Kisi-Kisi Kelas 2
Hari / tanggal : Senin 26 Mei 2025
Kelas : 2a
Materi : : 1. Aktivitas Gerak Berirama
2. Aktivitas Pengenalan Air
3. Aktivitas Kebugaran Jasmani yang Berkaitan dengan Kesehatan
4. Mengenal Bagian-Bagian Tubuh
Kisi-Kisi Materi PJOK Kelas 2 SD
Kurikulum Merdeka
1. Aktivitas Gerak Berirama
KI & KD
-
Elemen: Aktivitas Gerak Berirama
-
Capaian Pembelajaran: Mempraktikkan gerakan berirama sederhana yang mengikuti lagu atau musik secara gembira dan percaya diri.
Materi Rinci
-
Mengenal gerak dasar seperti tepuk tangan, langkah, ayunan tangan
-
Mengikuti irama lagu dengan gerakan sederhana
-
Melatih koordinasi gerak tangan dan kaki secara ritmis
-
Contoh aktivitas: tepuk tangan 2x, melangkah ke depan 3x, mengayun tangan kanan-kiri mengikuti musik
Manfaat
-
Melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh
-
Meningkatkan rasa percaya diri dan kreativitas
-
Membuat tubuh aktif dan sehat
Soal Pilihan Ganda
-
Gerak berirama adalah gerakan yang mengikuti...
A. Irama musik
B. Suara hewan
C. Suara kendaraan
D. Suara hening -
Saat melakukan gerak berirama, kita harus mengikuti...
A. Lagu atau musik
B. Suara petir
C. Suara hujan
D. Suara radio mati -
Contoh gerak berirama adalah...
A. Tepuk tangan sesuai lagu
B. Duduk diam
C. Tidur
D. Makan -
Gerakan ayunan tangan biasanya mengikuti...
A. Irama musik
B. Angin
C. Suara orang
D. Cahaya -
Gerak berirama bisa membuat tubuh...
A. Lemah
B. Sehat dan kuat
C. Lelah
D. Sakit -
Melangkah sesuai irama musik termasuk gerak...
A. Berirama
B. Diam
C. Berlari
D. Tidur -
Gerak berirama dilakukan dengan tujuan...
A. Senang dan sehat
B. Sedih
C. Malas
D. Bosan -
Tepuk tangan yang mengikuti lagu disebut...
A. Gerak berirama
B. Gerak diam
C. Gerak cepat
D. Gerak lambat -
Saat musik berhenti, kita harus...
A. Berhenti bergerak
B. Terus bergerak
C. Menangis
D. Tidur -
Gerak berirama bisa dilakukan bersama...
A. Teman-teman
B. Sendirian saja
C. Di kelas kosong
D. Di rumah tidur
2. Aktivitas Pengenalan Air
KI & KD
-
Elemen: Aktivitas Pengenalan Air
-
Capaian Pembelajaran: Mengenal sifat air dan melakukan aktivitas sederhana di air dengan aman dan menyenangkan.
Materi Rinci
-
Mengenal air sebagai benda cair, dingin, dan bisa mengalir
-
Bermain dan beraktivitas ringan di air seperti cipratan, mengapung dengan bantuan
-
Mengenal pentingnya keselamatan di sekitar air (tidak main dekat kolam tanpa pengawasan)
-
Latihan bernafas dan membiasakan diri dengan air
Manfaat
-
Membantu mengenal lingkungan air
-
Melatih keberanian dan keterampilan dasar berenang
-
Menumbuhkan rasa aman dan disiplin saat di air
Soal Pilihan Ganda
-
Air adalah benda yang...
A. Cair
B. Padat
C. Gas
D. Besi -
Kita harus hati-hati saat bermain di...
A. Kolam atau sungai
B. Tempat tidur
C. Ruang kelas
D. Dapur -
Saat di air, kita harus selalu...
A. Berlari
B. Diawasi orang tua atau guru
C. Tidur
D. Minum air -
Air bisa membuat tubuh kita...
A. Basah
B. Kering
C. Panas
D. Berat -
Saat bermain air, kita tidak boleh...
A. Berteriak
B. Main sendirian tanpa pengawasan
C. Berenang pelan
D. Mengapung dengan alat bantu -
Air dapat mengalir dari...
A. Tempat tinggi ke tempat rendah
B. Tempat rendah ke tempat tinggi
C. Tetap di satu tempat
D. Menjadi batu -
Saat pertama kali belajar berenang, kita perlu...
A. Berani dan percaya diri
B. Takut air
C. Diam saja
D. Menangis -
Saat air mengenai tubuh kita, tubuh akan terasa...
A. Dingin atau segar
B. Panas
C. Berat
D. Kering -
Kita bisa bermain air dengan...
A. Mencipratkan air
B. Tidur di kolam
C. Membakar air
D. Menulis di air -
Air penting untuk...
A. Minum dan menjaga kesehatan
B. Membuat tubuh kotor
C. Membuat tubuh lelah
D. Membuat tubuh sakit
3. Aktivitas Kebugaran Jasmani yang Berkaitan dengan Kesehatan
KI & KD
-
Elemen: Aktivitas Kebugaran Jasmani
-
Capaian Pembelajaran: Melakukan aktivitas fisik sederhana yang meningkatkan kebugaran dan menjaga kesehatan tubuh.
Materi Rinci
-
Melakukan gerakan pemanasan seperti stretching tangan dan kaki
-
Jalan cepat atau lari kecil di tempat
-
Lompat ringan dan gerakan sederhana lainnya
-
Pentingnya olahraga rutin untuk tubuh sehat
-
Istirahat cukup setelah beraktivitas
Manfaat
-
Membuat tubuh sehat dan kuat
-
Mencegah sakit dan kelelahan
-
Membantu perkembangan otot dan tulang
Soal Pilihan Ganda
-
Pemanasan dilakukan supaya...
A. Tubuh siap bergerak
B. Tubuh sakit
C. Tubuh lemas
D. Tubuh malas -
Jalan cepat adalah contoh aktivitas untuk...
A. Kebugaran jasmani
B. Tidur
C. Duduk
D. Menulis -
Lompat ringan membantu tubuh menjadi...
A. Kuat dan sehat
B. Lelah
C. Sakit
D. Lemah -
Olahraga rutin dapat membuat kita...
A. Mudah sakit
B. Sehat dan bugar
C. Lelah terus
D. Sakit kepala -
Setelah berolahraga, kita harus...
A. Istirahat cukup
B. Langsung tidur lama
C. Tidak makan
D. Menangis -
Stretching adalah gerakan...
A. Pemanasan sebelum olahraga
B. Tidur
C. Duduk diam
D. Lari -
Kebugaran jasmani penting untuk...
A. Menjaga kesehatan tubuh
B. Membuat malas
C. Membuat sakit
D. Membuat cepat lelah -
Lari kecil di tempat dapat...
A. Membuat tubuh kuat
B. Membuat tubuh lemas
C. Membuat sakit
D. Membuat malas -
Olahraga harus dilakukan secara...
A. Teratur
B. Jarang-jarang
C. Sekali-sekali
D. Tidak pernah -
Tubuh yang bugar akan membuat kita...
A. Mudah lelah
B. Semangat belajar dan bermain
C. Sering sakit
D. Cepat marah
4. Mengenal Bagian-Bagian Tubuh
KI & KD
-
Elemen: Pendidikan Kesehatan dan Pengetahuan Diri
-
Capaian Pembelajaran: Mengenal dan menyebutkan bagian-bagian tubuh utama serta fungsinya secara sederhana.
Materi Rinci
-
Mengenal kepala, tangan, kaki, mata, hidung, mulut, telinga, perut, dan punggung
-
Mengetahui fungsi sederhana bagian tubuh, misalnya tangan untuk memegang, kaki untuk berjalan
-
Pentingnya menjaga kebersihan setiap bagian tubuh
-
Mengenal bagian tubuh depan dan belakang
Manfaat
-
Mengetahui fungsi tubuh agar bisa merawatnya dengan baik
-
Menumbuhkan kesadaran menjaga kebersihan dan kesehatan diri
Soal Pilihan Ganda
-
Bagian tubuh yang kita gunakan untuk melihat adalah...
A. Tangan
B. Mata
C. Kaki
D. Telinga -
Bagian tubuh yang dipakai untuk berjalan adalah...
A. Tangan
B. Kaki
C. Kepala
D. Mulut -
Kita memakai tangan untuk...
A. Makan dan memegang benda
B. Melihat
C. Berlari
D. Tidur -
Bagian tubuh yang digunakan untuk mendengar adalah...
A. Mata
B. Hidung
C. Telinga
D. Mulut -
Kita memakai hidung untuk...
A. Mencium bau
B. Melihat
C. Memegang
D. Berjalan -
Bagian tubuh yang digunakan untuk berbicara adalah...
A. Mata
B. Mulut
C. Kaki
D. Telinga -
Menjaga kebersihan tangan sangat penting supaya...
A. Tidak sakit
B. Kotor
C. Bau
D. Lelah -
Bagian tubuh yang paling atas adalah...
A. Kaki
B. Kepala
C. Tangan
D. Perut -
Bagian tubuh yang harus kita jaga kebersihannya adalah...
A. Semua bagian tubuh
B. Hanya kaki
C. Hanya tangan
D. Hanya kepala -
Bagian tubuh yang ada di depan adalah...
A. Punggung
B. Perut
C. Kepala belakang
D. Tangan belakang
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda