Kamis, 07 Agustus 2025

materi ajar kelas 3 dan 4

 Hari / tanggal : Jum'at 08 Agustus 2025

Kelas :   3a

Materi : Gerak Dasar Lokomotor




Kelas: 3 SD
Materi: Gerak dasar berjalan, berlari, melompat, dan meloncat melalui permainan sederhana.


Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik mampu mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor dengan percaya diri dan tanggung jawab dalam aktivitas pembelajaran jasmani.

Tujuan Pembelajaran (TP)

Peserta didik mampu:

  • Mempraktikkan variasi gerak berjalan, berlari, melompat, dan meloncat secara benar.

  • Melakukan aktivitas gerak lokomotor melalui permainan sederhana dengan percaya diri dan tanggung jawab.


Sarana dan Alat

  • Lapangan terbuka

  • Bendera kecil atau cone

  • Rintangan dari balok kayu / kardus

  • Tali skipping / pita untuk garis lompat

  • Peluit (untuk guru)


Kegiatan Praktik

  1. Berjalan cepat dari titik A ke B (10 meter)

  2. Berlari zig-zag melewati bendera/cone

  3. Melompat jauh dari garis dengan satu tolakan

  4. Meloncat dua kaki melewati rintangan rendah


Soal Evaluasi

A. Pilihan Ganda (Pilih jawaban yang benar!)

  1. Gerakan memindahkan kaki satu per satu ke depan disebut ...
    a. Lompat
    b. Lari
    c. Jalan
    d. Lempar

  2. Saat berlari, badan condong ke ...
    a. Belakang
    b. Samping
    c. Depan
    d. Atas

  3. Gerakan meloncat dilakukan dengan tolakan dari ...
    a. Satu kaki
    b. Dua kaki
    c. Tangan
    d. Kepala

  4. Supaya tidak jatuh saat melompat, kita harus ...
    a. Menutup mata
    b. Menahan napas
    c. Mendarat dengan seimbang
    d. Berdiri saja

  5. Gerakan berjalan termasuk jenis gerak ...
    a. Nonlokomotor
    b. Manipulatif
    c. Lokomotor
    d. Diam

  6. Alat yang digunakan untuk menandai rintangan adalah ...
    a. Penghapus
    b. Meja
    c. Cone
    d. Pensil

  7. Saat melompat jauh, kita harus mendarat dengan ...
    a. Kepala
    b. Tangan
    c. Kaki
    d. Lutut

  8. Berlari lebih cepat dari ...
    a. Berjalan
    b. Berdiri
    c. Duduk
    d. Tiduran

  9. Untuk melatih lompatan, kita bisa gunakan ...
    a. Bangku
    b. Buku
    c. Rintangan kardus
    d. Payung

  10. Gerakan lokomotor dilakukan dengan berpindah ...
    a. Tempat
    b. Pikiran
    c. Tangan
    d. Mata


B. Uraian

  1. Sebutkan tiga contoh gerakan lokomotor yang kamu pelajari hari ini!

  2. Apa yang harus kamu perhatikan saat berlari agar tidak jatuh?

  3. Bagaimana caramu melompat dengan aman?

  4. Mengapa penting mempraktikkan gerakan dasar dengan benar?

  5. Apa manfaat dari latihan berjalan dan berlari di lapangan?


C. Isian Singkat

  1. Gerakan melangkah maju disebut ____________.

  2. Melompat dilakukan dengan ___________ kaki.

  3. Saat berlari, posisi tubuh sedikit __________ ke depan.

  4. Mendarat dari lompatan harus dengan __________ kaki.

  5. Gerak dasar yang berpindah tempat disebut gerak ____________.


Kunci Jawaban

A. Pilihan Ganda

  1. c

  2. c

  3. b

  4. c

  5. c

  6. c

  7. c

  8. a

  9. c

  10. a

B. Uraian

  1. Berjalan, berlari, melompat

  2. Menjaga keseimbangan dan melihat arah

  3. Mengayun tangan, tolakan kuat, dan mendarat seimbang

  4. Agar tidak cedera dan tubuh jadi sehat

  5. Membuat tubuh kuat dan meningkatkan kebugaran

C. Isian

  1. Berjalan

  2. Dua

  3. Condong

  4. Kedua

  5. Lokomotor



Kesimpulan Pembelajaran Praktik – Kelas 3
Materi: Gerak Dasar Lokomotor
Tanggal: 21 Agustus 2025

Dalam pembelajaran praktik di lapangan, siswa kelas 3 mempraktikkan berbagai gerakan dasar lokomotor seperti berjalan, berlari, melompat, meloncat, dan merangkak melalui aktivitas permainan dan latihan sederhana. Tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih kemampuan berpindah tempat dengan koordinasi yang baik, serta mengembangkan kelincahan, kekuatan, dan keseimbangan tubuh.

Berdasarkan hasil observasi selama kegiatan, sebanyak 82% siswa telah memahami dan mampu mempraktikkan gerakan lokomotor dengan baik, ditunjukkan melalui kemampuan bergerak dengan lancar, mengikuti instruksi dengan tepat, dan aktif berpartisipasi. Sementara itu, 18% siswa masih mengalami kesulitan, terutama dalam menjaga koordinasi dan keseimbangan saat melakukan gerakan meloncat atau melompat jauh, sehingga masih memerlukan latihan tambahan secara rutin dan bimbingan lebih lanjut.


Hari / tanggal : Jum'at,  08 Agustus 2025

Kelas :   4a

Materi : Aktivitas Variasi dan kombinasi Pola Gerak Dasar Lokomotor




Capaian Pembelajaran (CP):

Peserta didik mampu mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai permainan sederhana atau tradisional secara tepat, lancar, dan percaya diri, serta menunjukkan sikap sportif dan bekerja sama.

Tujuan Pembelajaran (TP):

Peserta didik dapat mempraktikkan gerakan dasar lokomotor berupa variasi dan kombinasi gerak berjalan, berlari, melompat, dan meniti dalam bentuk permainan sederhana secara percaya diri dan bertanggung jawab.


Materi Pertemuan Kedua: Praktik Variasi & Kombinasi Gerak Dasar Lokomotor

  • Variasi gerak berjalan cepat dan melompat melewati rintangan.

  • Kombinasi berlari dan melompat ke dalam lingkaran.

  • Latihan keseimbangan berjalan di garis lurus.

  • Latihan melompat jauh ke depan secara bergantian.

  • Bermain estafet membawa benda sambil berlari dan melompat.


Sarana/Alat yang Digunakan:

  • Cone kecil/peluit untuk penanda lintasan

  • Tali rintangan/loncat

  • Lingkaran plastik/hulahop

  • Garis lapangan/garis kapur

  • Bola kecil atau bendera untuk estafet

  • Peluit untuk aba-aba


Soal Latihan

A. Pilihan Ganda (Pilih jawaban yang paling benar!)

  1. Gerakan berpindah tempat dengan cepat disebut …
    a. Berjalan
    b. Melompat
    c. Berlari
    d. Meniti

  2. Gerakan melompat bisa dilakukan dengan menggunakan …
    a. Tangan
    b. Kaki
    c. Pundak
    d. Kepala

  3. Saat berjalan di garis lurus, tubuh harus tetap …
    a. Diam
    b. Bergoyang
    c. Seimbang
    d. Cepat

  4. Permainan estafet dilakukan secara …
    a. Sendiri
    b. Acak
    c. Bergantian
    d. Diam

  5. Untuk menjaga keseimbangan saat berjalan di balok titian, pandangan sebaiknya ke arah …
    a. Atas
    b. Belakang
    c. Samping
    d. Depan

  6. Gerakan berlari dan melompat bisa dilakukan dalam bentuk …
    a. Tiduran
    b. Bermain estafet
    c. Duduk
    d. Merangkak

  7. Kombinasi berjalan dan meniti dapat melatih …
    a. Keseimbangan
    b. Kecepatan
    c. Kekuatan
    d. Kelincahan

  8. Melompat ke dalam lingkaran harus dilakukan dengan …
    a. Cepat
    b. Asal-asalan
    c. Cermat dan seimbang
    d. Berdiri diam

  9. Gerakan berlari yang benar dilakukan dengan posisi badan …
    a. Mundur
    b. Tegak ke belakang
    c. Condong ke depan
    d. Jongkok

  10. Bermain sambil bergerak membuat badan menjadi …
    a. Lemah
    b. Lemas
    c. Sehat
    d. Mengantuk


B. Isian Singkat

  1. Gerakan berjalan, berlari, dan melompat termasuk gerak dasar …

  2. Agar tidak terjatuh saat meniti, kita harus menjaga …

  3. Permainan yang dilakukan secara bergantian disebut permainan …

  4. Lingkaran digunakan untuk latihan gerakan …

  5. Gerakan berlari melatih kekuatan …


C. Uraian Singkat

  1. Sebutkan dua contoh aktivitas gerak lokomotor dalam permainan tradisional!

  2. Mengapa kita harus menjaga keseimbangan saat berjalan di garis lurus?

  3. Apa manfaat dari bermain estafet secara bergantian?

  4. Apa yang harus diperhatikan saat melompat ke dalam lingkaran?

  5. Jelaskan langkah-langkah melakukan kombinasi gerak berlari dan melompat!


KUNCI JAWABAN

A. Pilihan Ganda

  1. c

  2. b

  3. c

  4. c

  5. d

  6. b

  7. a

  8. c

  9. c

  10. c

B. Isian Singkat

  1. Lokomotor

  2. Keseimbangan

  3. Estafet

  4. Melompat

  5. Kaki

C. Uraian Singkat (Contoh Jawaban)

  1. Berlari saat bermain gobak sodor, melompat dalam permainan lompat tali.

  2. Agar tubuh tidak oleng dan tetap stabil saat bergerak.

  3. Melatih kerja sama dan semangat tim.

  4. Harus memperhatikan arah dan kekuatan lompatan agar tepat masuk lingkaran.

  5. Berlari beberapa langkah terlebih dahulu, lalu melompat jauh ke depan dengan satu atau dua kaki.



Kesimpulan Pembelajaran Praktik – Kelas 4
Materi: Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Lokomotor
Tanggal: 1 Agustus 2025

Pada pembelajaran praktik di lapangan, siswa kelas 4 mempraktikkan berbagai variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor seperti berjalan, berlari, melompat, dan meloncat dalam rangkaian gerakan yang terstruktur. Kegiatan ini dilakukan melalui permainan sederhana dan aktivitas lintasan untuk melatih keterampilan bergerak secara terkoordinasi dan berirama.

Berdasarkan hasil observasi, sebanyak 85% siswa telah memahami dan mampu mempraktikkan variasi serta kombinasi gerak lokomotor dengan baik, ditunjukkan oleh kelancaran dalam melakukan gerakan, keberanian mencoba, dan partisipasi aktif selama kegiatan. Sementara itu, 15% siswa masih mengalami kesulitan, khususnya dalam menjaga keseimbangan dan mengurutkan gerakan secara tepat, sehingga perlu diberikan latihan lanjutan dan bimbingan individual.


0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda