Materi ajar kelas 3 dan 4
Hari / tanggal : Jum'at 26 Sepetember 2025
Kelas : 3a
Materi : Gerak Dasar Manipulatif
📘 Materi Gerak Dasar Manipulatif – Kelas 3 SD
A. Capaian Pembelajaran (CP)
Peserta didik mampu mempraktikkan gerak dasar manipulatif berupa melempar, menangkap, menendang, menggiring, memantulkan, dan memukul bola dengan koordinasi serta ketepatan yang lebih baik melalui aktivitas permainan berpasangan maupun kelompok, serta menunjukkan sikap disiplin, percaya diri, dan kerja sama.
B. Tujuan Pembelajaran (TP)
Siswa dapat memahami pengertian gerak dasar manipulatif.
Siswa dapat mempraktikkan variasi gerakan manipulatif dengan bola secara individu maupun kelompok.
Siswa mampu mengombinasikan gerakan manipulatif dalam permainan sederhana.
Siswa menunjukkan sikap kerjasama, sportivitas, dan percaya diri dalam praktik permainan.
Siswa mampu mengembangkan keterampilan koordinasi, ketepatan, serta daya tahan motorik melalui latihan manipulatif.
C. Metode Pembelajaran
Project Based Learning (PJBL) – siswa belajar dengan cara praktik langsung melalui proyek permainan bola sederhana (misalnya lomba oper bola, estafet lempar-tangkap, menggiring bola melewati rintangan, atau mini game “bola masuk gawang”).
D. Alat yang Digunakan
Bola plastik ukuran sedang
Bola kecil (bola tenis/bola karet)
Gawang mini / botol plastik sebagai sasaran
Kerucut kecil / botol bekas sebagai rintangan
Tali atau kapur untuk garis lapangan
Raket mainan atau stik pemukul (opsional)
E. Materi Gerak Dasar Manipulatif (Praktik)
Melempar Bola
Melempar bola lurus ke depan pada teman berpasangan.
Melempar bola ke sasaran (keranjang, kotak, atau lingkaran).
Variasi: lempar bawah, lempar atas, lempar samping.
Menangkap Bola
Menangkap bola dari lemparan teman.
Menangkap bola pantulan dari lantai atau dinding.
Menangkap bola sambil bergerak ke kanan/kiri.
Menendang Bola
Menendang bola ke gawang mini.
Oper bola ke teman dengan kaki bagian dalam.
Menendang bola ke sasaran (cone atau botol plastik).
Menggiring Bola dengan Kaki
Menggiring bola lurus ke depan.
Menggiring bola zig-zag melewati cone.
Menggiring bola kemudian menendang ke gawang.
Memantulkan Bola (Dribbling dengan tangan)
Memantulkan bola sambil berjalan.
Dribbling bergantian tangan kanan dan kiri.
Dribbling sambil menghindari rintangan.
Memukul Bola dengan Alat (opsional)
Memukul bola ke arah sasaran menggunakan raket mainan.
Memukul bola ke dinding lalu menangkap pantulannya.
👉 Semua kegiatan bisa dikemas dalam bentuk permainan beregu agar lebih menyenangkan, seperti:
Estafet lempar–tangkap.
Lomba menggiring bola melewati rintangan.
Mini game sepak bola sederhana dengan gawang kecil.
F. Soal Evaluasi
1. Pilihan Ganda (10 soal)
Gerakan mengendalikan bola dengan tangan atau kaki disebut gerak dasar ….
a. Lokomotor
b. Manipulatif
c. Nonlokomotor
d. KoordinasiMenangkap bola sebaiknya dilakukan dengan ….
a. Satu kaki
b. Dua tangan
c. Kepala
d. SikuSaat menendang bola, bagian kaki yang digunakan agar bola tepat sasaran adalah ….
a. Tumit
b. Kaki bagian dalam
c. Lutut
d. Punggung tanganMenggiring bola berarti ….
a. Membawa bola dengan kaki sambil berjalan/berlari
b. Melempar bola dengan keras
c. Menendang bola ke udara
d. Memukul bola dengan alatMemantulkan bola ke lantai menggunakan ….
a. Kepala
b. Tangan
c. Lutut
d. KakiAktivitas manipulatif yang menggunakan raket adalah ….
a. Menendang
b. Memukul
c. Menggiring
d. MenangkapBermain lempar–tangkap melatih ….
a. Koordinasi mata dan tangan
b. Kekuatan kaki
c. Kecepatan lari
d. PernafasanGerakan mendorong bola ke gawang dengan kaki disebut ….
a. Dribbling
b. Shooting
c. Passing
d. HeadingGerakan mengoper bola kepada teman dalam permainan sepak bola disebut ….
a. Passing
b. Dribbling
c. Shooting
d. CatchingSalah satu manfaat gerak dasar manipulatif adalah ….
a. Melatih membaca
b. Melatih keseimbangan dan ketepatan
c. Melatih bernyanyi
d. Melatih menulis
2. Isian (5 soal)
Gerakan melempar dan menangkap bola termasuk gerak dasar ….
Menggiring bola dilakukan dengan anggota tubuh yaitu ….
Menendang bola ke sasaran melatih keterampilan ….
Permainan estafet bola melatih kerja sama dan ….
Gerakan memantulkan bola disebut juga ….
3. Essay (5 soal)
Jelaskan dengan kata-katamu sendiri apa yang dimaksud gerak dasar manipulatif!
Sebutkan tiga contoh aktivitas melempar bola dalam permainan sederhana!
Bagaimana cara menangkap bola agar tidak mudah terlepas?
Mengapa dalam menggiring bola kita harus menjaga pandangan ke depan, bukan hanya ke bola?
Apa manfaat berlatih gerak dasar manipulatif bagi kesehatan dan keterampilan anak?
G. Kunci Jawaban
Pilihan Ganda
b
b
b
a
b
b
a
b
a
b
Isian
Manipulatif
Kaki
Ketepatan/koordinasi
Sportivitas/kerjasama tim
Dribbling
Essay (contoh jawaban)
Gerak dasar manipulatif adalah gerakan yang menggunakan benda atau objek, misalnya bola, dengan cara melempar, menangkap, menendang, menggiring, memantulkan, atau memukul.
Melempar bola ke teman, melempar bola ke sasaran (keranjang), melempar bola ke atas lalu menangkap.
Menangkap bola dengan dua tangan yang terbuka, posisi tubuh siap, tangan lentur mengikuti arah bola.
Agar tidak mudah ditangkap lawan, menjaga keseimbangan tubuh, dan bisa melihat arah pergerakan teman/lawan.
Melatih koordinasi tubuh, meningkatkan konsentrasi, memperkuat otot, melatih kerja sama, serta menjaga kesehatan tubuh.
Kesimpulan Pembelajaran Pertemuan Pertama – Kelas 3
Tanggal: 18 September 2025
Pada kegiatan praktik hari ini, siswa kelas 3 berlatih gerak dasar manipulatif berupa melempar, menangkap, menggiring, dan menendang bola melalui beberapa permainan sederhana. Latihan dilakukan secara bertahap, mulai dari gerakan individu hingga berpasangan, agar siswa lebih terbiasa mengendalikan bola dengan tepat.
Dari hasil pengamatan, 76% siswa mampu melakukan gerakan dengan baik, terlihat dari kelancaran mereka dalam menggiring bola, ketepatan saat melempar, serta kekompakan ketika melakukan passing dengan teman. Sementara itu, 24% siswa masih mengalami kesulitan, terutama dalam menjaga kontrol bola dan mengatur kekuatan lemparan. Untuk itu, diperlukan latihan tambahan dengan variasi permainan yang menyenangkan dan pendampingan lebih intensif dari guru.
Hari / tanggal : Jum'at 26 Sepetember 2025
Kelas : 4a
Materi : Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Manipulatif
📘 Materi PJOK Kelas 4
Tema: Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Manipulatif
Capaian Pembelajaran (CP)
Peserta didik mampu memahami, mempraktikkan, dan mengombinasikan berbagai pola gerak dasar manipulatif melalui variasi aktivitas permainan, serta menampilkan sikap sportif, kerja sama, dan tanggung jawab dalam kegiatan jasmani.
Tujuan Pembelajaran (TP)
Siswa dapat menjelaskan pengertian pola gerak dasar manipulatif.
Siswa mampu melakukan variasi gerak manipulatif (melempar, menangkap, menendang, memukul, menggiring) dengan benar.
Siswa dapat mengombinasikan gerak manipulatif dalam permainan sederhana.
Siswa menunjukkan sikap kerja sama, disiplin, dan sportivitas selama aktivitas permainan.
Metode Pembelajaran
🔹 Project Based Learning (PJBL)
Alasan: Metode ini mendorong siswa untuk belajar melalui praktik langsung dalam bentuk proyek permainan kecil yang menggabungkan gerakan manipulatif. Dengan cara ini, siswa lebih aktif, kreatif, dan terlibat langsung dalam pembelajaran.
Alat yang Digunakan
Bola plastik, bola tenis, atau bola karet
Bola sepak mini
Bet kecil/pemukul plastik
Kerucut/peluit sebagai penanda area
Ring atau ember untuk target lempar
Peluit untuk guru
Materi Pembelajaran (Praktik Banyak)
Pola Gerak Dasar Manipulatif (Dasar)
Melempar bola ke teman.
Menangkap bola dengan dua tangan.
Menendang bola ke arah target.
Menggiring bola menggunakan kaki.
Memukul bola dengan bet/plastik.
Variasi Gerakan
Melempar bola tinggi dan ditangkap sendiri.
Menangkap bola sambil bergerak ke samping.
Menggiring bola zig-zag melewati rintangan.
Menendang bola dengan kaki kanan lalu kiri bergantian.
Memukul bola ke sasaran (ring/kerucut).
Kombinasi Gerakan
Melempar bola, lalu menangkap, kemudian menggiring.
Menggiring bola, lalu menendang ke target.
Melempar ke teman, lalu teman memukul dengan bet.
Menangkap bola → menggiring → menendang ke gawang kecil.
Bermain game sederhana “lempar-tangkap-lari ke pos berikutnya.”
Aktivitas Permainan Lapangan
Permainan 1: Lempar bola ke target (ring/ember).
Permainan 2: Menggiring bola zig-zag, lalu menendang ke gawang mini.
Permainan 3: Tangkap bola estafet (lempar-tangkap sambil bergerak).
Permainan 4: Memukul bola ke arah target, lalu lari mengambil bola kembali.
Permainan 5: Kombinasi “lempar–tangkap–tendang” secara beregu.
Latihan Soal
🔹 Pilihan Ganda (10 soal)
Gerakan menendang bola termasuk pola gerak dasar …
a. Lokomotor
b. Non-lokomotor
c. Manipulatif
d. RitmikGerakan memukul bola dengan bet disebut gerak …
a. Lokomotor
b. Manipulatif
c. Non-lokomotor
d. RitmikSaat menangkap bola, posisi tangan sebaiknya …
a. Kaku
b. Santai dan siap menahan bola
c. Tertutup rapat
d. Menempel ke badanMenggiring bola dengan kaki sebaiknya dilakukan dengan …
a. Bagian tumit
b. Bagian samping kaki
c. Bagian ujung jari
d. Bagian lututVariasi gerakan manipulatif berarti …
a. Melakukan gerakan sama terus menerus
b. Melakukan gerakan dengan cara berbeda
c. Melakukan gerakan tanpa alat
d. Melakukan gerakan di tempatKombinasi gerakan manipulatif adalah …
a. Menggabungkan beberapa gerakan dasar manipulatif
b. Melakukan satu gerakan saja
c. Melakukan gerakan tanpa alat bantu
d. Gerakan hanya menggunakan tanganContoh variasi gerakan manipulatif adalah …
a. Duduk diam
b. Berjalan lurus
c. Menangkap bola sambil bergerak ke samping
d. Berdiri tegakDalam permainan lempar tangkap, kerja sama yang baik ditunjukkan dengan …
a. Berebut bola
b. Saling melempar dan menangkap dengan rapi
c. Tidak mau mengoper bola
d. Menghindar dari temanAlat berikut digunakan untuk gerakan memukul adalah …
a. Bola
b. Bet/pemukul
c. Ring
d. KerucutManfaat melakukan variasi dan kombinasi gerakan manipulatif adalah …
a. Membuat badan cepat lelah
b. Melatih kerja sama, ketepatan, dan koordinasi
c. Mengurangi kekuatan tubuh
d. Membatasi gerakan
🔹 Isian (5 soal)
Gerakan mengarahkan bola dengan kaki disebut …
Gerakan menangkap bola melatih …
Alat yang digunakan untuk memukul bola adalah …
Kombinasi gerakan manipulatif artinya …
Saat melempar bola, posisi badan sebaiknya …
🔹 Essay (5 soal)
Jelaskan pengertian pola gerak dasar manipulatif!
Sebutkan 3 contoh variasi gerakan manipulatif!
Apa perbedaan antara variasi dan kombinasi gerakan manipulatif?
Bagaimana cara melakukan gerakan menggiring bola dengan benar?
Mengapa kerja sama penting dalam permainan yang melibatkan gerak manipulatif?
Kunci Jawaban
Pilihan Ganda
c
b
b
b
b
a
c
b
b
b
Isian
Menggiring bola
Konsentrasi dan koordinasi
Bet/pemukul
Menggabungkan beberapa gerakan manipulatif dalam satu aktivitas
Seimbang, rileks, dan menghadap target
Essay (Jawaban Singkat)
Pola gerak dasar manipulatif adalah gerakan yang menggunakan alat/benda luar tubuh, seperti bola atau bet, misalnya melempar, menangkap, menendang, menggiring, dan memukul.
Melempar bola tinggi, menangkap sambil bergerak, menggiring zig-zag.
Variasi = perubahan cara gerakan, kombinasi = gabungan beberapa gerakan sekaligus.
Menggiring bola dilakukan dengan menggunakan bagian dalam/samping kaki secara bergantian, bola dikontrol agar tidak terlalu jauh, sambil berjalan atau berlari.
Karena kerja sama membantu permainan berjalan lancar, meningkatkan kekompakan, dan mempermudah mencapai tujuan bersama.
Kesimpulan Pembelajaran Pertemuan Pertama – Kelas 4
Tanggal: 18 September 2025
Pada pertemuan kali ini, siswa kelas 4 melaksanakan praktik aktivitas variasi dan kombinasi pola gerak dasar manipulatif. Kegiatan yang dilakukan meliputi kombinasi melempar dan menangkap bola sambil bergerak, menggiring bola kemudian melakukan passing, serta permainan sederhana yang menggabungkan beberapa gerakan dalam satu rangkaian. Tujuan pembelajaran ini adalah melatih koordinasi tubuh, kelincahan, serta kemampuan siswa dalam mengombinasikan gerakan dengan lebih terarah.
Berdasarkan hasil pengamatan, 81% siswa dapat melaksanakan variasi dan kombinasi gerakan dengan cukup baik, terlihat dari kemampuan mereka menjaga kontrol bola dan bekerja sama dengan teman. Sedangkan 19% siswa masih menemui kendala, terutama saat mengombinasikan dua gerakan sekaligus, misalnya menggiring lalu melakukan passing dengan tepat. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan pengulangan latihan secara bertahap dan penggunaan metode permainan agar siswa lebih termotivasi.
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda