Minggu, 03 Agustus 2025

materi ajar kelas 4,5, dan 6

  Hari / tanggal : Senin 4 Agustus 2025

Kelas :   4a

Materi : Aktivitas Variasi dan kombinasi Pola Gerak Dasar Lokomotor






๐Ÿ’ก Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti berjalan, berlari, melompat, dan meloncat dalam aktivitas permainan sederhana serta mampu menunjukkan sikap disiplin, percaya diri, dan kerja sama selama pembelajaran.

๐ŸŽฏ Tujuan Pembelajaran (TP)

  1. Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor.

  2. Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan antara gerakan berjalan, berlari, melompat, dan meloncat.

  3. Peserta didik menunjukkan sikap percaya diri dan kerja sama dalam diskusi kelompok.


๐Ÿ“˜ Materi Inti 

  • Variasi berjalan (maju, mundur, zig-zag)

  • Kombinasi berjalan dan berlari dalam permainan

  • Melompat dari satu tempat ke tempat lain

  • Meloncat sambil menjaga keseimbangan

  • Kombinasi gerak lokomotor untuk menghindari rintangan

  • Penerapan variasi dan kombinasi gerak dalam permainan sederhana seperti estafet, tangkap bendera, dan lompat tali kelompok


๐ŸŽฏ Sikap yang dikembangkan

  • Disiplin saat mengikuti petunjuk guru

  • Percaya diri dalam menjelaskan dan mempraktikkan gerakan

  • Kerja sama saat berdiskusi atau menyusun contoh gerak


๐ŸŽ’ Sarana dan Media Pembelajaran

  • Video contoh gerakan

  • Gambar ilustrasi gerak lokomotor

  • Lantai atau lapangan terbuka

  • Rintangan buatan (cone, tali, bangku)

  • Kertas dan alat tulis untuk evaluasi


โœ๏ธ Evaluasi Pembelajaran

A. Pilihan Ganda (Pilih salah satu jawaban yang benar)

  1. Gerakan berpindah tempat disebut gerakan ...
    a. Nonlokomotor
    b. Lokomotor
    c. Manipulatif
    d. Statis

  2. Gerakan berjalan termasuk gerakan ...
    a. Diam
    b. Nonlokomotor
    c. Lokomotor
    d. Diam di tempat

  3. Contoh gerakan meloncat adalah ...
    a. Melompat satu kaki
    b. Meloncat dua kaki bersama
    c. Jongkok
    d. Mengayun tangan

  4. Berlari dan melompat disebut kombinasi gerak dasar ...
    a. Manipulatif
    b. Statis
    c. Lokomotor
    d. Nonlokomotor

  5. Gerakan berjalan sambil membawa bendera adalah kombinasi gerak ...
    a. Lokomotor dan manipulatif
    b. Lokomotor dan nonlokomotor
    c. Statis
    d. Diam

  6. Gerakan dasar meloncat dilakukan dengan ...
    a. Satu kaki
    b. Dua kaki secara bersamaan
    c. Duduk
    d. Menendang bola

  7. Kombinasi berjalan dan berlari dapat dilakukan dalam permainan ...
    a. Bola basket
    b. Estafet
    c. Menari
    d. Duduk melingkar

  8. Gerakan melompat sering dilakukan saat ...
    a. Duduk
    b. Bermain lompat tali
    c. Tidur
    d. Membaca

  9. Gerakan meloncat bertujuan melatih ...
    a. Keseimbangan dan kekuatan kaki
    b. Kemampuan bicara
    c. Menggambar
    d. Membaca cepat

  10. Gerakan dasar lokomotor dilakukan untuk melatih ...
    a. Keseimbangan dan koordinasi tubuh
    b. Menggambar bentuk
    c. Menulis cepat
    d. Bernyanyi


B. Soal Isian Singkat

  1. Gerakan berpindah tempat disebut gerakan ....

  2. Berjalan, berlari, dan melompat termasuk gerakan ....

  3. Kombinasi berjalan dan melompat dilakukan saat permainan ....

  4. Gerakan meloncat dilakukan dengan menggunakan ... kaki secara bersamaan.

  5. Contoh permainan yang memadukan lari dan melompat adalah permainan ....


C. Soal Uraian

  1. Jelaskan perbedaan antara gerakan melompat dan meloncat!

  2. Sebutkan 3 contoh variasi gerak berjalan!

  3. Mengapa penting untuk menguasai kombinasi gerak lokomotor dalam permainan?

  4. Jelaskan manfaat dari latihan gerak dasar lokomotor bagi tubuh!

  5. Buatlah satu contoh aktivitas permainan yang melibatkan gerak berlari dan melompat!


โœ… Kunci Jawaban

Pilihan Ganda

  1. b

  2. c

  3. b

  4. c

  5. a

  6. b

  7. b

  8. b

  9. a

  10. a

Isian Singkat

  1. Lokomotor

  2. Lokomotor

  3. Tangkap bendera / estafet / lompat tali

  4. Dua

  5. Estafet / tangkap bendera / lompat tali

Uraian

  1. Melompat: menggunakan satu kaki untuk mendorong tubuh ke depan atau atas dan mendarat dengan kaki yang sama.
    Meloncat: menggunakan dua kaki bersamaan untuk loncat dan mendarat bersamaan.

  2. Berjalan maju, berjalan mundur, berjalan zig-zag.

  3. Agar dapat bermain dengan lancar, menghindari cedera, dan meningkatkan kemampuan motorik.

  4. Meningkatkan kekuatan otot, koordinasi tubuh, keseimbangan, dan kelincahan.

  5. Permainan estafet dengan rintangan: siswa berlari menuju rintangan, lalu melompat melewati dan kembali ke garis awal.

Kesimpulan Pembelajaran Pertemuan Kedua โ€“ Kelas 4A
Tanggal: 28 Juli 2025

Pada pertemuan kedua yang berfokus pada pemahaman teori mengenai Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Lokomotor, siswa kelas 4A telah mempelajari konsep dasar gerak lokomotor seperti berjalan, berlari, melompat, dan meloncat, serta bagaimana variasi dan kombinasi gerak tersebut dapat dilakukan dalam aktivitas olahraga.

Melalui diskusi kelas, tanya jawab, dan penjelasan materi, sebesar 82% siswa telah memahami materi dengan baik, ditandai dengan kemampuan mereka dalam menjawab pertanyaan lisan maupun tertulis, serta mampu memberikan contoh kombinasi gerakan secara tepat. Sementara itu, 18% siswa masih belum sepenuhnya memahami materi, terutama dalam mengaitkan antara variasi dan kombinasi gerak, sehingga perlu penguatan dan penjelasan ulang secara bertahap.

Kesimpulan Pembelajaran Pertemuan Ketiga โ€“ Kelas 4A
Hari Senin, 4 Agustus 2025

Pada pertemuan ketiga hari ini, Senin, 4 Agustus 2025, siswa kelas 4A melanjutkan pembelajaran tentang Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Lokomotor seperti berjalan, berlari, melompat, dan meloncat, dengan fokus pada penerapan kombinasi gerakan dalam aktivitas fisik. Melalui diskusi, penjelasan materi, dan praktik sederhana di lapangan, sebanyak 86% siswa telah memahami materi dengan baik, ditandai dengan kemampuan mereka memperagakan gerakan dengan tepat serta menjelaskan hubungan antar pola gerak. Sementara itu, 14% siswa masih memerlukan pendampingan lebih lanjut, terutama dalam hal koordinasi saat menggabungkan dua atau lebih jenis gerak, sehingga dibutuhkan latihan tambahan secara bertahap.



Hari / tanggal : Senin 4 Agustus 2025

Kelas :   5a

Materi : Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif melalui Aktivitas Permainan Invasif




Capaian Pembelajaran (CP):

Peserta didik mampu memahami dan mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif secara bervariasi dan kombinatif melalui aktivitas permainan invasif serta menunjukkan sikap sportivitas dan tanggung jawab selama beraktivitas.

Tujuan Pembelajaran (TP):

Peserta didik dapat:

  • Menjelaskan variasi dan kombinasi gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan invasif.

  • Mengidentifikasi jenis gerakan yang digunakan dalam permainan invasif.

  • Menunjukkan sikap kerja sama, tanggung jawab, dan sportivitas dalam diskusi kelompok.


Materi Teori: Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif melalui Permainan Invasif

  1. Pola Gerak Lokomotor

    • Gerakan berpindah tempat seperti: berlari menuju bola, berlari mengejar lawan, meloncat menghindar, berlari membawa bola (dribble), melompat untuk menangkap bola.

  2. Pola Gerak Nonlokomotor

    • Gerakan yang dilakukan di tempat seperti: menekuk badan saat bertahan, menekuk lutut untuk melempar bola, memutar badan saat menghindari lawan, atau menyeimbangkan tubuh sebelum melempar.

  3. Pola Gerak Manipulatif

    • Gerakan mengontrol objek/benda seperti: melempar, menangkap, menendang, memukul bola menggunakan tangan atau alat (jika ada), dan menggiring bola (dribbling).

  4. Permainan Invasif

    • Jenis permainan yang melibatkan dua regu yang saling menyerang dan bertahan, misalnya:

      • Sepak bola mini

      • Bola tangan

      • Bola basket mini

      • Bola jaring

    • Tujuan utamanya adalah memasukkan bola ke gawang atau area lawan.

  5. Nilai-nilai Positif dalam Permainan

    • Kerja sama tim

    • Tanggung jawab terhadap peran masing-masing

    • Disiplin mengikuti aturan

    • Sportivitas dalam menerima hasil pertandingan


Sarana dan Alat yang Digunakan:

  • Bola besar (bola sepak, bola basket, bola tangan, bola plastik)

  • Kerucut penanda area

  • Peluit

  • Rompi pembeda regu

  • Lapangan terbuka / halaman sekolah

  • Gawang mini atau garis batas sebagai tujuan bola


Soal Evaluasi

A. Pilihan Ganda (10 Soal)

Pilihlah jawaban yang paling benar!

  1. Gerakan berlari membawa bola disebut juga dengan...
    a. Menendang
    b. Menangkap
    c. Dribble
    d. Menyundul

  2. Berikut ini adalah permainan invasif, kecuali...
    a. Sepak bola mini
    b. Bola basket
    c. Bola tangan
    d. Lompat jauh

  3. Gerakan berdiri diam sambil menekuk lutut disebut gerakan...
    a. Lokomotor
    b. Nonlokomotor
    c. Manipulatif
    d. Dribble

  4. Gerakan melempar bola ke teman satu tim termasuk...
    a. Lokomotor
    b. Nonlokomotor
    c. Manipulatif
    d. Kombinatif

  5. Saat menjaga gawang, pemain menggunakan gerak...
    a. Lari jauh
    b. Menendang bola
    c. Menangkap bola
    d. Menyundul bola

  6. Contoh gerak manipulatif dalam permainan bola adalah...
    a. Melompat
    b. Membungkuk
    c. Menendang
    d. Menekuk lutut

  7. Saat pemain menyerang, ia harus mampu melakukan gerakan...
    a. Berdiri diam
    b. Melompat di tempat
    c. Lari membawa bola
    d. Berjalan mundur

  8. Menjaga jarak dengan lawan agar tidak kehilangan bola adalah bentuk...
    a. Kerja tim
    b. Strategi permainan
    c. Tidak sportif
    d. Melawan aturan

  9. Nilai yang perlu ditunjukkan dalam permainan tim adalah...
    a. Marah saat kalah
    b. Egois dalam bermain
    c. Kerja sama
    d. Tidak peduli

  10. Melakukan kombinasi antara berlari dan melempar bola disebut gerakan...
    a. Satu jenis
    b. Kombinatif
    c. Tunggal
    d. Bertahan


B. Soal Uraian (5 Soal)

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

  1. Sebutkan 2 contoh permainan invasif yang sering kamu mainkan!

  2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan gerakan manipulatif dalam permainan bola!

  3. Mengapa kerja sama penting dalam permainan invasif?

  4. Sebutkan contoh gerakan kombinatif yang kamu lakukan dalam permainan bola tangan!

  5. Bagaimana sikap kamu jika timmu kalah dalam permainan?


C. Soal Isian (5 Soal)

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

  1. Gerakan berpindah tempat disebut gerakan ...

  2. Melempar dan menangkap bola adalah contoh gerakan ...

  3. Permainan yang melibatkan dua regu yang saling menyerang disebut permainan ...

  4. Saat bermain, kita harus menunjukkan sikap ... terhadap teman dan lawan

  5. Menekuk lutut sambil berdiri di tempat termasuk gerakan ...


Kunci Jawaban

Pilihan Ganda:

  1. c

  2. d

  3. b

  4. c

  5. c

  6. c

  7. c

  8. b

  9. c

  10. b

Uraian:

  1. Contoh: sepak bola mini, bola tangan.

  2. Gerakan yang menggunakan alat atau benda, seperti bola, misalnya melempar dan menangkap.

  3. Karena dalam permainan invasif kita tidak bisa bermain sendiri, harus ada kerja sama untuk memenangkan permainan.

  4. Lari sambil melempar bola ke teman.

  5. Tetap menerima dengan lapang dada, tidak marah, tetap semangat berlatih.

Isian:

  1. Lokomotor

  2. Manipulatif

  3. Invasif

  4. Sportif

  5. Nonlokomotor


Kesimpulan Pembelajaran Teori โ€“ Kelas 5
Materi: Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif melalui Aktivitas Permainan Invasif
Tanggal: 28 Juli 2025

Pada pembelajaran teori dalam kelas, siswa kelas 5 telah mempelajari pengertian dan contoh pola gerak dasar lokomotor (seperti berlari dan melompat), nonlokomotor (seperti menekuk dan memutar), serta manipulatif (seperti melempar dan menangkap), yang digunakan dalam permainan invasif seperti sepak bola, bola tangan, dan bola basket.

Sebagian besar siswa menunjukkan pemahaman yang baik terhadap konsep-konsep gerak dasar dan bagaimana penerapannya dalam permainan invasif. Mereka dapat menyebutkan contoh gerakan dengan tepat serta memahami perbedaan antara ketiga jenis pola gerak dasar tersebut.

Berdasarkan hasil tanya jawab, diskusi, dan evaluasi tertulis, sebesar 79% siswa telah memahami materi dengan baik, ditandai dengan kemampuan menjelaskan konsep serta memberi contoh gerakan yang sesuai. Sementara itu, 21% siswa masih belum memahami sepenuhnya, khususnya dalam membedakan jenis-jenis gerak dan menghubungkannya dengan situasi dalam permainan, sehingga membutuhkan penguatan pada pertemuan selanjutnya.



Kesimpulan Pembelajaran Teori โ€“ Kelas 5
Materi: Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif melalui Aktivitas Permainan Invasif
Tanggal: Senin, 4 Agustus 2025

Pada pembelajaran teori hari ini, siswa kelas 5 kembali mendalami pola gerak dasar lokomotor (seperti berlari dan melompat), nonlokomotor (seperti membungkuk dan memutar), serta manipulatif (seperti melempar dan menangkap) dalam konteks permainan invasif seperti sepak bola, bola tangan, dan bola basket. Melalui penjelasan materi, diskusi kelas, serta latihan soal, siswa dituntun untuk memahami bagaimana ketiga jenis gerakan tersebut saling berhubungan dalam permainan. Hasil pembelajaran menunjukkan bahwa sekitar 83% siswa telah memahami materi dengan baik, dibuktikan dari kemampuan mereka menjelaskan konsep gerak, membedakan jenis gerak, dan memberikan contoh penerapan yang sesuai. Adapun 17% siswa lainnya masih memerlukan pendalaman, khususnya dalam mengaitkan jenis gerak dengan situasi nyata dalam permainan, sehingga akan diberikan penguatan pada sesi berikutnya.


Hari / tanggal : Senin 4 Agustus 2025

Kelas :   6a

Materi : Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Lokomotor






โœ… Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik mampu memahami dan mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang sesuai dengan prinsip gerak, dilakukan secara individu dan kelompok dalam berbagai aktivitas olahraga, serta menunjukkan sikap sportif, kerja sama, dan tanggung jawab.

โœ… Tujuan Pembelajaran (TP)

  • Peserta didik dapat mengidentifikasi variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam aktivitas olahraga sederhana.

  • Peserta didik dapat menjelaskan penerapan variasi gerak berlari, melompat, dan berjalan dalam permainan kecil.

  • Peserta didik menunjukkan sikap kerja sama, percaya diri, dan disiplin dalam diskusi kelompok.


๐Ÿ“˜ Materi Inti 

Aktivitas variasi dan kombinasi gerak lokomotor mencakup:

  • Kombinasi berlari dan melompat dalam permainan lari rintangan mini.

  • Variasi berjalan cepat dan berlari saat estafet ringan.

  • Kombinasi melompat dan menghindar dalam permainan gobak sodor.

  • Melatih kecepatan dan kelincahan dengan mengubah arah gerak saat berlari.

  • Bermain secara berkelompok untuk meningkatkan koordinasi antar gerak.


๐Ÿงบ Sarana dan Prasarana

  • Lapangan terbuka atau halaman sekolah

  • Bendera kecil sebagai tanda start dan finish

  • Cone / kerucut plastik sebagai rintangan

  • Peluit

  • Stopwatch

  • Bola kecil (jika dibutuhkan untuk variasi aktivitas)

  • Papan tulis dan spidol untuk penjelasan teori


๐Ÿ“ Soal Evaluasi

A. Pilihan Ganda (10 soal)

  1. Variasi gerak dasar lokomotor yang dilakukan saat melewati rintangan disebut...
    a. Jalan cepat
    b. Melompat
    c. Berjalan
    d. Menendang

  2. Gerak dasar berjalan cepat tanpa berhenti disebut...
    a. Jalan santai
    b. Melompat
    c. Lari
    d. Lempar

  3. Dalam permainan estafet, gerak lokomotor yang digunakan adalah...
    a. Menendang
    b. Berlari
    c. Mendorong
    d. Mengangkat

  4. Gerakan berpindah tempat dengan kedua kaki disebut...
    a. Duduk
    b. Melompat
    c. Menahan
    d. Melempar

  5. Kombinasi gerak berjalan dan melompat dapat dilatih melalui permainan...
    a. Catur
    b. Gobak sodor
    c. Kasti
    d. Sepak bola

  6. Gerakan melompat ke depan dilakukan dengan menggerakkan...
    a. Kepala
    b. Lengan
    c. Kaki
    d. Badan

  7. Gerak dasar lokomotor digunakan dalam aktivitas...
    a. Duduk
    b. Berdiri
    c. Berpindah tempat
    d. Menulis

  8. Salah satu manfaat melakukan kombinasi gerak dasar adalah...
    a. Membuat tubuh cepat lelah
    b. Menambah berat badan
    c. Melatih keseimbangan dan koordinasi
    d. Mengurangi kemampuan fisik

  9. Gerakan berlari sambil menghindar berguna untuk melatih...
    a. Konsentrasi
    b. Kelincahan
    c. Kekuatan
    d. Keseimbangan

  10. Gerakan dasar yang biasa dilakukan dalam permainan kucing-kucingan adalah...
    a. Melompat dan melempar
    b. Berjalan dan memukul
    c. Berlari dan menghindar
    d. Menendang dan menangkap


B. Soal Uraian (5 soal)

  1. Sebutkan 3 contoh kombinasi gerak dasar lokomotor yang sering kamu lakukan di sekolah!

  2. Jelaskan manfaat melakukan variasi gerak dasar berjalan dan berlari!

  3. Mengapa penting melatih variasi gerak dalam permainan kelompok?

  4. Bagaimana cara kamu menjaga keselamatan saat melakukan aktivitas lokomotor?

  5. Jelaskan contoh permainan sederhana yang mengandung kombinasi gerak berlari dan melompat!


C. Soal Isian Singkat (5 soal)

  1. Gerakan berpindah tempat yang dilakukan dengan melangkah cepat disebut _______.

  2. Berlari sambil menghindar lawan dalam permainan termasuk variasi gerak _______.

  3. Dalam bermain gobak sodor, kita melatih gerakan _______ dan _______.

  4. Bermain estafet melibatkan gerakan dasar _______.

  5. Melompat adalah gerakan dasar yang menggunakan kedua _______.


โœ… Kunci Jawaban

Pilihan Ganda

  1. b

  2. c

  3. b

  4. b

  5. b

  6. c

  7. c

  8. c

  9. b

  10. c

Uraian

  1. (Contoh jawaban) Berlari dan melompat, berjalan dan berlari, melompat dan menghindar.

  2. Melatih kekuatan kaki dan kecepatan berpindah tempat.

  3. Agar tubuh lebih lincah, bisa bekerja sama, dan tidak mudah cedera.

  4. Dengan melakukan pemanasan dan memperhatikan instruksi guru.

  5. Permainan estafet dengan rintangan atau lari zig-zag sambil melompat.

Isian

  1. Berlari

  2. Lokomotor

  3. Berlari dan menghindar

  4. Berlari

  5. Kaki



Kesimpulan Pembelajaran Teori โ€“ Kelas 6
Materi: Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Lokomotor
Tanggal: 28 Juli 2025

Pada pembelajaran teori di dalam kelas mengenai Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Lokomotor, siswa kelas 6 telah mempelajari berbagai bentuk variasi dan kombinasi gerakan lokomotor seperti berjalan, berlari, melompat, meloncat, dan merangkak. Siswa juga didorong untuk memahami bagaimana gerakan-gerakan tersebut dapat digabungkan secara berurutan dan diterapkan dalam aktivitas olahraga atau permainan.

Dari hasil diskusi, tanya jawab, dan tugas tertulis, terlihat bahwa sebesar 85% siswa telah memahami materi dengan baik, mampu menjelaskan perbedaan variasi dan kombinasi gerakan, serta memberi contoh penerapannya dalam kegiatan fisik. Namun, 15% siswa masih mengalami kesulitan dalam membedakan jenis variasi dan kombinasi gerak, terutama dalam hal mengurutkan gerakan secara logis, sehingga masih memerlukan penjelasan dan pendampingan lebih lanjut.

Kesimpulan Pembelajaran Teori โ€“ Kelas 6
Materi: Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Lokomotor
Tanggal: Senin, 4 Agustus 2025

Dalam pembelajaran teori hari ini, siswa kelas 6 kembali mempelajari variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti berjalan, berlari, melompat, meloncat, dan merangkak. Pembelajaran difokuskan pada bagaimana gerakan-gerakan tersebut dapat dikombinasikan secara terstruktur dan diterapkan dalam berbagai aktivitas olahraga dan permainan. Melalui penjelasan guru, diskusi kelompok, serta latihan soal, sebanyak 88% siswa menunjukkan pemahaman yang baik, mampu membedakan antara variasi dan kombinasi, serta dapat menyusun urutan gerak dengan benar. Sementara itu, 12% siswa masih memerlukan penguatan, terutama dalam menghubungkan variasi gerak dengan urutan kombinasi yang logis, sehingga pendampingan tambahan akan diberikan pada pertemuan berikutnya.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda