Senin, 05 Agustus 2024

Materi ajar kelas 4a sd al-azhar 3 b.lampung

   Hari / tanggal :  Selasa 13 agustus 2024

Kelas :   4A

Materi : Pola Gerak Dasar Lokomotor




Tujuan pembelajaran :

Peserta didik melalui pembelajaran demonstrasi dan penugasan dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan dan memahami fakta, konsep, dan prosedural dari variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor (jalan, lari, dan lompat) sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki. Yakni variasi dan kombinasi gerak jalan dan lari, variasi dan kombinasi gerak jalan dan lompat, variasi dan kombinasi gerak lari dan lompat, variasi dan kombinasi gerak jalan, lari dan lompat. Dan peserta didik dapat mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila pada elemen Gotong Royong dan Mandiri dengan meregulasi dan menginternalisasi nilai-nilai gerak seperti: berkolaborasi, kepedulian, berbagi, pemahaman diri dan situasi yang dihadapi, dan meregulasi diri, dengan cara individu berpasangan dan berkelompok. Serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.


Kurikulum Merdeka PJOK Kelas 4 SD/MI: Pola Gerak Dasar Lokomotor, Gerakan Berjalan, Berlari, dan Melompat

Ilustrasi materi PJOK kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka
Ilustrasi materi PJOK kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka

Dalam Kurikulum Merdeka, siswa kelas 4 SD/MI diharapkan untuk memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berjalanberlari, dan melompat.

Setelah peserta didik melakukan aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berlari berbelok-belok, dilanjutkan dengan mempelajari aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti berjalan, berlari, melompat, dan meloncat.

Gerak gerakan variasi dan kombinasi gerakan berjalan, berlari, melompat, dan meloncat adalah melakukan gerakan berjalan, berlari, dan melompat dalam satu gerakan.

Aktivitas pembelajaran berjalan dan melompat sejauh-jauhnya

Berjalan dan melompat sejauh-jauhnya
Berjalan dan melompat sejauh-jauhnya

Cara melakukannya:

(a) Sikap permulaan peserta didik membuat garis sejajar dengan jarak 2 meter.

(b) Kemudian satu-persatu peserta didik melakukan lompatan.

(c) Pada garis awal setiap peserta didik melakukan jalan perlahan-lahan.

(d) Seterusnya tepat pada garis kedua melompat sejauh-jauhnya.

(e) Peserta didik diminta untuk melakukan gerakan ini berulang-ulang sebanyak 4–6 kali.

Aktivitas pembelajaran berlari dan menolak melewati bangku yang dipasang melintang

Berlari dan menolak melewati bangku yang dipasang melintang
Berlari dan menolak melewati bangku yang dipasang melintang

Cara melakukannya:

(a) Sikap permulaan peserta didik pasang bangku secara melintang 3 sampai 5 buah.

(b) Jarak antar bangku 3 sampai 4 meter.

(c) Pembelajaran ini dilakukan secara berkelompok.

(d) Kemudian peserta didik berlari dan menolak me lewati bangku yang dipasang melintang.

(e) Peserta didik diminta untuk melakukan gerakan ini berulang-ulang sebanyak 4–6 kali.

Aktivitas pembelajaran berlari, menolak, sikap di udara, dan mendarat melewati tali

Berlari, menolak, sikap di udara, dan mendarat melewati tali
Berlari, menolak, sikap di udara, dan mendarat melewati tali

Cara melakukannya:

(a) Sikap permulaan peserta didik pasang seutas tali dipasang melintang.

(b) Ketinggian tali sekitar 1 meter.

(c) Pembelajaran dilakukan secara berkelompok.

(d) Kemudian peserta didik berlari, menolak, melewati tali yang dipasang melintang, dan mendarat.

(e) Peserta didik diminta untuk melakukan gerakan ini berulang-ulang sebanyak 4–6 kali.

Aktivitas pembelajaran gerakan berjalan ke depan kemudian melompat sejauh-jauhnya dan mendarat dengan dua kaki

Gerakan berjalan ke depan kemudian melompat sejauh-jauhnya dan mendarat dengan dua kaki
Gerakan berjalan ke depan kemudian melompat sejauh-jauhnya dan mendarat dengan dua kaki

Cara melakukannya:

(a) Sikap permulaan peserta didik membuat dua garis, jarak garis I ke garis II adalah 10 meter.

(b) Peserta didik secara bergiliran melakukan pembelajaran ini sesuai petunjuk guru.

(c) Peserta didik berjalan ke depan (kaki kiri dulu) mulai dari garis I (start).

(d) Sesampai di garis II, peserta didik melompat sejauh-jauhnya dengan berat badan agak condong ke depan.

(e) Gunakan tolakan kaki terkuat agar mendarat lompatan yang terjauh.

(f) Pada waktu mendarat, kedua kaki harus bersama-sama untuk mengimbangi tekanan berat badan.

(g) Peserta didik diminta untuk melakukan gerakan ini berulang-ulang sebanyak 4–6 kali.

Itulah pola gerak dasar lokomotor, gerakan berjalan, berlari, melompat dari materi PJOK kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka. Semoga bermanfaat.


Kesimpulan:

Pada hari ini anak² telah melakukan sumatif yg pertama

Kendala yg ada adalah ada beberapa anak yg blm paham dengan soal yg di berikan 

Tindak lanjut, akan pengulangan materi berupa sumatif remedial

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda