b
b
b
c
b
a
a
b
b
Esai
Gerak non lokomotor adalah gerakan tubuh tanpa berpindah tempat.
Membungkuk, mengayun tangan, meregang, memutar pinggang.
Karena melatih kelenturan tubuh, memperkuat otot, dan membuat tubuh sehat.
Lokomotor berpindah tempat (jalan, lari), non lokomotor tidak berpindah tempat (membungkuk, meregang).
Berdiri tegak, buka tangan ke samping, lalu rentangkan sejauh mungkin.
Uraian
Berdiri tegak, kaki rapat, tangan di samping. Bungkukkan badan ke depan perlahan hingga tangan menyentuh lutut atau lantai. Kembali berdiri dengan tenang.
Karena gerak non lokomotor bisa menjadi pemanasan, melenturkan tubuh, dan mencegah cedera.
Contoh: membungkuk saat mengambil buku, memutar kepala saat menoleh ke belakang, meregangkan tangan setelah belajar lama.
Manfaat memutar pinggang adalah melatih otot perut, pinggang, dan menjaga kelenturan tubuh.
Mengayun tangan dilakukan dengan menggerakkan tangan ke depan-belakang, sedangkan menekuk lutut dilakukan dengan menurunkan tubuh ke posisi jongkok.
Kesimpulan Pembelajaran Teori – Kelas 3
Materi: Gerak Dasar Nonlokomotor
Tanggal: 19 Agustus 2025
Pada pembelajaran teori PJOK materi Gerak Dasar Nonlokomotor, siswa kelas 3 memahami bahwa gerakan nonlokomotor adalah gerakan tubuh tanpa berpindah tempat seperti membungkuk, meregang, memutar, mengayun, dan menekuk. Dari hasil evaluasi, sebanyak 79% siswa sudah memahami materi dengan baik, sementara 21% siswa masih membutuhkan bimbingan terutama dalam membedakan gerakan nonlokomotor dengan gerakan lokomotor. Secara keseluruhan, pembelajaran berjalan lancar dan siswa mampu memberikan contoh gerakan nonlokomotor dalam kehidupan sehari-hari, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan cukup baik.
Kesimpulan Pembelajaran Teori – Kelas 3
Materi: Gerak Dasar Nonlokomotor
Tanggal: 26 Agustus 2025
Hari ini pada pelajaran teori PJOK, siswa kelas 3 belajar tentang gerak dasar nonlokomotor, yaitu gerakan tubuh yang dilakukan tanpa berpindah tempat, contohnya membungkuk, meregang, memutar, mengayun, dan menekuk. Berdasarkan pengamatan, kurang lebih 82% siswa sudah dapat memahami serta menjelaskan gerakan dengan baik, sedangkan sekitar 18% siswa masih membutuhkan arahan tambahan agar lebih tepat dalam melakukan maupun membedakan gerakan nonlokomotor dengan jenis gerakan lainnya. Secara keseluruhan, kegiatan belajar berlangsung menyenangkan, siswa cukup aktif berdiskusi, dan sebagian besar mampu menunjukkan contoh gerakan sederhana dari materi yang dipelajari.
Hari / tanggal : Selasa 26 Agustus 2025
Kelas : 6a
Materi : : Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Non Lokomotor
📘 Modul Praktik PJOK Kelas 6 SD
Pertemuan Pertama: Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Non Lokomotor
A. Capaian Pembelajaran (CP)
Peserta didik mampu mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar non lokomotor (membungkuk, meregang, mengayun, menekuk, memutar, menarik, mendorong, dan kombinasi dari beberapa gerakan tersebut) secara benar, serta menunjukkan sikap disiplin, kerjasama, dan percaya diri dalam aktivitas jasmani.
B. Tujuan Pembelajaran (TP)
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
Menyebutkan dan memahami variasi serta kombinasi gerak dasar non lokomotor.
Mempraktikkan gerakan non lokomotor secara bervariasi dan dikombinasikan dengan benar.
Menunjukkan sikap kerjasama, percaya diri, dan disiplin selama praktik.
Menyadari manfaat gerak non lokomotor untuk kesehatan tubuh.
C. Alat dan Sarana yang Digunakan
Lapangan/halaman sekolah atau aula
Peluit guru
Musik pemanasan (opsional)
Matras (jika ada, untuk gerakan di lantai)
Gambar ilustrasi gerakan (opsional)
D. Materi Pembelajaran
1. Pengertian
Gerak dasar non lokomotor adalah gerakan tubuh tanpa berpindah tempat. Dalam kelas 6, gerakan ini dilakukan dengan variasi (bermacam-macam bentuk) dan kombinasi (penggabungan beberapa gerakan menjadi satu rangkaian).
2. Variasi Gerak Non Lokomotor
Membungkuk ke depan, ke samping, atau ke belakang.
Meregang dengan tangan ke atas, ke samping, atau serong.
Mengayun tangan ke depan-belakang, samping, atau silang.
Menekuk lutut, siku, atau pinggang.
Memutar kepala, pinggang, atau bahu.
Menarik tangan ke belakang.
Mendorong ke depan.
3. Kombinasi Gerak Non Lokomotor
Meregang + Mengayun → tangan direntangkan lalu diayun silang.
Membungkuk + Menekuk lutut → jongkok lalu membungkuk menyentuh lantai.
Memutar + Meregang → memutar pinggang sambil merentangkan tangan.
Menarik + Mendorong → menarik tangan ke belakang lalu mendorong ke depan.
Mengayun + Membungkuk → mengayun tangan ke depan lalu membungkuk.
4. Contoh Aktivitas Praktik
Pemanasan (5 menit)
Mengayun tangan kanan-kiri.
Meregangkan badan ke atas.
Memutar kepala perlahan.
Kegiatan Inti (25 menit)
Latihan variasi:
a. Berdiri tegak → membungkuk ke depan → kembali tegak.
b. Berdiri → mengayun tangan silang → menekuk lutut.
c. Berdiri → memutar pinggang ke kanan-kiri → meregang tangan ke atas.Latihan kombinasi:
a. Meregang tangan ke samping + membungkuk ke depan.
b. Memutar pinggang + mengayun tangan.
c. Menarik tangan ke belakang + mendorong ke depan.
Pendinginan (5 menit)
Mengambil napas dalam → meregangkan tangan ke atas.
Membungkuk perlahan sambil mengendurkan otot.
Memutar bahu ringan.
5. Manfaat Aktivitas Variasi dan Kombinasi Non Lokomotor
Membuat tubuh lebih lentur dan sehat.
Melatih kekuatan otot dan sendi.
Menjaga keseimbangan tubuh.
Melatih koordinasi antarbagian tubuh.
Membantu tubuh siap berolahraga dan mencegah cedera.
E. Soal Latihan
1. Pilihan Ganda (10 soal)
Gerak non lokomotor adalah gerakan yang dilakukan tanpa …
a. Berpindah tempat
b. Menggunakan tangan
c. Menggunakan kaki
d. Menggunakan kepalaMengayun tangan sambil membungkuk merupakan contoh …
a. Lokomotor
b. Variasi non lokomotor
c. Kombinasi non lokomotor
d. ManipulatifMemutar pinggang sambil merentangkan tangan adalah contoh …
a. Lokomotor
b. Kombinasi non lokomotor
c. Variasi lokomotor
d. ManipulatifGerakan membungkuk dilakukan dengan …
a. Duduk
b. Menundukkan badan ke depan
c. Berlari cepat
d. MeloncatMendorong tembok termasuk gerakan …
a. Lokomotor
b. Non lokomotor
c. Manipulatif
d. MelompatGerakan non lokomotor bermanfaat untuk …
a. Menambah kecepatan berlari
b. Membuat tubuh lebih lentur
c. Membuat tubuh lebih cepat berenang
d. Membuat pandai bermain bolaMenekuk lutut hingga jongkok termasuk …
a. Lokomotor
b. Non lokomotor
c. Manipulatif
d. LariGerakan kombinasi non lokomotor adalah …
a. Berjalan sambil mengayun tangan
b. Meregang tangan sambil membungkuk
c. Melompat sambil berlari
d. Menendang bolaSaat meregang tangan ke samping, tubuh tidak …
a. Bergerak di tempat
b. Berpindah tempat
c. Menggunakan otot
d. Meregangkan ototManfaat memutar pinggang adalah …
a. Melatih kekuatan lengan
b. Melatih kelenturan pinggang
c. Membuat cepat berlari
d. Membuat pandai menendang bola
2. Soal Esai (5 soal)
Jelaskan apa yang dimaksud variasi gerak non lokomotor!
Berikan 3 contoh gerakan kombinasi non lokomotor!
Mengapa kita perlu mempraktikkan variasi dan kombinasi non lokomotor?
Sebutkan manfaat gerakan non lokomotor bagi tubuh!
Apa perbedaan variasi dan kombinasi dalam gerak non lokomotor?
3. Soal Uraian (5 soal)
Jelaskan langkah-langkah melakukan kombinasi gerakan meregang tangan ke samping lalu membungkuk ke depan.
Apa yang akan terjadi jika kita jarang melakukan gerakan non lokomotor?
Ceritakan pengalamanmu melakukan kombinasi gerak non lokomotor dalam kegiatan senam di sekolah.
Bandingkan manfaat gerakan membungkuk dan memutar pinggang.
Jelaskan pentingnya koordinasi tubuh saat mempraktikkan kombinasi gerakan non lokomotor.
F. Kunci Jawaban
Pilihan Ganda
a
c
b
b
b
b
b
b
b
b
Esai
Variasi gerak non lokomotor adalah berbagai bentuk gerakan non lokomotor yang berbeda-beda, misalnya membungkuk ke depan, ke samping, dan ke belakang.
Meregang tangan ke atas sambil memutar pinggang, mengayun tangan sambil membungkuk, menekuk lutut sambil memutar kepala.
Agar tubuh lebih lentur, sehat, serta meningkatkan koordinasi gerakan.
Melatih kelenturan, memperkuat otot, menjaga keseimbangan tubuh, dan mencegah cedera.
Variasi adalah perubahan bentuk gerakan, sedangkan kombinasi adalah penggabungan dua atau lebih gerakan.
Uraian
Berdiri tegak → rentangkan tangan ke samping → bungkukkan badan perlahan ke depan → tangan tetap direntangkan → kembali berdiri tegak.
Tubuh bisa kaku, mudah pegal, dan kurang lentur sehingga mudah cedera saat beraktivitas.
Saat senam pagi di sekolah, saya memutar pinggang sambil mengayun tangan dan membungkuk ke depan.
Membungkuk melatih otot punggung dan perut, sedangkan memutar pinggang melatih kelenturan pinggang dan otot perut samping.
Karena jika koordinasi tidak baik, gerakan bisa salah, tidak seimbang, dan berisiko cedera.
Kesimpulan Pembelajaran Praktik – Kelas 6
Materi: Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Nonlokomotor
Tanggal: 19 Agustus 2025
Pada pembelajaran praktik PJOK hari ini, siswa kelas 6 mempraktikkan aktivitas variasi dan kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor seperti membungkuk, memutar badan, mengayun lengan, serta meregangkan tubuh dengan baik melalui berbagai bentuk latihan. Dari hasil pengamatan, sekitar 84% siswa sudah memahami dan mampu mempraktikkan gerakan dengan benar, sedangkan 16% siswa masih memerlukan bimbingan terutama dalam menjaga keseimbangan dan keluwesan gerak. Secara keseluruhan, pembelajaran berjalan lancar dan siswa terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan praktik.
Kesimpulan Pembelajaran Praktik – Kelas 6
Materi: Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Nonlokomotor
Tanggal: 26 Agustus 2025
Pada praktik PJOK hari ini, siswa kelas 6 melatih variasi serta kombinasi gerak dasar nonlokomotor, antara lain membungkuk, memutar tubuh, mengayun lengan, dan meregangkan badan melalui beberapa bentuk kegiatan. Dari hasil pengamatan, kurang lebih 87% siswa mampu memahami materi sekaligus memperagakan gerakan dengan cukup baik, sementara sekitar 13% siswa masih membutuhkan arahan tambahan, terutama dalam hal menjaga kelenturan dan keseimbangan gerak. Secara umum, pembelajaran berlangsung tertib, siswa tampak bersemangat, dan mayoritas dapat mengikuti instruksi dengan baik sehingga tujuan kegiatan praktik tercapai dengan memuaskan.
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda