Materi Ajar Kelas 2 dan 5
Hari / tanggal : Rabu 01 Oktober 2025
Kelas : 2a
Materi : Gerak Dasar Manipulatif
π Materi PJOK Kelas 2 β Gerak Dasar Manipulatif
Capaian Pembelajaran (CP)
Peserta didik mampu memahami konsep gerak dasar manipulatif, menyebutkan contoh, serta menunjukkan sikap disiplin, percaya diri, dan kerja sama dalam pembelajaran PJOK.
Tujuan Pembelajaran (TP)
Siswa dapat menjelaskan pengertian gerak dasar manipulatif.
Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam gerak manipulatif (melempar, menangkap, menendang, memukul, menggiring).
Siswa dapat menjelaskan manfaat gerak manipulatif bagi tubuh.
Siswa dapat memberikan contoh penerapan gerak manipulatif dalam kehidupan sehari-hari.
Metode Pembelajaran
Problem Based Learning (PBL)
Karena pembelajaran teori di dalam kelas lebih efektif menggunakan masalah sehari-hari. Misalnya: βBagaimana cara melempar bola supaya tidak meleset dari sasaran?β β siswa diajak berpikir, berdiskusi, lalu menyimpulkan teori gerak manipulatif.
Alat yang Digunakan
Gambar ilustrasi gerakan manipulatif
Bola kecil (sebagai contoh saat dijelaskan)
Kertas dan pensil untuk mencatat
π Materi Teori: Gerak Dasar Manipulatif
1. Pengertian
Gerak dasar manipulatif adalah gerakan yang menggunakan benda di luar tubuh untuk dikendalikan, seperti bola, raket, atau tongkat.
2. Contoh Gerak Manipulatif
Melempar bola: ke depan, ke atas, ke teman.
Menangkap bola: dengan dua tangan, satu tangan, bola lambung.
Menendang bola: ke sasaran, ke gawang, atau ke arah teman.
Memukul bola: dengan raket, tongkat, atau tangan.
Menggiring bola: dengan kaki (sepak bola) atau tangan (bola basket).
3. Manfaat Gerak Manipulatif
Melatih koordinasi mataβtangan dan mataβkaki.
Mengembangkan ketepatan dan kekuatan.
Menumbuhkan rasa percaya diri.
Membiasakan kerja sama.
Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.
4. Prinsip Gerakan
Fokus pada benda yang digunakan.
Mengatur kekuatan sesuai kebutuhan.
Menjaga keseimbangan tubuh saat melakukan gerakan.
π Soal Latihan
A. Pilihan Ganda (10 soal)
Gerak dasar manipulatif adalah gerakan yang menggunakan β¦
a. Tubuh sendiri
b. Benda luar tubuh β
c. Lingkungan sekitar
d. TemanContoh gerakan melempar adalah β¦
a. Berjalan
b. Menendang
c. Melempar bola β
d. MelompatMenangkap bola sebaiknya dilakukan dengan β¦
a. Mata tertutup
b. Fokus pada arah bola β
c. Membelakangi bola
d. Tanpa konsentrasiGerakan menendang banyak digunakan dalam permainan β¦
a. Basket
b. Sepak bola β
c. Voli
d. BadmintonGerakan menggiring bola dengan tangan disebut β¦
a. Dribbling β
b. Passing
c. Shooting
d. HeadingMemukul bola dengan raket termasuk contoh gerakan β¦
a. Lokomotor
b. Manipulatif β
c. Non-lokomotor
d. BeriramaManfaat melakukan gerakan manipulatif adalah β¦
a. Menambah rasa malas
b. Melatih koordinasi β
c. Membuat cepat lelah
d. Mengurangi keterampilanJika bola dilempar terlalu keras, maka bola akan β¦
a. Tidak bergerak
b. Sulit ditangkap β
c. Mudah masuk sasaran
d. Berputar-putarSaat menangkap bola, posisi tangan sebaiknya β¦
a. Kaku
b. Mengikuti arah bola β
c. Menutup rapat
d. Diletakkan di samping badanContoh gerakan manipulatif dalam kehidupan sehari-hari adalah β¦
a. Menyapu lantai β
b. Duduk diam
c. Tidur siang
d. Membaca buku
B. Isian Singkat (5 soal)
Gerak manipulatif adalah gerakan yang menggunakan β¦
Contoh gerakan manipulatif dengan kaki adalah β¦
Menangkap bola harus dilakukan dengan mata β¦
Menggiring bola dengan kaki banyak digunakan pada permainan β¦
Tujuan melakukan gerak manipulatif adalah untuk melatih β¦
C. Essay (5 soal)
Jelaskan pengertian gerak dasar manipulatif dengan kata-katamu sendiri!
Sebutkan 3 contoh gerakan manipulatif menggunakan bola!
Apa manfaat gerakan manipulatif bagi kesehatan tubuh?
Mengapa kita harus berkonsentrasi saat melempar dan menangkap bola?
Bagaimana cara menjaga kerja sama dengan teman saat melakukan latihan manipulatif di kelas?
π Kunci Jawaban
Pilihan Ganda
b
c
b
b
a
b
b
b
b
a
Isian Singkat
Benda di luar tubuh
Menendang bola
Terbuka/melihat ke arah bola
Sepak bola
Koordinasi, ketepatan, dan kebugaran
Essay (jawaban singkat ideal)
Gerak manipulatif adalah gerakan yang menggunakan benda di luar tubuh untuk dikendalikan.
Melempar bola, menangkap bola, menendang bola.
Melatih koordinasi, meningkatkan kekuatan, menjaga kesehatan.
Agar gerakan tepat sasaran dan bola tidak meleset.
Dengan saling memberi kesempatan, mendengarkan instruksi, dan bekerja sama saat latihan.
Kesimpulan Pembelajaran Pertemuan Pertama β Kelas 2
Tanggal: 17 September 2025
Pada pertemuan pertama yang membahas teori mengenai gerak dasar manipulatif, siswa kelas 2 telah mempelajari pengertian gerak manipulatif serta contoh-contohnya, seperti melempar, menangkap, menendang, memukul, dan menggiring bola. Siswa juga dikenalkan dengan manfaat gerak manipulatif, yaitu melatih koordinasi, ketepatan, keseimbangan, dan kerja sama.
Berdasarkan hasil pembelajaran, sebesar 76% siswa sudah memahami materi dengan baik, ditandai dengan kemampuan mereka menyebutkan contoh gerakan manipulatif dan menjelaskan manfaatnya secara sederhana. Sementara itu, 24% siswa belum sepenuhnya memahami, terutama karena masih kesulitan membedakan antara gerakan lokomotor dan manipulatif, serta kurang fokus saat penjelasan berlangsung.
Hari / tanggal : Rabu 01 Oktober 2025
Kelas : 5a
Materi : Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, manipulatif melalui Aktivitas Permainan Lapangan
π Materi PJOK Kelas 5 β Praktik
Capaian Pembelajaran (CP)
Peserta didik mampu mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif melalui berbagai aktivitas permainan lapangan secara disiplin, percaya diri, serta bekerja sama dengan teman.
Tujuan Pembelajaran (TP)
Siswa dapat melakukan gerak dasar lokomotor (berjalan, berlari, melompat) dalam permainan lapangan.
Siswa dapat melakukan gerak dasar nonlokomotor (membungkuk, menekuk, memutar tubuh) saat permainan berlangsung.
Siswa dapat melakukan gerak dasar manipulatif (melempar, menangkap, menendang) dengan bola dalam permainan.
Siswa dapat bekerja sama dalam kelompok saat permainan lapangan.
Siswa menunjukkan sikap disiplin dan sportivitas selama kegiatan berlangsung.
Metode Pembelajaran
PJBL (Project Based Learning) β karena pembelajaran berupa praktik dalam bentuk proyek permainan lapangan yang melibatkan kerja sama tim.
Alat yang Digunakan
Bola besar (sepak bola, voli, atau bola plastik besar)
Bola kecil (bola tenis/bola kasti)
Peluit
Cone/tanda lapangan sederhana
Rompi atau pita pembeda kelompok
π Materi Praktik
Gerak Dasar Lokomotor dalam Permainan Lapangan
Berlari mengejar bola.
Melompat menghindari lawan.
Berjalan cepat untuk menggiring bola ke sasaran.
Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Permainan Lapangan
Membungkuk mengambil bola dari lantai.
Memutar badan menghindari sentuhan lawan.
Meregangkan tangan untuk menangkap bola.
Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Lapangan
Melempar bola ke teman.
Menangkap bola yang dilempar.
Menendang bola ke gawang atau sasaran.
Menggiring bola dengan kaki atau tangan.
Contoh Aktivitas Permainan Lapangan
Permainan Lempar Tangkap Beregu: siswa melempar bola pada teman satu tim sambil bergerak menghindar dari lawan.
Permainan Sepak Bola Mini: siswa melatih menendang, menggiring, dan menangkap bola dalam permainan sederhana.
Permainan Estafet Bola: siswa menggiring bola dengan kaki lalu menyerahkan ke teman satu tim secara bergantian.
π Soal Latihan
A. Pilihan Ganda (10 soal)
Gerakan berlari mengejar bola termasuk gerak dasar β¦
a. Nonlokomotor
b. Manipulatif
c. Lokomotor β
d. KombinasiMembungkuk untuk mengambil bola dari lantai adalah contoh gerakan β¦
a. Lokomotor
b. Manipulatif
c. Nonlokomotor β
d. KeseimbanganMelempar bola ke teman satu tim termasuk gerakan β¦
a. Lokomotor
b. Manipulatif β
c. Nonlokomotor
d. BeriramaGerakan menggiring bola dengan kaki banyak digunakan dalam permainan β¦
a. Voli
b. Sepak bola β
c. Basket
d. KastiSaat menangkap bola, posisi tangan sebaiknya β¦
a. Mengikuti arah bola β
b. Diletakkan di samping badan
c. Menutup rapat
d. KakuGerakan menghindar dari lawan dengan memutar badan termasuk β¦
a. Lokomotor
b. Manipulatif
c. Nonlokomotor β
d. KombinasiPermainan estafet bola melatih gerakan β¦
a. Tidur
b. Duduk
c. Lokomotor dan manipulatif β
d. NonlokomotorManfaat utama permainan lapangan adalah β¦
a. Membuat tubuh cepat lelah
b. Melatih kerja sama β
c. Mengurangi keterampilan
d. Membuat malas bergerakGerakan menendang bola ke gawang adalah contoh β¦
a. Manipulatif β
b. Lokomotor
c. Nonlokomotor
d. KombinasiSaat bermain di lapangan, sikap yang harus ditunjukkan adalah β¦
a. Egois
b. Sportif β
c. Malas
d. Menyerah
B. Isian Singkat (5 soal)
Gerak dasar lokomotor adalah gerakan yang berpindah β¦
Membungkuk dan memutar tubuh termasuk contoh gerak β¦
Menendang bola adalah salah satu bentuk gerakan β¦
Permainan yang banyak menggunakan lemparβtangkap adalah β¦
Saat bermain, kita harus menjaga sikap β¦
C. Essay (5 soal)
Jelaskan pengertian gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif!
Berikan 3 contoh aktivitas permainan lapangan yang melibatkan gerak dasar lokomotor!
Mengapa kerja sama penting dalam permainan lapangan?
Bagaimana cara menjaga sportivitas saat bermain bola di lapangan?
Sebutkan manfaat melakukan aktivitas permainan lapangan bagi kesehatan tubuh!
π Kunci Jawaban
Pilihan Ganda
c
c
b
b
a
c
c
b
a
b
Isian Singkat
Tempat/posisi (bergerak dari satu tempat ke tempat lain).
Nonlokomotor.
Manipulatif.
Bola tangan/kasti.
Sportivitas.
Essay (jawaban singkat ideal)
Lokomotor = gerakan berpindah tempat; Nonlokomotor = gerakan di tempat tanpa berpindah; Manipulatif = gerakan mengendalikan benda.
Berlari mengejar bola, melompat menghindari lawan, berjalan cepat menggiring bola.
Karena permainan dilakukan berkelompok, kerja sama membuat tim lebih kompak.
Dengan menaati aturan, tidak curang, dan menghargai lawan.
Membuat tubuh sehat, melatih otot, meningkatkan koordinasi, dan menjaga kebugaran.
Kesimpulan Pembelajaran Pertemuan Pertama β Kelas 5
Tanggal: 16 September 2025
Pada pertemuan pertama yang berfokus pada praktik aktivitas pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif melalui permainan lapangan, siswa kelas 5 telah melakukan berbagai gerakan seperti berlari mengejar bola, melompat menghindari lawan, membungkuk mengambil bola, memutar badan, melempar, menangkap, serta menendang bola ke sasaran. Aktivitas ini dilaksanakan melalui permainan beregu sederhana yang melibatkan kerja sama dan sportivitas.
Melalui kegiatan praktik di lapangan, sebesar 83% siswa mampu melakukan gerakan dengan baik, ditandai dengan keterampilan mereka dalam memadukan gerakan lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif sesuai instruksi. Sementara itu, 17% siswa masih belum sepenuhnya terampil, terutama karena kurang fokus saat mengikuti arahan dan kesulitan menjaga koordinasi gerakan saat bermain dalam kelompok, sehingga perlu diberikan latihan tambahan secara bertahap.
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda