Selasa, 29 Juli 2025

Materi Ajar Kelas 2 dan 5

 Hari / tanggal : Rabu 30 Juli 2025

Kelas :   2a

Materi : Gerak Dasar Lokomotor



Kelas: 2 SD

Pertemuan: Kedua (Teori)

Mata Pelajaran: PJOK

Topik: Gerak Dasar Lokomotor


โœ… Capaian Pembelajaran (CP):

Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan bentuk gerak dasar lokomotor melalui berbagai aktivitas pembelajaran yang menyenangkan sesuai tahap perkembangan usia.

๐ŸŽฏ Tujuan Pembelajaran (TP):

Peserta didik dapat mengenali dan menyebutkan berbagai bentuk variasi gerak dasar lokomotor seperti berjalan, berlari, melompat, dan meloncat dengan benar melalui kegiatan diskusi, pengamatan, dan tanya jawab.


๐Ÿ“š Materi Teori (Ringkas):

  • Berjalan: Gerakan kaki bergantian ke depan, satu kaki selalu menyentuh tanah.

  • Berlari: Gerakan kaki cepat, tidak selalu ada kaki yang menyentuh tanah.

  • Melompat: Mengangkat tubuh ke atas atau ke depan menggunakan satu kaki dan mendarat dengan dua kaki.

  • Meloncat: Mengangkat tubuh dengan dua kaki dan mendarat dengan dua kaki juga.

  • Manfaat Gerak Lokomotor: Menjaga kebugaran tubuh, memperkuat otot kaki, dan meningkatkan keseimbangan.


๐Ÿงบ Sarana yang Digunakan:

  • Gambar ilustrasi gerakan berjalan, berlari, melompat, dan meloncat

  • Lembar kerja peserta didik

  • Video pendek gerakan dasar lokomotor (opsional)

  • Papan tulis atau LCD projector


๐Ÿ“ Soal Evaluasi

A. Pilihan Ganda (Pilihlah jawaban yang benar!)

  1. Gerakan kaki yang dilakukan secara bergantian disebut ...
    a. Melompat
    b. Berjalan
    c. Meloncat
    d. Merangkak

  2. Saat berlari, posisi kaki ...
    a. Selalu menempel di tanah
    b. Bergantian menyentuh tanah
    c. Melayang sebentar
    d. Diam di tempat

  3. Meloncat dilakukan dengan ...
    a. Satu kaki mendarat satu kaki
    b. Dua kaki ke dua kaki
    c. Satu kaki ke dua kaki
    d. Dua tangan ke dua kaki

  4. Manfaat berjalan setiap hari adalah ...
    a. Membuat kita ngantuk
    b. Membuat tubuh menjadi lemah
    c. Membuat badan lebih kuat
    d. Membuat kita malas

  5. Gerakan melompat bisa dilakukan dengan ...
    a. Dua tangan
    b. Duduk diam
    c. Satu kaki
    d. Satu tangan

  6. Contoh gerakan lokomotor adalah ...
    a. Memukul bola
    b. Menendang bola
    c. Berlari keliling lapangan
    d. Menangkap bola

  7. Gerakan yang dilakukan dengan berpindah tempat disebut ...
    a. Lokomotor
    b. Nonlokomotor
    c. Manipulatif
    d. Statik

  8. Ketika berlari, kita harus ...
    a. Melompat tinggi
    b. Diam di tempat
    c. Menunduk
    d. Menjaga keseimbangan

  9. Gerakan meloncat bermanfaat untuk ...
    a. Menguatkan otot tangan
    b. Menguatkan otot kaki
    c. Membuat kita duduk
    d. Membuat kita jalan pelan

  10. Gerak dasar berjalan dapat dilakukan ...
    a. Saat duduk
    b. Saat tidur
    c. Saat bergerak maju
    d. Saat membaca


B. Soal Uraian

  1. Sebutkan 3 contoh gerak dasar lokomotor!

  2. Apa perbedaan antara berjalan dan berlari?

  3. Mengapa kita harus sering melakukan gerak lokomotor?

  4. Apa manfaat dari melompat?

  5. Jelaskan cara melakukan gerakan meloncat yang benar!


C. Soal Isian

  1. Gerakan berjalan dilakukan dengan ... kaki.

  2. Gerak lokomotor adalah gerakan yang menyebabkan tubuh ... tempat.

  3. Gerakan berlari lebih ... dibandingkan berjalan.

  4. Meloncat dilakukan dengan ... kaki dan mendarat dengan ... kaki.

  5. Berjalan, berlari, melompat, dan meloncat termasuk gerak dasar ...


โœ… Kunci Jawaban

Pilihan Ganda:

  1. b

  2. c

  3. b

  4. c

  5. c

  6. c

  7. a

  8. d

  9. b

  10. c

Uraian:

  1. Berjalan, berlari, melompat

  2. Berjalan: kaki selalu menyentuh tanah; Berlari: ada saat kaki tidak menyentuh tanah

  3. Agar tubuh sehat, kuat, dan aktif bergerak

  4. Menguatkan otot kaki dan meningkatkan keseimbangan

  5. Lompat dengan dua kaki dan mendarat dengan dua kaki pula

Isian:

  1. dua

  2. berpindah

  3. cepat

  4. dua, dua

  5. lokomotor




Kesimpulan Pembelajaran Teori โ€“ Kelas 2
Materi: Gerak Dasar Lokomotor
Tanggal: 30 Juli 2025

Pada pembelajaran teori di dalam kelas mengenai Gerak Dasar Lokomotor, siswa kelas 2 dikenalkan dengan berbagai jenis gerakan berpindah tempat seperti berjalan, berlari, melompat, dan meloncat. Materi disampaikan melalui penjelasan guru, gambar ilustratif, serta tanya jawab ringan agar siswa lebih mudah memahami konsep gerakan.

Dari hasil kegiatan diskusi dan evaluasi lisan, sebanyak 78% siswa telah memahami materi dengan baik, ditunjukkan dengan kemampuan mereka dalam menyebutkan jenis-jenis gerakan lokomotor serta memberikan contoh penggunaannya dalam aktivitas sehari-hari. Sementara itu, 22% siswa masih belum memahami sepenuhnya, terutama dalam membedakan antara gerakan melompat dan meloncat, sehingga memerlukan penjelasan ulang dan bantuan visual tambahan dalam pembelajaran berikutnya.


Hari / tanggal : Rabu 30 Juli 2025

Kelas :   5a

Materi : Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif melalui Aktivitas Permainan Invasif



MATERI PERTEMUAN KEDUA (PRAKTEK)
PJOK Kelas 5 SD โ€“ Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif melalui Aktivitas Permainan Invasif


Capaian Pembelajaran (CP):

Peserta didik mampu memahami dan mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam aktivitas permainan invasif secara benar, percaya diri, dan bertanggung jawab.

Tujuan Pembelajaran (TP):

Peserta didik dapat:

  1. Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor (berlari, melompat) dalam permainan invasif.

  2. Mempraktikkan pola gerak dasar nonlokomotor (menekuk, memutar badan) dalam permainan invasif.

  3. Mempraktikkan gerak manipulatif (melempar, menangkap, menendang) dalam permainan invasif secara benar.


Materi Inti:

  • Melakukan kombinasi gerak lokomotor dan manipulatif saat bermain lempar tangkap bola berpindah tempat.

  • Menekuk dan memutar badan untuk menghindar dari lemparan lawan.

  • Berlari sambil menggiring bola melewati lawan dan bekerja sama dalam satu tim.


Sarana dan Alat:

  • Bola plastik sedang

  • Peluit

  • Kerucut pembatas lapangan

  • Rompi pembeda tim

  • Lapangan terbuka


Soal Evaluasi

A. Pilihan Ganda (Pilih jawaban yang benar!)

  1. Gerak berlari sambil membawa bola disebut kombinasi gerak ...
    a. Lokomotor dan nonlokomotor
    b. Lokomotor dan manipulatif
    c. Manipulatif dan nonlokomotor
    d. Keseimbangan

  2. Gerak menendang bola termasuk ke dalam gerakan ...
    a. Lokomotor
    b. Nonlokomotor
    c. Manipulatif
    d. Kombinasi

  3. Gerakan menekuk badan untuk menghindar dari bola termasuk jenis gerak ...
    a. Lokomotor
    b. Nonlokomotor
    c. Manipulatif
    d. Keseimbangan

  4. Gerakan menangkap bola dilakukan dengan menggunakan ...
    a. Kepala
    b. Tangan
    c. Kaki
    d. Bahu

  5. Gerakan lokomotor dalam permainan invasif contohnya adalah ...
    a. Memutar leher
    b. Melempar bola
    c. Berlari menghindar
    d. Menahan bola

  6. Gerakan menendang bola ke gawang lawan disebut ...
    a. Menyundul
    b. Menangkap
    c. Menendang
    d. Menghindar

  7. Salah satu contoh permainan invasif adalah ...
    a. Senam irama
    b. Sepak bola mini
    c. Lompat tali
    d. Jalan cepat

  8. Gerakan berpindah tempat dilakukan dengan cara ...
    a. Duduk
    b. Diam
    c. Berlari
    d. Menekuk

  9. Dalam permainan tim, kerja sama dilakukan agar ...
    a. Permainan cepat selesai
    b. Dapat memenangkan permainan
    c. Semua pemain lelah
    d. Semua pemain istirahat

  10. Jika teman kesulitan menggiring bola, sikap kita sebaiknya ...
    a. Membiarkannya
    b. Mengejeknya
    c. Membantunya
    d. Mengambil alih paksa


B. Isian Singkat

  1. Gerakan berpindah tempat disebut gerakan ...

  2. Melempar dan menangkap bola termasuk gerak ...

  3. Gerakan memutar dan membungkuk adalah contoh gerak ...

  4. Dalam permainan tim, kita harus bermain dengan ...

  5. Menendang bola menggunakan bagian tubuh yaitu ...


C. Uraian

  1. Jelaskan apa yang kamu lakukan jika ingin menghindari lemparan bola dari lawan!

  2. Apa manfaat bekerja sama dalam permainan invasif?

  3. Sebutkan 2 contoh gerak manipulatif yang kamu lakukan saat bermain!

  4. Apa yang terjadi jika kamu tidak bisa berlari dengan cepat dalam permainan tim?

  5. Mengapa penting menjaga keselamatan saat bermain di lapangan?


Kunci Jawaban

Pilihan Ganda:

  1. b

  2. c

  3. b

  4. b

  5. c

  6. c

  7. b

  8. c

  9. b

  10. c

Isian:

  1. Lokomotor

  2. Manipulatif

  3. Nonlokomotor

  4. Kerja sama

  5. Kaki

Uraian:

  1. Membungkuk, menekuk, atau memutar badan ke arah lain.

  2. Agar permainan berjalan lancar dan peluang menang lebih besar.

  3. Melempar bola, menangkap bola.

  4. Akan tertinggal dan sulit membantu tim.

  5. Untuk mencegah cedera dan permainan tetap aman.



Kesimpulan Pembelajaran Praktik โ€“ Kelas 5
Materi: Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif melalui Permainan Bola Basket (Permainan Invasif)
Tanggal: 30 Juli 2025

Pada pembelajaran praktik di lapangan, siswa kelas 5 mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor seperti berlari dan melompat, nonlokomotor seperti menekuk dan memutar tubuh saat bertahan, serta manipulatif seperti melempar, menangkap, dan menggiring bola dalam konteks permainan bola basket. Kegiatan dilakukan melalui latihan dasar dan permainan kelompok sederhana.

Berdasarkan hasil observasi selama praktik, sebanyak 83% siswa telah memahami dan mampu mempraktikkan gerakan dengan baik, ditunjukkan melalui kelincahan dalam bergerak, kemampuan menggiring bola sambil berpindah tempat, serta kerja sama dalam permainan tim. Sementara itu, 17% siswa masih mengalami kesulitan, terutama dalam mengoordinasikan gerak saat menggiring dan melempar bola secara akurat, sehingga memerlukan latihan tambahan dan pembimbingan intensif.



0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda