Rabu, 06 Agustus 2025

Materi ajar kelas 1 dan 2

  Hari / tanggal : Kamis 7 agustus 2025

Kelas :   1a

Materi : Gerak Dasar Lokomotor



KELAS: 1 SD

MATERI: Gerak Dasar Lokomotor (Praktik) – Pertemuan 2

ELEMEN: Aktivitas Gerak

Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan gerak dasar lokomotor seperti berjalan, berlari, dan meloncat secara tepat dan percaya diri dalam berbagai aktivitas.

Tujuan Pembelajaran (TP)

Peserta didik dapat mempraktikkan gerak berjalan, berlari, dan meloncat melalui permainan sederhana secara mandiri dan berkelompok.


Materi Inti Praktik:

  • Jalan cepat dan lambat mengelilingi lapangan

  • Lari pendek dan zig-zag melewati rintangan

  • Lompat ke depan dengan satu kaki dan dua kaki

  • Bermain estafet sederhana dengan gerakan lari


Sarana dan Prasarana:

  • Lapangan atau halaman sekolah

  • Bendera kecil/peluit

  • Cone kecil atau botol plastik (rintangan)

  • Tali plastik/lompat

  • Bola kecil (untuk estafet)


Soal Evaluasi

A. Pilihan Ganda (Pilih jawaban yang paling benar!)

  1. Gerakan kaki maju satu langkah disebut ...
    a. Melompat
    b. Berjalan
    c. Menendang
    d. Mendorong

  2. Gerakan berlari lebih cepat daripada ...
    a. Berjalan
    b. Melompat
    c. Menendang
    d. Duduk

  3. Meloncat dilakukan dengan ...
    a. Satu tangan
    b. Dua tangan
    c. Satu kaki atau dua kaki
    d. Punggung

  4. Berlari dengan zig-zag bisa melatih ...
    a. Keseimbangan
    b. Membaca
    c. Menulis
    d. Duduk diam

  5. Permainan estafet menggunakan gerakan ...
    a. Melukis
    b. Menari
    c. Berlari dan menyerahkan benda
    d. Menyanyi

  6. Gerakan melompat biasanya dilakukan ke ...
    a. Belakang
    b. Depan
    c. Atas papan
    d. Kiri saja

  7. Jalan cepat dilakukan dengan ...
    a. Diam di tempat
    b. Satu kaki loncat
    c. Kedua kaki bergantian
    d. Menarik tali

  8. Saat berlari, tubuh condong ke arah ...
    a. Kiri
    b. Belakang
    c. Depan
    d. Atas

  9. Melompat dengan dua kaki bersama-sama disebut ...
    a. Meloncat
    b. Melayang
    c. Berguling
    d. Memutar

  10. Dalam permainan, gerakan lari membantu kita untuk ...
    a. Tidur
    b. Bergerak cepat
    c. Membaca
    d. Menggambar


B. Isian Singkat

  1. Gerakan berpindah tempat dengan kaki secara bergantian disebut _______.

  2. Berlari dilakukan dengan gerakan kaki yang lebih _______ dari berjalan.

  3. Melompat dapat dilakukan dengan _______ kaki atau dua kaki.

  4. Gerakan berjalan melatih otot _______.

  5. Kita bisa bermain estafet dengan gerakan _______ cepat dan bergantian.


C. Uraian Singkat

  1. Sebutkan tiga contoh gerakan lokomotor yang kamu pelajari hari ini!

  2. Apa manfaat berlari bagi tubuh kita?

  3. Bagaimana posisi tubuh yang baik saat berlari?

  4. Apa perbedaan antara berjalan dan melompat?

  5. Ceritakan kegiatan yang paling kamu sukai saat praktik hari ini dan mengapa!


Kunci Jawaban

Pilihan Ganda:

  1. b

  2. a

  3. c

  4. a

  5. c

  6. b

  7. c

  8. c

  9. a

  10. b

Isian Singkat:

  1. Berjalan

  2. Cepat

  3. Satu

  4. Kaki

  5. Berlari

Uraian Singkat (Contoh Jawaban):

  1. Berjalan, berlari, dan melompat.

  2. Berlari membuat tubuh lebih sehat dan kuat.

  3. Tubuh sedikit condong ke depan dan tangan ikut bergerak.

  4. Berjalan adalah langkah biasa, melompat berpindah dengan kaki melayang.

  5. Saya suka bermain estafet karena menyenangkan dan bisa bergerak cepat.



Kesimpulan Pembelajaran Praktik – Kelas 1
Materi: Gerak Dasar Lokomotor
Tanggal: 31 Juli 2025

Pada pembelajaran praktik di lapangan, siswa kelas 1 mempraktikkan berbagai bentuk gerak dasar lokomotor seperti berjalan, berlari, melompat, dan meloncat melalui permainan dan lintasan gerak sederhana. Kegiatan ini bertujuan melatih kemampuan berpindah tempat dengan koordinasi yang sesuai, serta menumbuhkan keberanian dan kepercayaan diri dalam bergerak.

Berdasarkan hasil observasi selama kegiatan, sebanyak 84% siswa telah memahami dan mampu mempraktikkan gerakan lokomotor dengan baik, ditandai dengan kelancaran dalam bergerak, antusiasme mengikuti instruksi, serta semangat berpartisipasi. Sementara itu, 16% siswa masih membutuhkan bimbingan, khususnya dalam menjaga keseimbangan saat meloncat dan melompat, serta dalam mengikuti urutan gerakan secara tepat, sehingga memerlukan latihan lanjutan dengan pendekatan yang lebih menyenangkan dan bertahap.

Kesimpulan Pembelajaran Praktik – Kelas 1
Materi: Gerak Dasar Lokomotor
Tanggal: Kamis, 7 Agustus 2025

Pada kegiatan praktik hari ini di lapangan, siswa kelas 1 kembali melakukan latihan gerak dasar lokomotor seperti berjalan, berlari, melompat, dan meloncat yang dikemas melalui berbagai permainan sederhana dan lintasan rintangan. Pembelajaran difokuskan pada pengembangan kemampuan berpindah tempat secara lincah, sambil melatih keseimbangan tubuh dan keberanian anak dalam berekspresi melalui gerakan. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa 87% siswa mampu mengikuti gerakan dengan cukup baik, terlihat dari keberanian mereka dalam mencoba, kemampuan bergerak secara berurutan, serta respon yang cepat terhadap instruksi guru. Sedangkan 13% siswa lainnya masih memerlukan pendampingan, terutama saat melakukan lompatan dengan keseimbangan yang stabil dan berpindah tempat secara tepat, sehingga akan diberikan latihan tambahan dengan pendekatan bermain yang lebih menarik dan bertahap.


Hari / tanggal : Kamis 7 agustus 2025

Kelas :   2a

Materi : Gerak Dasar Lokomotor




KELAS: 2 SD

MATERI: Gerak Dasar Lokomotor (Praktik) – Pertemuan 2

ELEMEN: Aktivitas Gerak

Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan keterampilan dalam melakukan gerak dasar lokomotor (berjalan, berlari, melompat, meloncat) melalui permainan sederhana atau tradisional dengan penuh percaya diri dan bertanggung jawab.

Tujuan Pembelajaran (TP)

Peserta didik dapat mempraktikkan berbagai bentuk gerak dasar lokomotor (berjalan, berlari, melompat, meloncat) dalam aktivitas permainan sederhana secara mandiri dan berkelompok dengan benar dan menyenangkan.


Materi Inti Ringkas (Praktik)

  • Berjalan zig-zag melewati rintangan.

  • Berlari cepat sambil membawa benda ringan.

  • Melompat dengan satu kaki (hop) lalu dua kaki (jump).

  • Meloncat dari dalam lingkaran ke luar (menggunakan lingkaran tali).

  • Bermain kejar-kejaran sebagai penguatan gerak lokomotor.


Sarana yang Digunakan

  • Kerucut plastik / botol bekas untuk rintangan zig-zag

  • Benda ringan (bola kecil, bendera kain)

  • Tali plastik / pita untuk tanda lintasan

  • Lingkaran tali / hoop

  • Peluit

  • Lapangan atau halaman sekolah


Soal Evaluasi

A. Pilihan Ganda (10 soal)

  1. Gerakan berjalan dilakukan dengan...
    a. melompat-lompat
    b. satu kaki
    c. kedua kaki bergantian
    d. duduk

  2. Saat berlari, tubuh kita condong ke...
    a. depan
    b. belakang
    c. samping
    d. atas

  3. Gerakan melompat dilakukan dengan...
    a. satu kaki ke depan
    b. dua kaki bersama-sama
    c. memutar tubuh
    d. berdiri diam

  4. Permainan kejar-kejaran termasuk gerakan...
    a. duduk
    b. lokomotor
    c. nonlokomotor
    d. manipulatif

  5. Gerakan meloncat dilakukan dari...
    a. tempat tinggi ke rendah
    b. duduk ke berdiri
    c. kaki ke tangan
    d. kepala ke kaki

  6. Gerak lokomotor digunakan saat...
    a. berpindah tempat
    b. diam di tempat
    c. berdiri saja
    d. duduk di kursi

  7. Gerakan berlari bisa dilakukan dalam permainan...
    a. benteng
    b. catur
    c. bola basket
    d. gobak sodor

  8. Saat berjalan, posisi kaki yang bergerak harus...
    a. bersamaan
    b. bergantian
    c. tidak bergerak
    d. melompat

  9. Saat melompat, tangan sebaiknya...
    a. di saku
    b. diam
    c. di ayunkan
    d. menutup mata

  10. Gerak dasar lokomotor terdiri dari berjalan, berlari, melompat dan...
    a. membungkuk
    b. meloncat
    c. menangkap
    d. mengayun


B. Uraian (5 soal)

  1. Sebutkan tiga contoh gerakan lokomotor yang kamu praktikkan hari ini!

  2. Mengapa kita harus memanaskan tubuh sebelum bergerak?

  3. Bagaimana posisi badan saat melakukan lari cepat?

  4. Jelaskan perbedaan antara melompat dan meloncat!

  5. Apa manfaat dari bermain kejar-kejaran bagi tubuhmu?


C. Isian Singkat (5 soal)

  1. Gerakan berpindah tempat disebut gerakan ___________.

  2. Saat berlari, kita menggunakan ___________ kaki.

  3. Permainan yang menggunakan gerak lokomotor adalah ___________.

  4. Meloncat dilakukan dari ___________ ke tempat lain.

  5. Berjalan dilakukan secara ___________ antara kaki kiri dan kanan.


Kunci Jawaban

A. Pilihan Ganda

  1. c

  2. a

  3. b

  4. b

  5. a

  6. a

  7. d

  8. b

  9. c

  10. b

B. Uraian

  1. Berjalan, berlari, melompat

  2. Untuk menghindari cedera dan mempersiapkan tubuh

  3. Badan condong ke depan, tangan diayun, kaki bergerak cepat

  4. Melompat: dua kaki bersama; Meloncat: dari tempat tinggi ke rendah

  5. Melatih kecepatan, kelincahan, dan kekuatan otot

C. Isian

  1. lokomotor

  2. dua

  3. gobak sodor

  4. tempat tinggi

  5. bergantian



Kesimpulan Pembelajaran Praktik – Kelas 2
Materi: Gerak Dasar Lokomotor
Tanggal: 31 Juli 2025

Pada pembelajaran praktik di lapangan, siswa kelas 2 mempraktikkan berbagai bentuk gerak dasar lokomotor seperti berjalan, berlari, melompat, meloncat, dan merangkak melalui kegiatan permainan dan latihan lintasan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih keterampilan dasar berpindah tempat secara terkoordinasi, seimbang, dan menyenangkan.

Berdasarkan hasil pengamatan selama kegiatan, sebanyak 80% siswa telah memahami dan mampu mempraktikkan gerakan lokomotor dengan baik, ditunjukkan melalui kelincahan saat bergerak, mengikuti arahan guru, serta antusiasme dalam kegiatan. Sementara itu, 20% siswa masih mengalami kesulitan, khususnya dalam menjaga ritme dan keseimbangan saat melompat dan meloncat, sehingga perlu diberikan latihan tambahan secara bertahap dan pendampingan langsung.



Kesimpulan Pembelajaran Praktik – Kelas 2
Materi: Gerak Dasar Lokomotor
Tanggal: Kamis, 7 Agustus 2025

Dalam kegiatan praktik hari ini, siswa kelas 2 kembali berlatih berbagai jenis gerakan dasar lokomotor seperti berjalan, berlari, melompat, meloncat, dan merangkak. Aktivitas dikemas dalam bentuk permainan lintasan dan gerak berpasangan agar siswa dapat bergerak dengan semangat dan percaya diri. Hasil observasi menunjukkan bahwa 83% siswa telah menunjukkan pemahaman yang baik, mampu melakukan gerakan secara luwes, mengikuti arahan dengan baik, serta aktif dalam setiap sesi kegiatan. Namun, masih terdapat 17% siswa yang perlu dibimbing lebih lanjut, terutama dalam menjaga koordinasi tubuh saat melakukan gerakan meloncat dan merangkak secara berurutan. Pendekatan belajar sambil bermain tetap akan digunakan untuk membantu mereka berkembang secara bertahap.


0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda