Materi Ajar Kelas 2 dan 5
Hari / tanggal : Rabu 6 agustus 2025
Kelas : 2a
Materi : : Gerak Dasar Lokomotor
Kelas: 2 SD
Pertemuan: Kedua (Teori)
Mata Pelajaran: PJOK
Topik: Gerak Dasar Lokomotor
โ Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan bentuk gerak dasar lokomotor melalui berbagai aktivitas pembelajaran yang menyenangkan sesuai tahap perkembangan usia.
๐ฏ Tujuan Pembelajaran (TP):
Peserta didik dapat mengenali dan menyebutkan berbagai bentuk variasi gerak dasar lokomotor seperti berjalan, berlari, melompat, dan meloncat dengan benar melalui kegiatan diskusi, pengamatan, dan tanya jawab.
๐ Materi Teori (Ringkas):
Berjalan: Gerakan kaki bergantian ke depan, satu kaki selalu menyentuh tanah.
Berlari: Gerakan kaki cepat, tidak selalu ada kaki yang menyentuh tanah.
Melompat: Mengangkat tubuh ke atas atau ke depan menggunakan satu kaki dan mendarat dengan dua kaki.
Meloncat: Mengangkat tubuh dengan dua kaki dan mendarat dengan dua kaki juga.
Manfaat Gerak Lokomotor: Menjaga kebugaran tubuh, memperkuat otot kaki, dan meningkatkan keseimbangan.
๐งบ Sarana yang Digunakan:
Gambar ilustrasi gerakan berjalan, berlari, melompat, dan meloncat
Lembar kerja peserta didik
Video pendek gerakan dasar lokomotor (opsional)
Papan tulis atau LCD projector
๐ Soal Evaluasi
A. Pilihan Ganda (Pilihlah jawaban yang benar!)
Gerakan kaki yang dilakukan secara bergantian disebut ...
a. Melompat
b. Berjalan
c. Meloncat
d. MerangkakSaat berlari, posisi kaki ...
a. Selalu menempel di tanah
b. Bergantian menyentuh tanah
c. Melayang sebentar
d. Diam di tempatMeloncat dilakukan dengan ...
a. Satu kaki mendarat satu kaki
b. Dua kaki ke dua kaki
c. Satu kaki ke dua kaki
d. Dua tangan ke dua kakiManfaat berjalan setiap hari adalah ...
a. Membuat kita ngantuk
b. Membuat tubuh menjadi lemah
c. Membuat badan lebih kuat
d. Membuat kita malasGerakan melompat bisa dilakukan dengan ...
a. Dua tangan
b. Duduk diam
c. Satu kaki
d. Satu tanganContoh gerakan lokomotor adalah ...
a. Memukul bola
b. Menendang bola
c. Berlari keliling lapangan
d. Menangkap bolaGerakan yang dilakukan dengan berpindah tempat disebut ...
a. Lokomotor
b. Nonlokomotor
c. Manipulatif
d. StatikKetika berlari, kita harus ...
a. Melompat tinggi
b. Diam di tempat
c. Menunduk
d. Menjaga keseimbanganGerakan meloncat bermanfaat untuk ...
a. Menguatkan otot tangan
b. Menguatkan otot kaki
c. Membuat kita duduk
d. Membuat kita jalan pelanGerak dasar berjalan dapat dilakukan ...
a. Saat duduk
b. Saat tidur
c. Saat bergerak maju
d. Saat membaca
B. Soal Uraian
Sebutkan 3 contoh gerak dasar lokomotor!
Apa perbedaan antara berjalan dan berlari?
Mengapa kita harus sering melakukan gerak lokomotor?
Apa manfaat dari melompat?
Jelaskan cara melakukan gerakan meloncat yang benar!
C. Soal Isian
Gerakan berjalan dilakukan dengan ... kaki.
Gerak lokomotor adalah gerakan yang menyebabkan tubuh ... tempat.
Gerakan berlari lebih ... dibandingkan berjalan.
Meloncat dilakukan dengan ... kaki dan mendarat dengan ... kaki.
Berjalan, berlari, melompat, dan meloncat termasuk gerak dasar ...
โ Kunci Jawaban
Pilihan Ganda:
b
c
b
c
c
c
a
d
b
c
Uraian:
Berjalan, berlari, melompat
Berjalan: kaki selalu menyentuh tanah; Berlari: ada saat kaki tidak menyentuh tanah
Agar tubuh sehat, kuat, dan aktif bergerak
Menguatkan otot kaki dan meningkatkan keseimbangan
Lompat dengan dua kaki dan mendarat dengan dua kaki pula
Isian:
dua
berpindah
cepat
dua, dua
lokomotor
Kesimpulan Pembelajaran Teori โ Kelas 2
Materi: Gerak Dasar Lokomotor
Tanggal: 30 Juli 2025
Pada pembelajaran teori di dalam kelas mengenai Gerak Dasar Lokomotor, siswa kelas 2 dikenalkan dengan berbagai jenis gerakan berpindah tempat seperti berjalan, berlari, melompat, dan meloncat. Materi disampaikan melalui penjelasan guru, gambar ilustratif, serta tanya jawab ringan agar siswa lebih mudah memahami konsep gerakan.
Dari hasil kegiatan diskusi dan evaluasi lisan, sebanyak 78% siswa telah memahami materi dengan baik, ditunjukkan dengan kemampuan mereka dalam menyebutkan jenis-jenis gerakan lokomotor serta memberikan contoh penggunaannya dalam aktivitas sehari-hari. Sementara itu, 22% siswa masih belum memahami sepenuhnya, terutama dalam membedakan antara gerakan melompat dan meloncat, sehingga memerlukan penjelasan ulang dan bantuan visual tambahan dalam pembelajaran berikutnya.
Kesimpulan Pembelajaran Teori โ Kelas 2
Materi: Gerak Dasar Lokomotor
Tanggal: Rabu, 6 Agustus 2025
Pada pembelajaran teori hari ini, siswa kelas 2 kembali mempelajari jenis-jenis gerakan dasar lokomotor seperti berjalan, berlari, melompat, dan meloncat. Penyampaian materi dilakukan melalui cerita interaktif, media gambar, serta sesi tanya jawab sederhana untuk membantu siswa memahami konsep gerakan dengan cara yang menyenangkan. Berdasarkan hasil pengamatan dan evaluasi lisan, tercatat bahwa 81% siswa telah memahami materi dengan cukup baik, mampu menyebutkan dan membedakan gerakan-gerakan lokomotor, serta memberikan contoh penggunaannya dalam aktivitas sehari-hari. Namun, masih terdapat 19% siswa yang membutuhkan bantuan lebih lanjut, khususnya dalam memahami perbedaan antara gerakan melompat dan meloncat, sehingga akan diberikan penguatan visual dan praktik sederhana pada pertemuan selanjutnya.
Hari / tanggal : Rabu 6 agustus 2025
Kelas : 5a
Materi : : Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif melalui Aktivitas Permainan Invasif
MATERI PERTEMUAN KEDUA (PRAKTEK)
PJOK Kelas 5 SD โ Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif melalui Aktivitas Permainan Invasif
Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mampu memahami dan mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam aktivitas permainan invasif secara benar, percaya diri, dan bertanggung jawab.
Tujuan Pembelajaran (TP):
Peserta didik dapat:
Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor (berlari, melompat) dalam permainan invasif.
Mempraktikkan pola gerak dasar nonlokomotor (menekuk, memutar badan) dalam permainan invasif.
Mempraktikkan gerak manipulatif (melempar, menangkap, menendang) dalam permainan invasif secara benar.
Materi Inti:
Melakukan kombinasi gerak lokomotor dan manipulatif saat bermain lempar tangkap bola berpindah tempat.
Menekuk dan memutar badan untuk menghindar dari lemparan lawan.
Berlari sambil menggiring bola melewati lawan dan bekerja sama dalam satu tim.
Sarana dan Alat:
Bola plastik sedang
Peluit
Kerucut pembatas lapangan
Rompi pembeda tim
Lapangan terbuka
Soal Evaluasi
A. Pilihan Ganda (Pilih jawaban yang benar!)
Gerak berlari sambil membawa bola disebut kombinasi gerak ...
a. Lokomotor dan nonlokomotor
b. Lokomotor dan manipulatif
c. Manipulatif dan nonlokomotor
d. KeseimbanganGerak menendang bola termasuk ke dalam gerakan ...
a. Lokomotor
b. Nonlokomotor
c. Manipulatif
d. KombinasiGerakan menekuk badan untuk menghindar dari bola termasuk jenis gerak ...
a. Lokomotor
b. Nonlokomotor
c. Manipulatif
d. KeseimbanganGerakan menangkap bola dilakukan dengan menggunakan ...
a. Kepala
b. Tangan
c. Kaki
d. BahuGerakan lokomotor dalam permainan invasif contohnya adalah ...
a. Memutar leher
b. Melempar bola
c. Berlari menghindar
d. Menahan bolaGerakan menendang bola ke gawang lawan disebut ...
a. Menyundul
b. Menangkap
c. Menendang
d. MenghindarSalah satu contoh permainan invasif adalah ...
a. Senam irama
b. Sepak bola mini
c. Lompat tali
d. Jalan cepatGerakan berpindah tempat dilakukan dengan cara ...
a. Duduk
b. Diam
c. Berlari
d. MenekukDalam permainan tim, kerja sama dilakukan agar ...
a. Permainan cepat selesai
b. Dapat memenangkan permainan
c. Semua pemain lelah
d. Semua pemain istirahatJika teman kesulitan menggiring bola, sikap kita sebaiknya ...
a. Membiarkannya
b. Mengejeknya
c. Membantunya
d. Mengambil alih paksa
B. Isian Singkat
Gerakan berpindah tempat disebut gerakan ...
Melempar dan menangkap bola termasuk gerak ...
Gerakan memutar dan membungkuk adalah contoh gerak ...
Dalam permainan tim, kita harus bermain dengan ...
Menendang bola menggunakan bagian tubuh yaitu ...
C. Uraian
Jelaskan apa yang kamu lakukan jika ingin menghindari lemparan bola dari lawan!
Apa manfaat bekerja sama dalam permainan invasif?
Sebutkan 2 contoh gerak manipulatif yang kamu lakukan saat bermain!
Apa yang terjadi jika kamu tidak bisa berlari dengan cepat dalam permainan tim?
Mengapa penting menjaga keselamatan saat bermain di lapangan?
Kunci Jawaban
Pilihan Ganda:
b
c
b
b
c
c
b
c
b
c
Isian:
Lokomotor
Manipulatif
Nonlokomotor
Kerja sama
Kaki
Uraian:
Membungkuk, menekuk, atau memutar badan ke arah lain.
Agar permainan berjalan lancar dan peluang menang lebih besar.
Melempar bola, menangkap bola.
Akan tertinggal dan sulit membantu tim.
Untuk mencegah cedera dan permainan tetap aman.
Kesimpulan Pembelajaran Praktik โ Kelas 5
Materi: Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif melalui Permainan Bola Basket (Permainan Invasif)
Tanggal: 30 Juli 2025
Pada pembelajaran praktik di lapangan, siswa kelas 5 mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor seperti berlari dan melompat, nonlokomotor seperti menekuk dan memutar tubuh saat bertahan, serta manipulatif seperti melempar, menangkap, dan menggiring bola dalam konteks permainan bola basket. Kegiatan dilakukan melalui latihan dasar dan permainan kelompok sederhana.
Berdasarkan hasil observasi selama praktik, sebanyak 83% siswa telah memahami dan mampu mempraktikkan gerakan dengan baik, ditunjukkan melalui kelincahan dalam bergerak, kemampuan menggiring bola sambil berpindah tempat, serta kerja sama dalam permainan tim. Sementara itu, 17% siswa masih mengalami kesulitan, terutama dalam mengoordinasikan gerak saat menggiring dan melempar bola secara akurat, sehingga memerlukan latihan tambahan dan pembimbingan intensif.
Kesimpulan Pembelajaran Praktik โ Kelas 5
Materi: Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif melalui Permainan Bola Basket (Permainan Invasif)
Tanggal: Rabu, 6 Agustus 2025
Dalam pembelajaran praktik hari ini di lapangan, siswa kelas 5 melanjutkan penerapan pola gerak dasar lokomotor seperti berlari dan melompat, nonlokomotor seperti menekuk dan memutar tubuh saat bertahan, serta manipulatif seperti menggiring, melempar, dan menangkap bola dalam permainan bola basket. Kegiatan dilaksanakan melalui latihan teknik dasar dan permainan mini game yang menekankan kerja sama tim dan penguasaan gerak. Dari hasil pengamatan selama aktivitas berlangsung, sebanyak 87% siswa telah menunjukkan penguasaan gerakan dengan baik, terlihat dari kemampuan mereka dalam berpindah posisi sambil menggiring bola, melakukan passing yang tepat, serta berpartisipasi aktif dalam permainan. Adapun 13% siswa masih menghadapi tantangan, terutama dalam hal koordinasi gerak manipulatif dan kontrol bola saat bergerak, sehingga akan diberikan latihan tambahan secara bertahap dan dukungan langsung dari guru.
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda