Mayeri kelas 4, 5, dan 6
Hari / tanggal :Senin 29 Sepetember 2025
Kelas : 4a
Materi : Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Manipulatif
π Materi PJOK Kelas 4
Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Manipulatif
1. Capaian Pembelajaran (CP)
Peserta didik mampu memahami konsep, variasi, dan kombinasi pola gerak dasar manipulatif, serta dapat menjelaskan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari dengan sikap disiplin, kerja sama, dan tanggung jawab.
2. Tujuan Pembelajaran (TP)
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan:
Menjelaskan pengertian gerak dasar manipulatif.
Mengidentifikasi macam-macam variasi gerak dasar manipulatif.
Menjelaskan contoh kombinasi gerak dasar manipulatif.
Menyebutkan manfaat aktivitas manipulatif terhadap tubuh.
Menerapkan pemahaman gerak manipulatif dalam diskusi pemecahan masalah sederhana.
3. Metode Pembelajaran
Problem Based Learning (PBL)
Guru memberikan masalah sederhana, misalnya: βMengapa bola yang ditendang sering melenceng dari target? Apa yang harus dilakukan agar tendangan tepat sasaran?β
Siswa mendiskusikan penyebab dan mencari solusi berdasarkan teori.
Guru memberi penguatan teori dan contoh.
Siswa menyimpulkan hasil belajar bersama kelompok.
4. Alat Peraga
Bola plastik/karet/tenis
Balon
Raket/pemukul sederhana
Botol bekas/kerucut sebagai target
Kardus atau kertas berbentuk bola
5. Materi Teori
A. Pengertian Gerak Dasar Manipulatif
Gerak dasar manipulatif adalah gerakan tubuh yang menggunakan anggota tubuh (tangan atau kaki) untuk mengendalikan suatu objek atau alat. Objek yang dimaksud biasanya berupa bola, raket, atau alat lain.
Gerakan ini disebut manipulatif karena kita mengatur atau memanipulasi benda agar sesuai dengan tujuan. Misalnya: menendang bola agar masuk gawang, melempar bola agar ditangkap teman, atau memukul bola agar melewati net.
Gerak manipulatif sangat penting dipelajari karena menjadi dasar berbagai permainan dan olahraga, seperti sepak bola, bola basket, voli, bulutangkis, tenis meja, dan lainnya.
B. Macam-Macam Variasi Gerak Dasar Manipulatif
Melempar Bola
Lemparan bawah (underhand pass).
Lemparan atas (overhand pass).
Lemparan dada (chest pass).
Lemparan pantul (bounce pass).
Menangkap Bola
Menangkap dengan dua tangan di depan dada.
Menangkap dengan dua tangan di atas kepala.
Menangkap dengan satu tangan.
Menangkap bola lambung atau bola pantul.
Menendang Bola
Menendang dengan kaki bagian dalam (inside kick).
Menendang dengan kaki bagian luar (outside kick).
Menendang dengan punggung kaki (instep kick).
Memantulkan Bola (Dribbling)
Memantulkan dengan satu tangan sambil berjalan.
Memantulkan dengan dua tangan.
Memantulkan sambil berlari cepat.
Memukul Bola
Dengan raket (bulutangkis, tenis).
Dengan tangan (voli).
Dengan pemukul kayu (kasti, softball).
C. Kombinasi Gerak Dasar Manipulatif
Kombinasi adalah penggabungan dua atau lebih variasi gerakan. Contohnya:
Melempar bola β menangkap kembali.
Menggiring bola β menendang ke gawang.
Memantulkan bola β berhenti β melempar ke teman.
Melempar bola β teman menangkap β lalu melempar balik.
Memukul bola β teman menangkap bola tersebut.
Kombinasi gerak manipulatif biasanya muncul dalam permainan olahraga, misalnya:
Dalam sepak bola: menggiring β menendang β mengejar.
Dalam basket: memantulkan bola β passing ke teman β menangkap lagi.
Dalam voli: service β passing β smash.
D. Prinsip Dasar Gerakan Manipulatif
Koordinasi: gerakan harus seimbang antara mata, tangan, dan kaki.
Keseimbangan: tubuh harus stabil saat melakukan gerakan.
Ketepatan: sasaran gerak harus sesuai (contoh: bola tepat ke target).
Kekuatan: diperlukan tenaga yang cukup untuk menggerakkan benda.
Konsentrasi: fokus pada gerakan agar tidak gagal.
E. Manfaat Aktivitas Manipulatif
Fisik: meningkatkan kekuatan, kelincahan, dan kebugaran tubuh.
Psikomotorik: melatih koordinasi mata, tangan, dan kaki.
Kognitif: melatih konsentrasi, pemecahan masalah, dan strategi.
Sosial: mengembangkan kerja sama, sportivitas, dan komunikasi.
Emosional: meningkatkan rasa percaya diri dan keberanian mencoba.
6. Soal Latihan
A. Pilihan Ganda (10 Soal)
Gerakan mengendalikan bola dengan tangan atau kaki disebut β¦
a. Lokomotor
b. Non-lokomotor
c. Manipulatif
d. KoordinatifContoh gerakan manipulatif adalah β¦
a. Berjalan dan berlari
b. Mengayun tangan ke samping
c. Menendang dan menangkap bola
d. Duduk dan berdiriMelempar bola lalu menangkap kembali termasuk β¦
a. Variasi
b. Kombinasi
c. Lokomotor
d. Non-lokomotorGerakan memantulkan bola ke lantai dengan tangan disebut β¦
a. Dribbling
b. Passing
c. Shooting
d. HeadingManfaat aktivitas manipulatif adalah β¦
a. Membuat tubuh sakit
b. Membuat cepat lelah
c. Melatih koordinasi tubuh
d. Membuat malas bergerakGerakan menendang bola dengan punggung kaki bertujuan untuk β¦
a. Mengoper jarak dekat
b. Menendang jauh dan keras
c. Menggiring bola
d. Menahan bolaGerakan memukul bola menggunakan raket disebut β¦
a. Passing
b. Shooting
c. Service
d. SmashMelempar bola dengan dua tangan dari bawah disebut β¦
a. Bounce pass
b. Chest pass
c. Underhand pass
d. Overhead passAktivitas manipulatif sering menggunakan alat berupa β¦
a. Bola dan pemukul
b. Meja dan kursi
c. Buku dan pensil
d. Tali dan papan tulisKombinasi gerak manipulatif contohnya β¦
a. Duduk kemudian berdiri
b. Menendang lalu mengejar bola
c. Melompat kemudian berjalan
d. Menoleh lalu mengayun tangan
B. Isian (5 Soal)
Gerakan manipulatif dilakukan dengan menggunakan β¦
Menendang bola dengan kaki bagian dalam disebut β¦
Melempar bola kemudian menangkapnya kembali adalah contoh β¦
Salah satu manfaat gerakan manipulatif adalah β¦
Memukul bola dalam tenis meja dilakukan dengan menggunakan β¦
C. Uraian (5 Soal)
Apa yang dimaksud dengan gerak dasar manipulatif?
Sebutkan 4 contoh variasi gerakan manipulatif!
Jelaskan perbedaan variasi dan kombinasi gerak manipulatif!
Sebutkan 5 manfaat dari melakukan aktivitas manipulatif!
Berikan contoh masalah sederhana yang bisa digunakan dalam metode PBL untuk mempelajari gerak manipulatif!
7. Kunci Jawaban
A. Pilihan Ganda
c
c
b
a
c
b
d
c
a
b
B. Isian
Objek/alat (seperti bola, raket, pemukul).
Inside kick.
Kombinasi gerak manipulatif.
Melatih koordinasi mata, tangan, dan kaki.
Raket/pemukul.
C. Uraian
Gerak dasar manipulatif adalah gerakan yang menggunakan anggota tubuh untuk mengendalikan atau memanipulasi suatu objek atau alat, seperti bola atau raket.
Melempar bola, menangkap bola, menendang bola, memantulkan bola.
Variasi = perubahan bentuk dari satu gerakan. Kombinasi = gabungan dari dua atau lebih gerakan.
Melatih koordinasi, meningkatkan keterampilan motorik, menjaga kebugaran, melatih kerja sama, meningkatkan konsentrasi.
Contoh masalah: βMengapa bola yang dilempar sering jatuh sebelum sampai ke teman? Bagaimana cara melempar agar tepat sasaran?β
Kesimpulan Pembelajaran
PJOK Kelas IV
Materi: Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Manipulatif
Tanggal: 15 September 2025
Pada pembelajaran teori hari ini, sebagian besar siswa sudah memahami materi tentang variasi dan kombinasi pola gerak dasar manipulatif. Dari hasil pengamatan, sekitar 85% siswa telah memahami materi dengan baik. Mereka mampu menjelaskan pengertian gerak manipulatif serta memberikan contoh gerakan seperti melempar, menangkap, memukul, dan menggiring bola.
Sementara itu, sekitar 15% siswa masih belum sepenuhnya paham. Hal ini disebabkan karena kurang fokus saat pembelajaran berlangsung, masih bingung membedakan antara variasi dan kombinasi, serta membutuhkan lebih banyak contoh konkret agar lebih mudah memahami.
Dengan demikian, pembelajaran berjalan cukup efektif karena mayoritas siswa sudah mencapai tujuan pembelajaran, dan untuk siswa yang belum paham diperlukan penguatan dan pendampingan pada pertemuan selanjutnya.
Hari / tanggal :Senin 29 Sepetember 2025
Kelas : 5a
Materi : Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, manipulatif melalui Aktivitas Permainan Lapangan
π Materi Teori PJOK Kelas 5
Tema: Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif melalui Aktivitas Permainan Lapangan
A. Capaian Pembelajaran (CP)
Peserta didik mampu memahami, mempraktikkan, serta menjelaskan berbagai pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam bentuk aktivitas permainan lapangan sederhana dengan sikap sportivitas, kerja sama, serta tanggung jawab.
B. Tujuan Pembelajaran (TP)
Peserta didik mampu menjelaskan pengertian pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif.
Peserta didik mampu mengidentifikasi contoh gerakan lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam aktivitas permainan lapangan.
Peserta didik mampu menjelaskan manfaat mempraktikkan pola gerak dasar melalui permainan lapangan.
Peserta didik mampu menunjukkan sikap kerja sama, tanggung jawab, dan sportivitas melalui diskusi teori aktivitas permainan lapangan.
C. Model/Metode Pembelajaran
Metode yang tepat untuk teori ini adalah Project Based Learning (PJBL).
Peserta didik dapat merancang dan mendiskusikan bentuk permainan lapangan sederhana dengan mengintegrasikan gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif.
Fokus pada teori, namun tetap memberi gambaran nyata aplikasi dalam permainan.
D. Alat Peraga yang Digunakan
Bola (karet, plastik, atau sepak bola mini)
Cone/peluit untuk pembatas lapangan
Gambar ilustrasi pola gerak (bisa poster atau slide)
Papan tulis/lembar diskusi
E. Materi Teori
1. Pengertian Pola Gerak Dasar
Pola Gerak Dasar adalah bentuk gerakan dasar yang digunakan manusia dalam aktivitas sehari-hari maupun olahraga.
Pola gerak dasar terbagi menjadi:
Lokomotor β Gerakan berpindah tempat.
Nonlokomotor β Gerakan di tempat tanpa berpindah.
Manipulatif β Gerakan menggunakan objek atau alat.
2. Pola Gerak Dasar Lokomotor
Gerakan berpindah dari satu tempat ke tempat lain.
Contoh:
Berjalan (jalan maju, jalan mundur, jalan menyamping)
Berlari
Melompat dan meloncat
Merangkak
Berjingkat
Berguling
Peran dalam permainan lapangan:
Digunakan untuk mengejar bola, berpindah posisi, atau menghindari lawan.
3. Pola Gerak Dasar Nonlokomotor
Gerakan yang dilakukan tanpa berpindah tempat.
Contoh:
Membungkuk
Memutar badan
Menekuk dan meluruskan sendi
Mengayun tangan
Menoleh kanan dan kiri
Meregangkan badan
Peran dalam permainan lapangan:
Digunakan saat mengantisipasi bola, bertahan, menjaga posisi, atau melakukan peregangan tubuh.
4. Pola Gerak Dasar Manipulatif
Gerakan yang melibatkan penguasaan atau penggunaan objek.
Contoh:
Melempar bola
Menangkap bola
Menendang bola
Memukul bola (raket, bet, atau tangan)
Menggiring bola (dribbling)
Memantulkan bola
Peran dalam permainan lapangan:
Menjadi inti dalam permainan seperti sepak bola mini, bola tangan, kasti, atau basket.
5. Aktivitas Permainan Lapangan
Permainan lapangan adalah aktivitas olahraga sederhana yang dilakukan di luar ruangan dengan memanfaatkan pola gerak dasar.
Contoh permainan:
Sepak bola mini β lokomotor (lari), manipulatif (menendang bola).
Bola tangan sederhana β lokomotor (berlari), manipulatif (melempar/menangkap bola).
Gobak sodor β lokomotor (lari, lompat), nonlokomotor (berdiri menjaga garis).
Kasti β manipulatif (melempar, memukul), lokomotor (lari), nonlokomotor (menekuk badan).
6. Manfaat Pola Gerak Dasar melalui Permainan Lapangan
Melatih kekuatan, kelincahan, dan koordinasi tubuh.
Menumbuhkan kerja sama tim dan sportivitas.
Meningkatkan daya tahan tubuh.
Membantu perkembangan motorik dasar anak.
Membiasakan anak aktif bergerak sehat dan gembira.
F. Soal Latihan
1. Pilihan Ganda (10 Soal)
Gerakan berpindah tempat disebut β¦
a. Nonlokomotor
b. Lokomotor
c. Manipulatif
d. StatikGerakan membungkuk termasuk gerak β¦
a. Lokomotor
b. Manipulatif
c. Nonlokomotor
d. DinamisMenendang bola dalam permainan sepak bola termasuk gerak β¦
a. Lokomotor
b. Manipulatif
c. Nonlokomotor
d. StatisGerakan melompat dilakukan dengan kedua kaki termasuk pola gerak β¦
a. Lokomotor
b. Manipulatif
c. Nonlokomotor
d. KoordinatifMenggiring bola dengan tangan dalam basket adalah contoh gerakan β¦
a. Lokomotor
b. Nonlokomotor
c. Manipulatif
d. KoordinatifPermainan gobak sodor melibatkan gerakan β¦
a. Lokomotor saja
b. Nonlokomotor saja
c. Lokomotor dan nonlokomotor
d. Manipulatif sajaMelempar dan menangkap bola termasuk gerakan β¦
a. Lokomotor
b. Nonlokomotor
c. Manipulatif
d. KeseimbanganGerakan berdiri tegak sambil mengayun tangan disebut β¦
a. Lokomotor
b. Manipulatif
c. Nonlokomotor
d. KoordinatifAktivitas permainan lapangan yang menggunakan bola kecil dan pemukul adalah β¦
a. Sepak bola
b. Bola voli
c. Kasti
d. Gobak sodorSalah satu manfaat permainan lapangan adalah β¦
a. Membuat tubuh cepat lelah
b. Mengurangi daya tahan tubuh
c. Melatih kerja sama dan sportivitas
d. Membuat anak malas bergerak
2. Soal Isian (5 Soal)
Gerakan berpindah tempat disebut gerak β¦
Contoh gerakan nonlokomotor adalah β¦
Menangkap bola termasuk gerakan β¦
Permainan lapangan yang menggunakan gawang adalah β¦
Manfaat melakukan aktivitas permainan lapangan adalah β¦
3. Soal Uraian (5 Soal)
Jelaskan perbedaan antara gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif!
Sebutkan 3 contoh permainan lapangan yang melibatkan pola gerak dasar!
Apa manfaat mempraktikkan pola gerak dasar dalam kehidupan sehari-hari?
Mengapa kerja sama dan sportivitas penting dalam permainan lapangan?
Berikan contoh kegiatan sehari-hari yang termasuk gerak manipulatif!
G. Kunci Jawaban
Pilihan Ganda
b
c
b
a
c
c
c
c
c
c
Isian
Lokomotor
Membungkuk / menoleh / mengayun tangan
Manipulatif
Sepak bola
Melatih kebugaran, kerja sama, sportivitas
Uraian
Lokomotor: gerakan berpindah tempat.
Nonlokomotor: gerakan di tempat tanpa berpindah.
Manipulatif: gerakan menggunakan objek.
Sepak bola, kasti, gobak sodor.
Membantu tubuh sehat, melatih kekuatan otot, dan meningkatkan koordinasi.
Agar permainan berjalan adil, menyenangkan, dan melatih rasa tanggung jawab.
Melempar sampah ke tempat sampah, menendang bola, memukul paku dengan palu.
Kesimpulan Pembelajaran
PJOK Kelas V
Materi: Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif melalui Aktivitas Permainan Lapangan
Tanggal: 15 September 2025
Pembelajaran teori hari ini membahas pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif yang diaplikasikan melalui berbagai aktivitas permainan lapangan. Siswa belajar memahami perbedaan ketiga pola gerak dasar tersebut serta pentingnya penerapan dalam permainan sederhana.
Sebagian besar siswa terlihat antusias mengikuti penjelasan dan aktif dalam diskusi. Mereka mampu memberikan contoh gerakan lokomotor seperti berlari dan melompat, gerakan nonlokomotor seperti menekuk dan memutar, serta gerakan manipulatif seperti melempar dan menangkap bola.
Hasil pengamatan menunjukkan bahwa sekitar 82% siswa telah memahami materi dengan baik, sedangkan 18% siswa masih belum sepenuhnya paham. Alasan utama siswa yang belum paham adalah kurang fokus saat pembelajaran, serta masih kesulitan membedakan antara gerakan nonlokomotor dan manipulatif.
Secara keseluruhan, pembelajaran teori berjalan lancar dan efektif. Dengan capaian pemahaman 82%, tujuan pembelajaran dapat dikatakan sudah tercapai dengan baik, meskipun tetap perlu dilakukan penguatan bagi sebagian siswa yang belum memahami sepenuhnya.
Hari / tanggal :Senin 29 Sepetember 2025
Kelas : 6a
Materi : Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Manipulatif
π Materi Teori PJOK Kelas 6
Tema: Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Manipulatif
A. Capaian Pembelajaran (CP)
Peserta didik mampu memahami, menjelaskan, dan menunjukkan variasi serta kombinasi pola gerak dasar manipulatif dalam berbagai aktivitas permainan dan olahraga dengan sikap disiplin, kerja sama, dan tanggung jawab.
B. Tujuan Pembelajaran (TP)
Peserta didik mampu menjelaskan pengertian variasi dan kombinasi pola gerak dasar manipulatif.
Peserta didik mampu mengidentifikasi berbagai bentuk variasi gerakan manipulatif dalam aktivitas permainan sederhana.
Peserta didik mampu memberikan contoh kombinasi pola gerak manipulatif dalam permainan bola besar dan bola kecil.
Peserta didik mampu menjelaskan manfaat dari melakukan variasi dan kombinasi pola gerak dasar manipulatif.
Peserta didik mampu bersikap aktif, sportif, dan bertanggung jawab dalam pembelajaran teori pola gerak dasar manipulatif.
C. Model/Metode Pembelajaran
Metode yang tepat untuk teori ini adalah Problem Based Learning (PBL).
Melalui PBL, peserta didik dapat diajak mendiskusikan masalah atau situasi nyata dalam permainan yang membutuhkan pemahaman variasi dan kombinasi pola gerak manipulatif.
Misalnya: bagaimana cara mengombinasikan gerakan melempar dan menangkap bola agar kerja sama tim lebih efektif.
D. Alat Peraga yang Digunakan
Bola (sepak bola, basket, voli, bola kasti)
Gambar ilustrasi variasi pola gerak (poster/slide)
Cone/pembatas area permainan
Papan tulis/lembar teori
E. Materi Teori
1. Pengertian Pola Gerak Dasar Manipulatif
Gerak manipulatif adalah gerakan yang melibatkan objek atau alat, seperti bola, tongkat, atau raket, yang dikendalikan menggunakan anggota tubuh.
2. Variasi Gerak Manipulatif
Variasi adalah bentuk perubahan atau perbedaan dalam melakukan gerakan.
Contoh variasi gerak manipulatif:
Melempar bola dengan satu tangan, dua tangan, atas kepala, atau samping.
Menangkap bola dengan satu tangan atau dua tangan.
Menendang bola dengan kaki bagian dalam, luar, punggung kaki.
Memantulkan bola dengan tangan kanan, tangan kiri, atau bergantian.
Memukul bola dengan raket/bat dari arah bawah, samping, atau atas.
3. Kombinasi Gerak Manipulatif
Kombinasi adalah gabungan dua atau lebih pola gerak manipulatif dalam suatu rangkaian.
Contoh kombinasi gerak manipulatif:
Melempar bola β menangkap bola.
Menggiring bola β menendang bola.
Memantulkan bola β menangkap bola.
Memukul bola β berlari ke base (permainan kasti).
Menendang bola β menerima umpan β menendang kembali ke gawang.
4. Aktivitas Variasi dan Kombinasi dalam Permainan
Beberapa permainan yang melibatkan variasi dan kombinasi pola gerak manipulatif:
Sepak bola mini β menggiring bola, menendang, menerima umpan.
Bola basket β memantulkan bola, menggiring, menangkap, melempar.
Kasti β memukul bola, menangkap bola, melempar bola.
Bola voli β mengumpan, passing, smash.
5. Manfaat Melakukan Variasi dan Kombinasi Gerak Manipulatif
Melatih koordinasi mata, tangan, dan kaki.
Meningkatkan keterampilan bermain bola.
Membentuk kerja sama tim yang solid.
Membiasakan tubuh lebih lincah dan terampil.
Menumbuhkan sikap sportivitas dan tanggung jawab.
F. Soal Latihan
1. Pilihan Ganda (10 Soal)
Gerakan melempar bola dengan satu tangan termasuk pola gerak β¦
a. Lokomotor
b. Nonlokomotor
c. Manipulatif
d. KeseimbanganVariasi dalam gerak manipulatif artinya β¦
a. Melakukan gerakan berulang-ulang
b. Melakukan gerakan dengan perubahan cara
c. Menggabungkan dua gerakan sekaligus
d. Gerakan yang tidak berpindah tempatKombinasi gerak manipulatif adalah β¦
a. Gerakan di tempat tanpa berpindah
b. Gerakan berpindah tempat
c. Gabungan dua atau lebih gerakan manipulatif
d. Gerakan untuk menjaga keseimbanganMenendang bola dengan kaki bagian dalam termasuk contoh β¦
a. Variasi gerak manipulatif
b. Kombinasi gerak manipulatif
c. Gerak nonlokomotor
d. Gerak lokomotorGerakan menggiring bola dilanjutkan menendang ke gawang termasuk β¦
a. Variasi
b. Kombinasi
c. Nonlokomotor
d. StatisPermainan yang menggunakan kombinasi melempar, menangkap, dan memukul bola adalah β¦
a. Sepak bola
b. Basket
c. Kasti
d. Gobak sodorMelempar bola ke teman, lalu teman menangkap bola adalah contoh β¦
a. Variasi gerak manipulatif
b. Kombinasi gerak manipulatif
c. Nonlokomotor
d. LokomotorMemantulkan bola dengan tangan kanan, lalu tangan kiri termasuk β¦
a. Variasi gerak manipulatif
b. Kombinasi gerak manipulatif
c. Nonlokomotor
d. KeseimbanganGerakan memukul bola kemudian berlari menuju base adalah β¦
a. Variasi gerak manipulatif
b. Kombinasi gerak manipulatif
c. Nonlokomotor
d. KeseimbanganSalah satu manfaat mempelajari variasi dan kombinasi pola gerak manipulatif adalah β¦
a. Membuat tubuh cepat lelah
b. Melatih koordinasi dan keterampilan
c. Membuat tubuh kaku
d. Membuat anak malas bergerak
2. Soal Isian (5 Soal)
Gerakan yang menggunakan objek atau alat disebut gerakan β¦
Melempar bola dan menangkap bola termasuk contoh gerakan β¦
Menendang bola dengan punggung kaki adalah contoh β¦
Kombinasi gerakan memukul bola lalu berlari terdapat pada permainan β¦
Manfaat melakukan variasi gerak manipulatif adalah β¦
3. Soal Uraian (5 Soal)
Jelaskan pengertian variasi dan kombinasi gerak manipulatif!
Berikan 3 contoh variasi gerak manipulatif!
Sebutkan 3 contoh kombinasi gerak manipulatif dalam permainan lapangan!
Mengapa koordinasi mata, tangan, dan kaki penting dalam permainan bola?
Apa manfaat kerja sama tim dalam melakukan kombinasi gerak manipulatif?
G. Kunci Jawaban
Pilihan Ganda
c
b
c
a
b
c
b
a
b
b
Isian
Manipulatif
Kombinasi gerak manipulatif
Variasi gerak manipulatif
Kasti
Melatih koordinasi, keterampilan, kelincahan tubuh
Uraian
Variasi: perubahan cara melakukan gerakan.
Kombinasi: gabungan dua atau lebih gerakan manipulatif.
Melempar bola dengan dua tangan, menendang bola dengan punggung kaki, memantulkan bola dengan tangan kanan.
Menggiring bola β menendang bola, melempar bola β menangkap bola, memukul bola β berlari ke base.
Karena membantu akurasi dan kelincahan saat bermain, misalnya agar bola tepat sasaran.
Agar permainan berjalan efektif, seru, dan membentuk kekompakan tim.
Kesimpulan Pembelajaran
PJOK Kelas VI
Materi: Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Manipulatif
Tanggal: 15 September 2025
Pada pembelajaran teori hari ini siswa mempelajari variasi dan kombinasi pola gerak dasar manipulatif, seperti melempar, menangkap, memukul, menggiring, serta mengombinasikan gerakan tersebut dalam aktivitas permainan sederhana.
Sebagian besar siswa mampu memahami materi dengan baik. Mereka dapat menjelaskan pengertian variasi dan kombinasi gerak manipulatif serta memberikan contoh penerapannya. Suasana kelas berjalan cukup aktif dengan banyak siswa yang berpartisipasi dalam diskusi.
Berdasarkan hasil pengamatan, sekitar 87% siswa telah memahami materi, sementara 13% siswa masih belum sepenuhnya paham. Siswa yang belum paham umumnya masih bingung membedakan antara variasi gerak tunggal dengan kombinasi beberapa gerakan sekaligus.
Secara keseluruhan, pembelajaran teori hari ini berjalan lancar dan tujuan pembelajaran dapat dikatakan tercapai, meskipun perlu dilakukan penguatan pada siswa yang belum memahami secara penuh.
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda