materi ajar kelas 4a SD Al-Azhar 3 B.Lampung
Hari / tanggal : Selasa 13 agustus 2024
Kelas : 4a
Materi : Pola Gerak Dasar Non-lokomotor
Tujuan pembelajaran :
Peserta
didik melalui pembelajaran demonstrasi dan penugasan dapat menunjukkan
kemampuan dalam mempraktikkan dan memahami fakta, konsep, dan
prosedural dari berbagai variasi dan
kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor (memutar, mengayun, menekuk), sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki. Yakni variasi dan kombinasi gerakan
memutar dan mengayun, variasi dan kombinasi gerakan memutar dan menekuk, variasi dan kombinasi gerakan
mengayun dan menekuk, variasi dan kombinasi gerakan memutar, mengayun dan
menekuk. Dan peserta didik dapat mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila pada elemen Gotong Royong dan
Mandiri dengan meregulasi dan menginternalisasi nilai-nilai gerak seperti:
berkolaborasi, kepedulian, berbagi,
pemahaman diri dan situasi yang dihadapi, dan meregulasi diri, dengan cara
individu berpasangan dan berkelompok. Serta dapat menerapkan pola perilaku
hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. |
Kurikulum Merdeka PJOK Kelas 4 SD/MI: Pola Gerak Dasar Nonlokomotor, Gerakan Mengayun
Aktivitas 1
Dalam Kurikulum Merdeka, siswa diarahkan untuk memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor seperti gerakan mengayun.
Gerakan mengayun, pola, dan pengembangannya sama dengan pola goyangan. Supaya lebih memberi kejelasan, yang akan dipilih dalam gerakan ayunan ini adalah gerakan ayunan keseluruhan.
Artinya tidak hanya menggerakkan salah satu bagian badan saja, melainkan seluruh tubuh.
Sebagai gambaran awal, gerakan ayunan ini akan divariasikan dengan tiga teknik pengayaan yang sudah dikenal, yaitu: gerakan terpisah, perubahan ukuran, dan perubahan tingkatan.
Gerakan terpisah dalam ayunan adalah gerakan ayunan satu lengan depan belakang (bukan putaran) ganti lengan yang lain ayun kedua-duanya.
Ayunkan tanganmu (dari siku ke bawah) ganti tangan yang lain ayun keduanya bersamaan. Berikut ayunkan kepalamu depan belakang dan lalu ke samping.
Perubahan ukuran dalam ayunan dimana anak-anak akan bermain-main dengan ayunan yang melibatkan seluruh tubuhnya, tidak terbatas pada salah satu anggota tubuh saja.
Perubahan ukuran yang terjadi di sini disebabkan oleh variasi yang dibuat sehingga ada yang menyebabkan sebagian besar terlibat, ada yang tidak.
Perubahan tingkat dalam ayunan mengembara dalam berbagai tingkatan bisa juga menawarkan kekayaan gerak.
Untuk bagian ini, mintalah peserta didik mencari gerakan ayunan yang mungkin untuk dilakukan dalam berbagai tingkat posisi tubuh.
Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor seperti gerakan mengayun antara lain sebagai berikut:
Aktivitas pembelajaran mengayunkan lengan di depan dada
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda