Materi Ajar Kelas 3 dan 4
Hari / tanggal :Kamis 21 Agustus 2025
Kelas : 3a
Materi : : Gerak Dasar Non Lokomotor
📘 Materi Praktik PJOK Kelas 3 SD
Pertemuan 1: Gerak Dasar Nonlokomotor
Capaian Pembelajaran (CP)
Peserta didik mampu memperagakan berbagai gerak dasar nonlokomotor secara seimbang, luwes, dan percaya diri melalui aktivitas permainan sederhana.
Tujuan Pembelajaran (TP)
-
Siswa dapat mempraktikkan gerak dasar nonlokomotor dengan benar.
-
Siswa dapat menunjukkan koordinasi tubuh dalam gerakan nonlokomotor.
-
Siswa dapat bekerja sama dan disiplin dalam kegiatan praktik.
Alat yang Digunakan
-
Matras tipis (jika ada).
-
Lantai lapangan/kelas olahraga.
-
Musik ringan (opsional untuk pengiring gerakan).
-
Peluit guru.
Materi Praktik
Macam Gerak Dasar Nonlokomotor yang Dipraktikkan:
-
Membungkuk dan berdiri → dilakukan berulang 8 hitungan.
-
Memutar tubuh ke kanan dan ke kiri → tangan diletakkan di pinggang.
-
Mengayun tangan ke depan–belakang → posisi berdiri tegak.
-
Menggerakkan kepala → menoleh kanan–kiri, menunduk–menengadah.
-
Merentangkan tangan ke samping lalu ke atas → seperti peregangan.
-
Meliukkan badan ke samping kanan dan kiri → tangan lurus di atas kepala.
-
Mengayun kaki ke depan–belakang tanpa berpindah tempat.
-
Mengangkat lutut bergantian (seperti langkah angkat lutut).
Semua gerakan dilakukan berulang 2–3 kali dengan hitungan 8 × dan dipimpin guru.
Kegiatan Praktik
-
Pemanasan (5 menit)
-
Lari kecil di tempat.
-
Peregangan ringan (tangan, kaki, pinggang).
-
-
Gerakan Inti (20 menit)
-
Siswa mengikuti demonstrasi guru tentang gerakan nonlokomotor (bungkuk, memutar badan, mengayun tangan, dll).
-
Gerakan dilakukan bersama-sama dengan musik iringan sederhana.
-
Dibagi dalam kelompok kecil, setiap kelompok memperagakan gerakan.
-
-
Pendinginan (5 menit)
-
Tarik napas dalam, rentangkan tangan ke samping–atas–bawah.
-
Gerakan rileks sambil berjalan di tempat.
-
✏️ Latihan Soal
A. Pilihan Ganda (10 soal)
-
Gerakan nonlokomotor adalah gerakan …
a. berpindah tempat
b. tidak berpindah tempat
c. berlari cepat
d. melompat jauh -
Membungkuk termasuk gerakan …
a. lokomotor
b. nonlokomotor
c. manipulatif
d. memukul -
Mengayun tangan ke depan–belakang adalah contoh gerakan …
a. lokomotor
b. nonlokomotor
c. lari
d. lompat -
Menoleh ke kanan dan ke kiri melatih gerakan …
a. kaki
b. kepala
c. tangan
d. bahu -
Saat mengayun kaki, posisi tubuh harus tetap …
a. diam dan seimbang
b. bergerak cepat
c. melompat
d. berlari -
Merentangkan tangan ke samping lalu ke atas termasuk gerakan …
a. lompat jauh
b. nonlokomotor
c. manipulatif
d. lokomotor -
Gerakan nonlokomotor tidak memerlukan …
a. keseimbangan
b. tempat berpindah
c. konsentrasi
d. kekuatan -
Mengangkat lutut bergantian termasuk gerakan …
a. lokomotor
b. nonlokomotor
c. memukul
d. menendang -
Menggerakkan badan ke kanan–kiri disebut gerakan …
a. meliuk
b. melompat
c. berlari
d. memukul -
Sebelum melakukan gerakan nonlokomotor sebaiknya …
a. tidur dulu
b. pemanasan
c. makan
d. minum
B. Isian Singkat (5 soal)
-
Gerakan yang tidak berpindah tempat disebut gerakan ….
-
Membungkuk, mengayun tangan, meliukkan badan adalah contoh gerakan ….
-
Gerakan mengayun kaki harus dilakukan dengan menjaga ….
-
Gerakan menoleh kanan dan kiri melatih bagian tubuh yaitu ….
-
Sebelum gerakan inti, siswa harus melakukan ….
C. Uraian (5 soal)
-
Jelaskan apa yang dimaksud dengan gerak dasar nonlokomotor!
-
Sebutkan 3 contoh gerakan nonlokomotor!
-
Mengapa keseimbangan penting dalam melakukan gerakan nonlokomotor?
-
Bagaimana cara melakukan gerakan merentangkan tangan ke samping lalu ke atas?
-
Jelaskan langkah-langkah melakukan pendinginan setelah praktik nonlokomotor!
✅ Kunci Jawaban
Pilihan Ganda
1.b 2.b 3.b 4.b 5.a
6.b 7.b 8.b 9.a 10.b
Isian Singkat
-
Nonlokomotor
-
Nonlokomotor
-
Keseimbangan
-
Kepala
-
Pemanasan
Uraian (contoh jawaban singkat)
-
Gerakan yang dilakukan tanpa berpindah tempat.
-
Membungkuk, mengayun tangan, meliukkan badan.
-
Agar tubuh tidak jatuh dan gerakan lebih stabil.
-
Berdiri tegak → tangan lurus ke samping → angkat ke atas → turunkan perlahan.
-
Tarik napas dalam, regangkan tubuh, lakukan gerakan ringan untuk menenangkan otot.
Kesimpulan Pembelajaran Praktik – Kelas 3
Materi: Gerak Dasar Nonlokomotor
Tanggal: 22 Agustus 2025
Pada pembelajaran praktik PJOK hari ini, siswa kelas 3 mempraktikkan berbagai gerak dasar nonlokomotor seperti menekuk, meliuk, mengayun, meregang, dan memutar. Dari hasil pengamatan, sekitar 76% siswa sudah mampu melakukan gerakan dengan baik dan sesuai instruksi, 18% siswa masih perlu bimbingan karena kurang seimbang saat mempraktikkan gerakan, dan 6% siswa terlihat kesulitan terutama dalam menjaga koordinasi tubuh. Secara keseluruhan, pembelajaran berjalan lancar, siswa antusias mengikuti kegiatan, dan sebagian besar sudah menguasai gerakan nonlokomotor dengan baik meskipun beberapa masih membutuhkan latihan tambahan untuk meningkatkan keterampilan gerak.
Hari / tanggal :Kamis 21 Agustus 2025
Kelas : 4a
Materi : : Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Non Lokomotor
📘 Materi Praktik PJOK Kelas 4 SD
Pertemuan 1
Materi: Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Nonlokomotor
1. Capaian Pembelajaran (CP)
Peserta didik mampu mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor dengan benar, teratur, dan seimbang dalam berbagai bentuk aktivitas fisik sederhana di sekolah maupun lingkungan sekitar.
2. Tujuan Pembelajaran (TP)
Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
-
Menjelaskan pengertian gerak dasar nonlokomotor.
-
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak nonlokomotor (membungkuk, memutar, menekuk, mendorong, menarik, mengayun) dengan benar.
-
Mengombinasikan gerakan nonlokomotor dalam bentuk sederhana melalui permainan dan aktivitas kelompok.
-
Menunjukkan sikap percaya diri, berani mencoba, dan bekerja sama dalam aktivitas nonlokomotor.
3. Alat yang Digunakan
-
Matras (jika ada)
-
Tali plastik / karet gelang besar
-
Bola plastik kecil
-
Tongkat pendek atau kayu ringan
-
Ruang/lapangan terbuka
4. Materi Pembelajaran
A. Pengertian Gerak Nonlokomotor
Gerak nonlokomotor adalah gerakan yang dilakukan tanpa berpindah tempat. Artinya, tubuh hanya bergerak di tempat tanpa bergeser posisi kaki.
Contoh gerakan nonlokomotor:
-
Membungkuk
-
Menekuk
-
Meregang
-
Memutar
-
Mengayun
-
Menarik dan mendorong
B. Variasi Gerak Nonlokomotor
-
Membungkuk sambil merentangkan tangan.
-
Mengayun lengan ke depan dan ke belakang.
-
Menekuk lutut sambil meluruskan tangan ke atas.
-
Memutar badan ke kanan dan ke kiri.
-
Meregangkan tangan ke samping sambil menunduk.
C. Kombinasi Gerak Nonlokomotor
-
Membungkuk + Mengayun tangan ke bawah.
-
Menekuk lutut + Merentangkan tangan.
-
Memutar badan + Mengayun lengan.
-
Meregangkan tangan ke atas + Menekuk lutut.
-
Membungkuk + Mendorong dengan kedua tangan ke depan.
D. Aktivitas Praktik di Lapangan
-
Latihan individu:
-
Membungkuk lalu meregang ke atas (ulang 8 kali).
-
Mengayun lengan ke depan dan ke samping (ulang 8 kali).
-
Memutar badan kanan–kiri (ulang 8 kali).
-
-
Latihan berpasangan:
-
Saling mendorong dengan tangan (kontrol kekuatan).
-
Menarik tali secara bergantian.
-
-
Permainan kelompok:
-
“Pohon goyang”: siswa berdiri dengan kaki tetap di tempat, hanya boleh menggerakkan tangan dan badan seperti pohon tertiup angin.
-
“Patung gerak nonlokomotor”: guru memberi aba-aba jenis gerakan (membungkuk, memutar, mengayun), siswa harus melakukan dengan cepat.
-
5. Soal Evaluasi
A. Pilihan Ganda (10 Soal)
-
Gerakan nonlokomotor adalah gerakan yang dilakukan ….
a. dengan berpindah tempat
b. tanpa berpindah tempat
c. sambil berlari
d. sambil melompat -
Membungkuk termasuk gerakan ….
a. lokomotor
b. manipulatif
c. nonlokomotor
d. kombinatif -
Gerakan memutar badan ke kanan dan kiri disebut ….
a. mengayun
b. memutar
c. menekuk
d. melompat -
Mengayun tangan ke depan dan belakang termasuk variasi gerak ….
a. lokomotor
b. nonlokomotor
c. manipulatif
d. kombinasi -
Menekuk lutut sambil merentangkan tangan ke atas adalah contoh ….
a. variasi
b. kombinasi
c. lokomotor
d. manipulatif -
Saat melakukan gerakan nonlokomotor, posisi kaki biasanya ….
a. berpindah tempat
b. diam di tempat
c. berlari ke depan
d. melompat ke atas -
Permainan “pohon goyang” melatih gerakan ….
a. lokomotor
b. nonlokomotor
c. manipulatif
d. kombinasi bola -
Gerakan menarik dan mendorong termasuk gerak ….
a. lokomotor
b. manipulatif
c. nonlokomotor
d. permainan -
Saat membungkuk, bagian tubuh yang digerakkan adalah ….
a. tangan
b. kepala
c. badan
d. kaki -
Gerakan mengayun lengan ke samping sambil memutar badan adalah contoh ….
a. variasi
b. kombinasi
c. manipulatif
d. lokomotor
B. Soal Isian (5 Soal)
-
Gerakan tanpa berpindah tempat disebut gerakan ….
-
Gerakan memutar badan ke kanan dan kiri disebut ….
-
Menekuk lutut sambil merentangkan tangan adalah contoh gerak ….
-
Gerakan mendorong dilakukan dengan menggunakan ….
-
Gerakan mengayun tangan ke depan dan belakang disebut ….
C. Soal Uraian (5 Soal)
-
Jelaskan perbedaan gerak lokomotor dan nonlokomotor!
-
Sebutkan 3 contoh variasi gerak nonlokomotor yang pernah kamu lakukan!
-
Bagaimana cara melakukan kombinasi gerak membungkuk dan mengayun tangan?
-
Mengapa latihan nonlokomotor penting bagi anak-anak sekolah dasar?
-
Buatlah satu contoh aktivitas permainan sederhana yang melibatkan gerak nonlokomotor!
6. Kunci Jawaban
Pilihan Ganda
-
b
-
c
-
b
-
b
-
b
-
b
-
b
-
c
-
c
-
b
Isian
-
Nonlokomotor
-
Memutar
-
Kombinasi
-
Kedua tangan
-
Mengayun
Uraian (Jawaban Singkat)
-
Lokomotor = berpindah tempat (lari, lompat), Nonlokomotor = tidak berpindah tempat (membungkuk, memutar).
-
Membungkuk, menekuk, mengayun.
-
Membungkuk badan ke depan sambil mengayunkan tangan ke bawah.
-
Untuk melatih kelenturan, keseimbangan, dan kekuatan tubuh.
-
Contoh: permainan “patung gerak” di mana siswa mengikuti aba-aba gerakan nonlokomotor dari guru.
Kesimpulan Pembelajaran Praktik – Kelas 4
Materi: Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Nonlokomotor
Tanggal: 19 Agustus 2025
Pada pembelajaran praktik hari ini, siswa kelas 4 mempelajari aktivitas variasi dan kombinasi gerak dasar nonlokomotor seperti menekuk, meregang, memutar, membungkuk, dan mengayun dengan berbagai variasi serta kombinasi sederhana. Dari hasil pengamatan, sekitar 78% siswa sudah memahami dan mampu mempraktikkan gerakan dengan baik, 15% siswa cukup paham namun masih perlu bimbingan dalam menjaga keseimbangan, dan 7% siswa belum sepenuhnya menguasai karena kurang fokus dalam mengikuti instruksi. Secara keseluruhan, pembelajaran berjalan lancar, siswa terlihat antusias, dan sebagian besar mampu menampilkan gerakan sesuai tujuan pembelajaran.
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda