Minggu, 25 Mei 2025

Kisi-Kisi Kelas 2

Hari / tanggal : Senin 26 Mei 2025

Kelas :   2a

Materi : 1.  Aktivitas Gerak Berirama 

                2. Aktivitas Pengenalan Air

                3. Aktivitas Kebugaran Jasmani yang Berkaitan dengan Kesehatan

                4. Mengenal Bagian-Bagian Tubuh




Kisi-Kisi Materi PJOK Kelas 2 SD

Kurikulum Merdeka


1. Aktivitas Gerak Berirama

KI & KD

  • Elemen: Aktivitas Gerak Berirama

  • Capaian Pembelajaran: Mempraktikkan gerakan berirama sederhana yang mengikuti lagu atau musik secara gembira dan percaya diri.

Materi Rinci

  • Mengenal gerak dasar seperti tepuk tangan, langkah, ayunan tangan

  • Mengikuti irama lagu dengan gerakan sederhana

  • Melatih koordinasi gerak tangan dan kaki secara ritmis

  • Contoh aktivitas: tepuk tangan 2x, melangkah ke depan 3x, mengayun tangan kanan-kiri mengikuti musik

Manfaat

  • Melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh

  • Meningkatkan rasa percaya diri dan kreativitas

  • Membuat tubuh aktif dan sehat

Soal Pilihan Ganda

  1. Gerak berirama adalah gerakan yang mengikuti...
    A. Irama musik 
    B. Suara hewan
    C. Suara kendaraan
    D. Suara hening

  2. Saat melakukan gerak berirama, kita harus mengikuti...
    A. Lagu atau musik 
    B. Suara petir
    C. Suara hujan
    D. Suara radio mati

  3. Contoh gerak berirama adalah...
    A. Tepuk tangan sesuai lagu 
    B. Duduk diam
    C. Tidur
    D. Makan

  4. Gerakan ayunan tangan biasanya mengikuti...
    A. Irama musik 
    B. Angin
    C. Suara orang
    D. Cahaya

  5. Gerak berirama bisa membuat tubuh...
    A. Lemah
    B. Sehat dan kuat 
    C. Lelah
    D. Sakit

  6. Melangkah sesuai irama musik termasuk gerak...
    A. Berirama 
    B. Diam
    C. Berlari
    D. Tidur

  7. Gerak berirama dilakukan dengan tujuan...
    A. Senang dan sehat 
    B. Sedih
    C. Malas
    D. Bosan

  8. Tepuk tangan yang mengikuti lagu disebut...
    A. Gerak berirama 
    B. Gerak diam
    C. Gerak cepat
    D. Gerak lambat

  9. Saat musik berhenti, kita harus...
    A. Berhenti bergerak 
    B. Terus bergerak
    C. Menangis
    D. Tidur

  10. Gerak berirama bisa dilakukan bersama...
    A. Teman-teman 
    B. Sendirian saja
    C. Di kelas kosong
    D. Di rumah tidur


2. Aktivitas Pengenalan Air

KI & KD

  • Elemen: Aktivitas Pengenalan Air

  • Capaian Pembelajaran: Mengenal sifat air dan melakukan aktivitas sederhana di air dengan aman dan menyenangkan.

Materi Rinci

  • Mengenal air sebagai benda cair, dingin, dan bisa mengalir

  • Bermain dan beraktivitas ringan di air seperti cipratan, mengapung dengan bantuan

  • Mengenal pentingnya keselamatan di sekitar air (tidak main dekat kolam tanpa pengawasan)

  • Latihan bernafas dan membiasakan diri dengan air

Manfaat

  • Membantu mengenal lingkungan air

  • Melatih keberanian dan keterampilan dasar berenang

  • Menumbuhkan rasa aman dan disiplin saat di air

Soal Pilihan Ganda

  1. Air adalah benda yang...
    A. Cair 
    B. Padat
    C. Gas
    D. Besi

  2. Kita harus hati-hati saat bermain di...
    A. Kolam atau sungai 
    B. Tempat tidur
    C. Ruang kelas
    D. Dapur

  3. Saat di air, kita harus selalu...
    A. Berlari
    B. Diawasi orang tua atau guru 
    C. Tidur
    D. Minum air

  4. Air bisa membuat tubuh kita...
    A. Basah 
    B. Kering
    C. Panas
    D. Berat

  5. Saat bermain air, kita tidak boleh...
    A. Berteriak
    B. Main sendirian tanpa pengawasan 
    C. Berenang pelan
    D. Mengapung dengan alat bantu

  6. Air dapat mengalir dari...
    A. Tempat tinggi ke tempat rendah 
    B. Tempat rendah ke tempat tinggi
    C. Tetap di satu tempat
    D. Menjadi batu

  7. Saat pertama kali belajar berenang, kita perlu...
    A. Berani dan percaya diri 
    B. Takut air
    C. Diam saja
    D. Menangis

  8. Saat air mengenai tubuh kita, tubuh akan terasa...
    A. Dingin atau segar 
    B. Panas
    C. Berat
    D. Kering

  9. Kita bisa bermain air dengan...
    A. Mencipratkan air 
    B. Tidur di kolam
    C. Membakar air
    D. Menulis di air

  10. Air penting untuk...
    A. Minum dan menjaga kesehatan 
    B. Membuat tubuh kotor
    C. Membuat tubuh lelah
    D. Membuat tubuh sakit


3. Aktivitas Kebugaran Jasmani yang Berkaitan dengan Kesehatan

KI & KD

  • Elemen: Aktivitas Kebugaran Jasmani

  • Capaian Pembelajaran: Melakukan aktivitas fisik sederhana yang meningkatkan kebugaran dan menjaga kesehatan tubuh.

Materi Rinci

  • Melakukan gerakan pemanasan seperti stretching tangan dan kaki

  • Jalan cepat atau lari kecil di tempat

  • Lompat ringan dan gerakan sederhana lainnya

  • Pentingnya olahraga rutin untuk tubuh sehat

  • Istirahat cukup setelah beraktivitas

Manfaat

  • Membuat tubuh sehat dan kuat

  • Mencegah sakit dan kelelahan

  • Membantu perkembangan otot dan tulang

Soal Pilihan Ganda

  1. Pemanasan dilakukan supaya...
    A. Tubuh siap bergerak 
    B. Tubuh sakit
    C. Tubuh lemas
    D. Tubuh malas

  2. Jalan cepat adalah contoh aktivitas untuk...
    A. Kebugaran jasmani 
    B. Tidur
    C. Duduk
    D. Menulis

  3. Lompat ringan membantu tubuh menjadi...
    A. Kuat dan sehat 
    B. Lelah
    C. Sakit
    D. Lemah

  4. Olahraga rutin dapat membuat kita...
    A. Mudah sakit
    B. Sehat dan bugar 
    C. Lelah terus
    D. Sakit kepala

  5. Setelah berolahraga, kita harus...
    A. Istirahat cukup 
    B. Langsung tidur lama
    C. Tidak makan
    D. Menangis

  6. Stretching adalah gerakan...
    A. Pemanasan sebelum olahraga 
    B. Tidur
    C. Duduk diam
    D. Lari

  7. Kebugaran jasmani penting untuk...
    A. Menjaga kesehatan tubuh 
    B. Membuat malas
    C. Membuat sakit
    D. Membuat cepat lelah

  8. Lari kecil di tempat dapat...
    A. Membuat tubuh kuat 
    B. Membuat tubuh lemas
    C. Membuat sakit
    D. Membuat malas

  9. Olahraga harus dilakukan secara...
    A. Teratur 
    B. Jarang-jarang
    C. Sekali-sekali
    D. Tidak pernah

  10. Tubuh yang bugar akan membuat kita...
    A. Mudah lelah
    B. Semangat belajar dan bermain 
    C. Sering sakit
    D. Cepat marah


4. Mengenal Bagian-Bagian Tubuh

KI & KD

  • Elemen: Pendidikan Kesehatan dan Pengetahuan Diri

  • Capaian Pembelajaran: Mengenal dan menyebutkan bagian-bagian tubuh utama serta fungsinya secara sederhana.

Materi Rinci

  • Mengenal kepala, tangan, kaki, mata, hidung, mulut, telinga, perut, dan punggung

  • Mengetahui fungsi sederhana bagian tubuh, misalnya tangan untuk memegang, kaki untuk berjalan

  • Pentingnya menjaga kebersihan setiap bagian tubuh

  • Mengenal bagian tubuh depan dan belakang

Manfaat

  • Mengetahui fungsi tubuh agar bisa merawatnya dengan baik

  • Menumbuhkan kesadaran menjaga kebersihan dan kesehatan diri

Soal Pilihan Ganda

  1. Bagian tubuh yang kita gunakan untuk melihat adalah...
    A. Tangan
    B. Mata 
    C. Kaki
    D. Telinga

  2. Bagian tubuh yang dipakai untuk berjalan adalah...
    A. Tangan
    B. Kaki 
    C. Kepala
    D. Mulut

  3. Kita memakai tangan untuk...
    A. Makan dan memegang benda 
    B. Melihat
    C. Berlari
    D. Tidur

  4. Bagian tubuh yang digunakan untuk mendengar adalah...
    A. Mata
    B. Hidung
    C. Telinga 
    D. Mulut

  5. Kita memakai hidung untuk...
    A. Mencium bau 
    B. Melihat
    C. Memegang
    D. Berjalan

  6. Bagian tubuh yang digunakan untuk berbicara adalah...
    A. Mata
    B. Mulut 
    C. Kaki
    D. Telinga

  7. Menjaga kebersihan tangan sangat penting supaya...
    A. Tidak sakit 
    B. Kotor
    C. Bau
    D. Lelah

  8. Bagian tubuh yang paling atas adalah...
    A. Kaki
    B. Kepala 
    C. Tangan
    D. Perut

  9. Bagian tubuh yang harus kita jaga kebersihannya adalah...
    A. Semua bagian tubuh 
    B. Hanya kaki
    C. Hanya tangan
    D. Hanya kepala

  10. Bagian tubuh yang ada di depan adalah...
    A. Punggung
    B. Perut 
    C. Kepala belakang
    D. Tangan belakang



0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda