Materi Ajar Kelas 4, 5, dan 6
Hari / tanggal :Senin 01 Sepetember 2025
Kelas : 4a
Materi : : Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Non Lokomotor
π Materi PJOK Kelas 4 SD
Pertemuan 1 β Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Nonlokomotor
π― Capaian Pembelajaran (CP)
Peserta didik mampu memahami, mempraktikkan, serta mengombinasikan berbagai variasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam bentuk aktivitas dan permainan sederhana dengan menunjukkan sikap disiplin, tanggung jawab, kerja sama, dan sportivitas.
π― Tujuan Pembelajaran (TP)
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan mampu:
Menjelaskan pengertian gerak dasar nonlokomotor.
Menyebutkan macam-macam gerak dasar nonlokomotor.
Menunjukkan contoh variasi dan kombinasi gerak nonlokomotor.
Memahami manfaat dari melakukan gerakan nonlokomotor.
Menunjukkan sikap kerja sama, disiplin, dan tanggung jawab dalam melakukan aktivitas.
π οΈ Alat dan Media yang Digunakan
Gambar/ilustrasi gerakan nonlokomotor.
Video pendek tentang gerakan nonlokomotor (jika tersedia).
Papan tulis / LCD proyektor.
Ruang kelas atau lapangan untuk praktik ringan.
π Materi Teori
1. Pengertian Gerak Dasar Nonlokomotor
Gerak dasar nonlokomotor adalah gerakan yang dilakukan di tempat, tanpa berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Artinya, tubuh bergerak tetapi posisi kaki tetap berada di tempat.
Contoh sederhana: membungkuk, menekuk, memutar badan, meliukkan tubuh, mengayun tangan.
2. Macam-Macam Gerak Dasar Nonlokomotor
Beberapa contoh gerakan nonlokomotor antara lain:
Membungkuk : menurunkan badan ke depan.
Meliukkan tubuh : menggerakkan badan ke samping kiri dan kanan.
Memutar badan : menggerakkan tubuh berputar di tempat.
Mengayun tangan : menggerakkan tangan ke depan, belakang, atau samping.
Menekuk : melipat bagian tubuh, misalnya menekuk lutut atau siku.
Meregangkan : menarik tubuh agar otot menjadi lebih lentur.
3. Variasi Gerak Nonlokomotor
Variasi berarti melakukan gerakan nonlokomotor dengan cara berbeda-beda, misalnya:
Membungkuk ke depan lalu menengadah ke atas.
Meliukkan badan ke kanan, lalu ke kiri.
Mengayunkan kedua tangan secara bergantian.
4. Kombinasi Gerak Nonlokomotor
Kombinasi berarti menggabungkan dua atau lebih gerak nonlokomotor sekaligus, misalnya:
Membungkuk sambil mengayunkan tangan.
Meliukkan badan ke samping sambil menekuk lutut.
Memutar badan sambil meregangkan kedua tangan.
5. Manfaat Melakukan Gerakan Nonlokomotor
Membuat tubuh menjadi lebih lentur.
Melatih kekuatan otot.
Membantu tubuh tetap sehat dan bugar.
Menjaga keseimbangan tubuh.
Melatih koordinasi antara anggota tubuh.
βοΈ Latihan Soal
A. Pilihan Ganda (10 soal)
Gerak dasar nonlokomotor adalah gerakan yang dilakukan β¦
a. dengan berpindah tempat
b. di tempat tanpa berpindah
c. sambil berlari
d. sambil melompatContoh gerakan membungkuk termasuk gerakan β¦
a. lokomotor
b. manipulatif
c. nonlokomotor
d. kombinasiMengayun tangan ke depan dan belakang merupakan contoh gerakan β¦
a. lokomotor
b. kombinasi
c. nonlokomotor
d. manipulatifMembungkuk sambil mengayunkan tangan merupakan contoh β¦
a. variasi
b. kombinasi
c. lokomotor
d. manipulatifGerakan yang dilakukan dengan cara meliukkan badan ke kanan dan kiri termasuk β¦
a. variasi nonlokomotor
b. kombinasi lokomotor
c. manipulatif
d. melompatGerakan nonlokomotor dilakukan dengan posisi kaki β¦
a. berpindah tempat
b. tetap di tempat
c. berlari
d. meloncatTujuan melakukan gerakan nonlokomotor adalah β¦
a. memperkuat otot dan melatih kelenturan tubuh
b. mempercepat lari
c. melatih keterampilan menendang bola
d. melatih cara melempar bolaGerakan menekuk lutut sambil mengangkat tangan merupakan contoh β¦
a. variasi
b. kombinasi
c. lokomotor
d. manipulatifGerakan mengayun tangan secara bergantian disebut β¦
a. variasi
b. kombinasi
c. lokomotor
d. manipulatifManfaat utama dari gerakan nonlokomotor adalah β¦
a. melatih kelenturan tubuh
b. melatih kecepatan lari
c. melatih teknik menendang
d. melatih kekuatan pukulan
B. Isian (5 soal)
Gerak dasar nonlokomotor dilakukan di β¦
Membungkuk, meliukkan badan, dan mengayun tangan termasuk contoh β¦
Membungkuk sambil mengayunkan tangan disebut β¦
Manfaat melakukan gerak nonlokomotor adalah tubuh menjadi β¦
Gerakan memutar badan sambil mengangkat tangan termasuk gerakan β¦
C. Uraian (5 soal)
Jelaskan dengan singkat apa yang dimaksud dengan gerakan nonlokomotor!
Sebutkan 5 contoh gerakan nonlokomotor!
Jelaskan perbedaan variasi dan kombinasi dalam gerak nonlokomotor!
Mengapa tubuh kita perlu melakukan gerakan nonlokomotor?
Berikan 2 contoh kombinasi gerakan nonlokomotor yang dapat kamu lakukan!
β Kunci Jawaban
Pilihan Ganda
b
c
c
b
a
b
a
b
a
a
Isian
tempat / tidak berpindah tempat
gerak nonlokomotor
kombinasi gerak nonlokomotor
sehat, lentur, dan bugar
kombinasi gerak nonlokomotor
Uraian
Gerakan nonlokomotor adalah gerakan yang dilakukan di tempat tanpa berpindah.
Membungkuk, meliukkan badan, mengayun tangan, menekuk lutut, meregangkan tangan.
Variasi adalah gerakan nonlokomotor dengan cara yang berbeda-beda, sedangkan kombinasi adalah penggabungan dua atau lebih gerakan nonlokomotor sekaligus.
Agar tubuh lebih lentur, sehat, melatih kekuatan otot, keseimbangan, dan koordinasi.
Contoh: membungkuk sambil mengayun tangan, meliukkan badan sambil menekuk lutut.
Kesimpulan Pembelajaran Teori β Kelas 4
Materi: Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Non Lokomotor
Tanggal: 25 Agustus 2025
Pada pembelajaran teori hari ini, siswa kelas 4 telah mempelajari aktivitas variasi dan kombinasi pola gerak dasar non lokomotor seperti menekuk, meregang, meliuk, mendorong, menarik, dan memutar. Secara umum, siswa mampu memahami materi dengan cukup baik, terlihat dari hasil tanya jawab dan diskusi di kelas. Dari seluruh siswa, sekitar 82% sudah memahami dengan baik konsep gerakan non lokomotor dan dapat memberikan contoh penerapannya dalam aktivitas sehari-hari maupun olahraga, sedangkan 18% siswa masih mengalami kesulitan terutama dalam membedakan antara gerakan lokomotor dan non lokomotor. Hal ini menjadi catatan bagi guru untuk memberikan penguatan melalui contoh nyata dan praktik sederhana pada pertemuan berikutnya agar pemahaman siswa semakin merata.
Kesimpulan Pembelajaran Teori β Kelas 4
Materi: Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Non Lokomotor
Tanggal: 1 September 2025
Pada pembelajaran teori hari ini, siswa kelas 4 mempelajari variasi dan kombinasi pola gerak dasar non lokomotor seperti menekuk, meregang, mendorong, menarik, meliuk, dan memutar. Sebagian besar siswa menunjukkan pemahaman yang cukup baik melalui jawaban dan penjelasan saat diskusi. Dari seluruh siswa, sekitar 85% sudah memahami dengan baik konsep gerakan non lokomotor dan bisa memberikan contoh dalam kegiatan sehari-hari maupun permainan, sedangkan 15% lainnya masih memerlukan bimbingan, khususnya dalam membedakan fungsi tiap gerakan. Hal ini menjadi perhatian guru agar pada pertemuan berikutnya diberikan latihan tambahan dan contoh nyata supaya pemahaman siswa semakin merata.
Hari / tanggal : Senin 01 Sepetember 2025
Kelas : 5a
Materi : : Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif melalui Aktivitas Permainan Net
π Materi Teori PJOK Kelas 5 β Pertemuan 1
Tema: Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif melalui Aktivitas Permainan Net
π Capaian Pembelajaran (CP)
Peserta didik mampu memahami dan mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif melalui aktivitas permainan net dengan menunjukkan sikap sportif, disiplin, kerja sama, dan bertanggung jawab dalam setiap kegiatan.
π― Tujuan Pembelajaran (TP)
Siswa dapat menjelaskan pengertian pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif.
Siswa dapat mengidentifikasi contoh gerakan lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan net (seperti bulutangkis, bola voli mini, atau tenis meja).
Siswa dapat memahami manfaat melakukan pola gerak dasar dalam permainan net.
Siswa dapat menunjukkan sikap disiplin, jujur, kerja sama, dan percaya diri dalam mengikuti pembelajaran.
π Alat yang Digunakan
Bola voli mini / bola plastik
Shuttlecock dan raket (bila tersedia)
Net (atau tali yang dipasang sebagai pengganti net)
Peluit
Cone/pelampung kecil untuk menandai area permainan
π Materi Pembelajaran
1. Pengertian Aktivitas Permainan Net
Permainan net adalah permainan olahraga yang menggunakan lapangan yang dipisahkan oleh net. Contohnya adalah bulutangkis, bola voli, tenis meja, dan sepak takraw. Dalam permainan ini, dua regu atau dua orang saling berhadapan dan berusaha mengembalikan bola atau shuttlecock melewati net sesuai aturan permainan.
2. Pola Gerak Dasar dalam Permainan Net
a. Gerak Lokomotor
Adalah gerakan berpindah tempat. Dalam permainan net, contohnya:
Berlari mengejar bola voli yang jatuh.
Melompat untuk melakukan smash pada bulutangkis atau voli.
Bergerak menyamping untuk menutup ruang kosong di lapangan.
b. Gerak Nonlokomotor
Adalah gerakan yang dilakukan di tempat tanpa berpindah. Contohnya:
Mengayunkan lengan ketika memukul shuttlecock.
Mengangkat tangan untuk melakukan blocking pada bola voli.
Membungkuk atau berdiri tegak ketika bersiap menerima bola.
c. Gerak Manipulatif
Adalah gerakan mengolah atau mengendalikan objek. Contohnya:
Memukul shuttlecock dengan raket dalam bulutangkis.
Mengumpan bola voli dengan passing atas atau bawah.
Men-servis bola melewati net.
3. Manfaat Aktivitas Pola Gerak dalam Permainan Net
Melatih kecepatan dan kelincahan.
Mengembangkan koordinasi tubuh.
Meningkatkan daya tahan tubuh.
Melatih kerja sama dan sportivitas.
Menumbuhkan rasa percaya diri.
βοΈ Latihan Soal
A. Pilihan Ganda (10 Soal)
Gerakan berpindah tempat disebut gerak ....
a. manipulatif
b. lokomotor
c. nonlokomotor
d. kombinatifContoh gerakan nonlokomotor pada permainan voli adalah ....
a. berlari mengejar bola
b. melompat melakukan smash
c. berdiri dengan tangan terangkat untuk block
d. bergerak menyampingMengontrol atau memanipulasi bola disebut gerak ....
a. lokomotor
b. manipulatif
c. nonlokomotor
d. dasarServis dalam bulutangkis termasuk gerakan ....
a. lokomotor
b. nonlokomotor
c. manipulatif
d. kombinasiAktivitas permainan net yang menggunakan shuttlecock adalah ....
a. bola voli
b. sepak takraw
c. bulutangkis
d. tenis mejaGerakan melompat untuk melakukan smash adalah contoh gerakan ....
a. lokomotor
b. manipulatif
c. nonlokomotor
d. kombinasiPassing bawah dalam bola voli termasuk gerakan ....
a. lokomotor
b. nonlokomotor
c. manipulatif
d. kombinasiBerdiri tegak dengan tangan siap menerima bola adalah contoh gerakan ....
a. lokomotor
b. nonlokomotor
c. manipulatif
d. kombinasiTujuan dari aktivitas permainan net adalah ....
a. membuat tubuh cepat lelah
b. menjaga kesehatan dan melatih keterampilan
c. mengurangi kerja sama
d. melatih tidur nyenyakBerikut yang termasuk permainan net adalah ....
a. sepak bola
b. basket
c. bulutangkis
d. kasti
B. Isian Singkat (5 Soal)
Gerakan tanpa berpindah tempat disebut gerakan ....
Sebutkan dua contoh permainan yang menggunakan net!
Mengumpan bola voli dengan passing bawah termasuk gerakan ....
Manfaat melakukan aktivitas permainan net adalah melatih .... dan ....
Servis dalam bulutangkis dilakukan dengan alat yang bernama ....
C. Uraian (5 Soal)
Jelaskan perbedaan gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan net!
Sebutkan tiga contoh gerakan lokomotor dalam permainan bulutangkis!
Mengapa kerja sama sangat penting dalam permainan net, khususnya bola voli?
Jelaskan manfaat gerak manipulatif dalam permainan bola voli!
Bagaimana cara menumbuhkan sikap sportivitas dalam permainan net?
β Kunci Jawaban
Pilihan Ganda
b
c
b
c
c
a
c
b
b
c
Isian
Nonlokomotor
Bulutangkis dan bola voli
Manipulatif
Kelincahan dan kerja sama
Raket
Uraian
Lokomotor: gerakan berpindah tempat (berlari, melompat).
Nonlokomotor: gerakan di tempat (mengayun, membungkuk).
Manipulatif: mengolah objek (memukul shuttlecock, passing bola).Berlari mengejar shuttlecock, melompat saat smash, bergerak menyamping untuk bertahan.
Karena bola voli dimainkan berkelompok, kerja sama penting agar tim kompak dan bisa memenangkan pertandingan.
Melatih kontrol bola, menjaga ritme permainan, serta memudahkan memberi umpan kepada teman satu tim.
Dengan menerima hasil pertandingan dengan lapang dada, menghargai lawan, dan bermain sesuai aturan.
Kesimpulan Pembelajaran Teori β Kelas 5
Materi: Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif melalui Aktivitas Permainan Net (Bola Voli)
Tanggal: 25 Agustus 2025
Pada pembelajaran teori hari ini, siswa kelas 5 telah mempelajari pola gerak dasar lokomotor (berlari, melompat, dan bergerak cepat menuju bola), nonlokomotor (membungkuk, berputar, dan merendahkan badan saat bersiap menerima bola), serta manipulatif (memukul, mengoper, dan melakukan servis) melalui permainan net bola voli. Dari hasil diskusi dan penjelasan, sekitar 79% siswa sudah memahami dengan baik bagaimana ketiga pola gerak dasar tersebut diterapkan dalam permainan voli, sedangkan 21% siswa masih belum sepenuhnya paham, terutama dalam menghubungkan gerakan manipulatif dengan teknik dasar seperti passing atas dan passing bawah. Oleh karena itu, guru perlu memberikan contoh konkret melalui demonstrasi dan latihan sederhana agar pemahaman siswa semakin merata.
Kesimpulan Pembelajaran Teori β Kelas 5
Materi: Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif melalui Aktivitas Permainan Net
Tanggal: 1 September 2025
Pada pembelajaran teori hari ini, siswa kelas 5 mempelajari penerapan pola gerak dasar lokomotor (lari, lompat, dan bergerak cepat mengejar bola), nonlokomotor (membungkuk, merendahkan badan, dan memutar tubuh), serta manipulatif (memukul, mengoper, dan melakukan servis) dalam permainan net seperti bola voli. Berdasarkan hasil diskusi dan tanya jawab, sekitar 81% siswa sudah mampu memahami keterkaitan antara ketiga pola gerak dasar dengan aktivitas permainan net, sementara 19% lainnya masih mengalami kesulitan, terutama dalam menghubungkan gerakan manipulatif dengan teknik dasar seperti servis dan passing. Hal ini menjadi perhatian untuk pertemuan berikutnya agar guru memberikan penekanan melalui contoh gerakan nyata dan latihan terarah sehingga pemahaman siswa dapat lebih merata.
Hari / tanggal : Senin 01 Sepetember 2025
Kelas : 6a
Materi : : Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Non Lokomotor
π Modul Ajar β Pertemuan Pertama
Mata Pelajaran: PJOK
Kelas: VI (6 SD)
Materi: Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Nonlokomotor
1. Capaian Pembelajaran (CP)
Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan variasi dan kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam berbagai aktivitas fisik, serta melaksanakan dengan percaya diri, disiplin, dan tanggung jawab.
2. Tujuan Pembelajaran (TP)
Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik dapat:
Menjelaskan pengertian gerak dasar nonlokomotor.
Menyebutkan macam-macam variasi dan kombinasi gerak dasar nonlokomotor.
Mempraktikkan variasi gerak nonlokomotor seperti menekuk, memutar, meliuk, membungkuk, mengayun, dan meregang.
Mengombinasikan dua atau lebih pola gerak nonlokomotor secara benar.
Menunjukkan sikap percaya diri, kerjasama, dan tanggung jawab saat melakukan aktivitas gerak nonlokomotor.
3. Alat yang Digunakan
Peluit
Matras
Bola kecil
Tali plastik / pita peregang
Musik sederhana untuk irama (opsional)
4. Materi Teori
A. Pengertian Gerak Nonlokomotor
Gerak nonlokomotor adalah gerakan yang dilakukan tanpa berpindah tempat. Artinya, tubuh hanya bergerak pada posisi atau tempat semula.
Contoh sederhana: membungkuk, menekuk lutut, mengangkat tangan, mengayun lengan, dan meregangkan tubuh.
B. Macam-macam Gerak Nonlokomotor
Membungkuk β menurunkan badan ke arah depan atau samping.
Meliuk β menggerakkan tubuh ke kiri, kanan, atau ke belakang.
Memutar β menggerakkan salah satu anggota tubuh (tangan, pinggang, leher) membentuk putaran.
Mengayun β menggerakkan tangan atau kaki maju-mundur seperti bandul.
Menekuk β melipat anggota tubuh, misalnya menekuk lutut atau siku.
Meregang β menarik tubuh hingga posisi lurus dan panjang.
C. Variasi Gerak Nonlokomotor
Variasi berarti bentuk-bentuk gerakan yang berbeda, misalnya:
Mengayun tangan ke depanβbelakang, ke samping, atau ke atas.
Membungkuk dengan tangan di pinggang atau tangan lurus ke depan.
Memutar pinggang searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam.
D. Kombinasi Gerak Nonlokomotor
Kombinasi adalah menggabungkan dua atau lebih gerakan nonlokomotor, contohnya:
Membungkuk sambil mengayun tangan.
Meregang tangan sambil meliukkan badan ke samping.
Memutar pinggang sambil menekuk lutut.
E. Manfaat Melatih Gerak Nonlokomotor
Melatih kelenturan tubuh.
Menguatkan otot-otot inti (pinggang, perut, punggung).
Membantu keseimbangan tubuh.
Membuat tubuh lebih sehat dan bugar.
Melatih disiplin, konsentrasi, dan percaya diri.
5. Latihan Soal
A. Pilihan Ganda (10 Soal)
Gerakan yang dilakukan tanpa berpindah tempat disebut gerak β¦
a. Lokomotor
b. Manipulatif
c. Nonlokomotor
d. KombinasiGerakan membungkuk termasuk contoh gerakan β¦
a. Lokomotor
b. Nonlokomotor
c. Manipulatif
d. Kombinasi lokomotorMengayun tangan ke depan dan ke belakang termasuk gerakan β¦
a. Lokomotor
b. Nonlokomotor
c. Manipulatif
d. KombinasiContoh gerak nonlokomotor adalah β¦
a. Berlari
b. Melompat
c. Membungkuk
d. Menendang bolaGerakan memutar leher dan pinggang merupakan variasi dari gerak β¦
a. Lokomotor
b. Nonlokomotor
c. Manipulatif
d. KombinasiMengombinasikan membungkuk dengan mengayun tangan adalah contoh β¦
a. Lokomotor
b. Manipulatif
c. Variasi gerak
d. Kombinasi nonlokomotorGerakan menekuk lutut lalu meregangkan tangan ke atas merupakan β¦
a. Lokomotor
b. Kombinasi nonlokomotor
c. Variasi lokomotor
d. ManipulatifGerakan yang dapat melatih kelenturan adalah β¦
a. Berlari cepat
b. Membungkuk dan meregang
c. Menendang bola
d. Melompat tinggiTujuan latihan gerak nonlokomotor adalah untuk β¦
a. Meningkatkan kelincahan berlari
b. Melatih keseimbangan dan kelenturan
c. Melatih kekuatan tangan menendang bola
d. Melatih kecepatanBerikut ini yang bukan termasuk gerak nonlokomotor adalah β¦
a. Meliuk ke kiri
b. Memutar pinggang
c. Melompat ke depan
d. Mengayun tangan
B. Isian Singkat (5 Soal)
Gerak nonlokomotor adalah gerakan yang dilakukan tanpa β¦
Gerakan menggerakkan tangan seperti bandul disebut β¦
Gerakan tubuh ke kiri dan ke kanan disebut β¦
Memutar pinggang merupakan variasi gerak β¦
Menekuk lutut sambil mengangkat tangan ke atas termasuk kombinasi gerak β¦
C. Uraian (5 Soal)
Jelaskan pengertian gerak nonlokomotor!
Sebutkan 5 contoh variasi gerak nonlokomotor!
Jelaskan perbedaan variasi dan kombinasi gerak nonlokomotor!
Mengapa latihan gerak nonlokomotor penting bagi kesehatan tubuh?
Buatlah contoh kombinasi dua gerak nonlokomotor dalam bentuk latihan sederhana!
6. Kunci Jawaban
Pilihan Ganda
c
b
b
c
b
d
b
b
b
c
Isian
Berpindah tempat
Mengayun
Meliuk
Nonlokomotor
Nonlokomotor
Uraian
Gerak nonlokomotor adalah gerakan yang dilakukan tanpa berpindah tempat.
Membungkuk, meliuk, memutar, mengayun, menekuk.
Variasi = perubahan bentuk gerak; Kombinasi = gabungan 2 atau lebih gerak.
Untuk melatih kelenturan, keseimbangan, dan kekuatan otot tubuh.
Contoh: membungkuk sambil mengayun tangan; menekuk lutut sambil meregangkan tangan ke atas.
Kesimpulan Pembelajaran Teori β Kelas 6
Materi: Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Nonlokomotor
Tanggal: 25 Agustus 2025
Pada pembelajaran teori hari ini, siswa kelas 6 telah mempelajari variasi dan kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor seperti menekuk, meregang, meliuk, memutar, mendorong, dan menarik yang dipadukan dalam satu rangkaian gerakan. Secara keseluruhan, pemahaman siswa sudah cukup baik, dengan 84% siswa mampu menjelaskan dan mencontohkan variasi gerakan nonlokomotor secara tepat, sementara 16% siswa masih mengalami kesulitan, terutama dalam mengombinasikan beberapa gerakan agar terlihat selaras dan berkesinambungan. Hal ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa telah menguasai materi dengan baik, namun tetap diperlukan latihan berulang serta bimbingan dalam mempraktikkan rangkaian gerakan agar semua siswa dapat memahami secara merata.
Kesimpulan Pembelajaran Teori β Kelas 6
Materi: Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Nonlokomotor
Tanggal: 1 September 2025
Pada pembelajaran teori hari ini, siswa kelas 6 mempelajari variasi dan kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor seperti menekuk, meregang, meliuk, memutar, mendorong, dan menarik dalam bentuk rangkaian gerakan. Dari hasil pengamatan diskusi kelas, sekitar 86% siswa sudah memahami materi dengan baik dan dapat memberikan contoh variasi gerakan yang digabungkan secara runtut, sedangkan 14% siswa masih membutuhkan bimbingan, khususnya saat mengombinasikan beberapa gerakan agar terlihat lebih selaras. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa telah menguasai konsep yang diajarkan, namun guru tetap perlu memberikan kesempatan latihan terarah supaya semua siswa bisa memahami dengan lebih merata.
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda